riau24 Pilar Pembangunan Di Kabupaten Rokan Hilir, Menciptakan Kemakmuran Bagi Masyarakat
Rabu, 13 Desember 2017

Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir

Pilar Pembangunan Di Kabupaten Rokan Hilir, Menciptakan Kemakmuran Bagi Masyarakat

0
Pilar Pembangunan Di Kabupaten Rokan Hilir, Menciptakan Kemakmuran Bagi Masyarakat
Pilar Pembangunan Di Kabupaten Rokan Hilir, Menciptakan Kemakmuran Bagi Masyarakat

Rohil, Riau24.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menilai Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohill) dalam beberapa dasawarsa terus menggesa pembangunan dalam berbagai bidang. Langkah itu sebagai wujud dan rasa hormat kepada pendahulu dan demi kejayaan Negeri Seribu Kubah dimasa-masa depan.

Visi Kabupaten Rokan Hilir, yang menginginkan untuk terwujudnya Kabupaten Rokan Hilir yang maju, sejahtera dan berdaya saing tinggi di tahun 2016, visi tersebut diwujudkan dengan lima pilar dan misi pembangunan Kabupaten Rokan Hilir.

Kabupaten Rokan Hilir diharapkan dapat berkembang dan menjadi kebanggaan masyarakat Riau, baik dari sisi ekonomis, industri dan perdagangan, sosial budaya, pendidikan, transportasi, pariwisata, dan bidang-bidang lain.

Faktor-faktor penentu bagi Kabupaten Rokan Hilir dalam mewujudkan cita-cita, dalam mensejahterakan masyarakat, yaitu menciptakan kepatuhan dan kerukunan sosial, mewujudkan supremasi hukum dan good government, mempercepat proses pemulihan ekonomi daerah, pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran serta peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur didaerah.

Program pembangunan ekonomi makro dan mikro terus dilakukan secara berkesinambungan termasuk upaya-upaya pemberantasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Begitu pula kegiatan nyata lainnya, melalui kegiatan investasi atau penanaman modal oleh para investor, dengan berbagai kebijakan, diantaranya proses deremilasi debirokrasi serta pembangunan infrastruktur guna mendukung investasi di daerah ini.

Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus merevitalisasi perbaikan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan menjadi skala prioritas utama dalam pembangunan.

Komitmen Bupati H. Suyatno untuk mewujudkan kabupaten yang handal dengan menekan angka kemiskinan ditunjukkan dalam rencana tiga pilar pondasi pembangunan.

Saat ini Pemkab Rohil dalam perbaikan infrastruktur seluruh jalan hingga ke pelosok daerah pesisir yang dimulai dari jalan kota dan lingkungan, saluran air (drainase), pelebaran ruas jalan menjadi dua jalur di tiap kecamatan yang saat ini hampir selesai dan jalan lintas wilayah pesisir untuk menghubungkan, Bagansiapiapi, Kubu, Panipahan hingga Sinaboi.

"Selain perbaikan infrastruktur, Pemkab Rohil masih mengantongi sejumlah program utama lainnya, seperti peningkatan pelayanan kesehatan gratis, peningkatan mutu pendidikan melalui pembangunan dan rehab sekolah serta sarana prasanannya."Target kita, bila ketiga pilar pondasi ini dapat terwujud 2 tahun mendatang, maka kabupaten Rohil diharapkan menjadi pusat perekonomian di Riau,"papar Bupati H Suyatno.

Mengenai pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga terus menggelontorkan dana dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Boleh di kroscek sendiri, kini masyarakat yang mengharapkan pelayanan kesehatan lebih dipermudah lagi. Cukup membawa kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) baik di RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi maupun puskesmas rawat inap di tiap kecamatan dapat dilayani dengan baik," urai Bupati.

Sementara itu, mengenai sarana dan prasana pendidikan serta peningkatan mutu pendidikan itu sendiri. Masyarakat di seluruh wilayah Pemkab Rohil dapat mengenyam dunia pendidikan dengan latar belakang berbagai jenjang. Sebab, mulai dari gedung PAUD hingga perguruan tinggi swasat dan negeri telah menjamur di Rohil. Bahkan, berdiirinya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus Rohil di Ujung Tanjung menjadi bukti komitmen Bupati H Annas Maamun akan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan.

Tak berhenti sampai disitu, Pemkab Rihil juga tengah fokus pengerjaan berbagai sarana dan prasarana lainnya serta pembangunan sejumlah kantor pusat pemerintahan seperti pembangunan kantor bupati dan gedung DPRD yang diklaim bakal menjadi kantor termegah di Riau hingga Indonesia. Pengerjaan kantor bupati yang kini sedang berlangsung berlantai delapan, begitu juga kantor DPRD tahun ini juga mulai dilaksanakan. "Pembangunan gedung SPN, kantor bupati, gedung DPRD, jembatan pedamaran I dan II juga menjadi skala prioritas kita. Kita harapkan seluruhnya tahun ini akan rampung," sebutnya.


Mampu Bersaing dengan Kabupaten/Kota Lainnya

Kendati baru berusia 16 tahun, namun Kabupaten Rokan Hilir sudah mampu bangkit dari ketertinggalan. Kini telah pula sejajar dengan sejumlah kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Riau. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari saling bersinerjinya pemerintah, DPRD dan masyarakat dalam membangun negeri  berjuluk "Seribu Kubah" ini.

Semua program pembangunan yang dilaksanakan dari bupati pertama, kedua dan ketiga, kini telah menampakkan hasil yang cukup memuaskan. Dimasa kepemimpinan kedua Bupati Rohil H. Suyatno,  dan Wakilnya Erianda, SE tentulah amat berat mengemban tugas dalam keseharian.

"Akan tetapi dengan kerjasama baik yang dijalankan bersama DPRD dan masyarakat, tidak terlepas pihak keamanan dalam hal menciptakan kondisi yang kondusif, sampai saat ini kabupaten Rohil selain pesat akan pembangunan kondisi masyarakatnya hidup rukun damai serta tidak pernah terjadinya gesekan," sambungnya.

Namun keberadaan lapangan kerja masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat hampir di seluruh daerah di Rohil. "Salah satunya seperti kecamatan Bangko, Pasir Limau Kapas, Sinaboi, Batu Hampar. Oleh karena kecamatan yang disebutkan tadi masih memiliki angka kemiskinan. Semua unsur masyarakat di Rohil tentunya tidak terlepas harus terus mendukung program yang jadi prioritas Pemkab terhadap pembangunan sarana prasarana infrastruktur, pendidikan dan kesehatan di Rohil," jelasnya.

Hal ini dilakukan agar upaya untuk mencermati dan menjawab segala bentuk permasalahan di daerah-daerah terisolir dapat teratasi. "Sehingga dengan adanya pembangunan seperti ini, menjadikan kabupaten Rohil bisa berkembang seperti daerah-daerah lain. Program prioritas tersebutkan juga didukung oleh APBD Rohil tahun 2016. Oleh karena itu, saya hanya mengingatkan, program prioritas ini harus juga dikerjakan secara profesional," saran Ketua DPRD.

Sarana infrastruktur seperti transportasi misalnya, ternyata memang merupakan salah satu sektor penting dan strategis dalam konteks perbaikan dan peningkatan perekonomian yang ada didaerah-daerah. Pelaksanaan infrastruktur seperti sarana dan prasarana transportasi di Rohil ternyata memang belum sepenuhnya menjangkau diberbagai daerah. Terlebih di wilayah yang notabenenya di Pesisir Pantai yang menyebabkan kondisi daerahnya menjadi terisolir.

Bahkan Gubernur Riau, Andi Rachman juga mengatakan bahwa indikator-indikator keberhasilan pembangunan Kabupaten Rokan Hilir dapat dicapai karena adanya akumulasi kerjasama dan kerja keras, semua mitra kerja atau stake holder, baik itu pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, dunia usaha dan masyarakat.

Oleh karena itu, sinergisitas pembangunan melalui berbagai program dan kegiatan, akan mampu menciptakan akselerasi pembangunan yang diharapkan bersama.

 

 R24/adi


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_sde4m_3406.jpg
Inhil, Riau24.com - Puluhan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) dan Dewan Pimpinan Ranting Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pulau Burung berikrar untuk senantiasa berupaya mencapai tujuan dan mematuhi peraturan organisasi yang berlaku.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru