riau24 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan
Selasa, 12 Desember 2017

Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan

0
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan

Rohil, Riau24.com – Untuk tahun anggaran 2016 dan program-program di tahun yang akan datang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir masih menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Karena pembangunan tersebut dianggap  masih menjadi prioritas untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Rokan Hilir.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir dibawah kepemimpinan Bupati H Suyatno tetap memfokuskan Visi Misinya yaitu menuju Kemandirian Rohil 2016 dengan memfokuskan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Peningkatan ekonomi ini dilakukan dengan mengambil kebijakan memfasilitasi permodalan, pengembangan dan pembinaan UMKM, peningkatan ketrampilan dan manajemen usaha, menyiapkan infrastruktur pendukung serta menciptakan kondisi yang kondusif bagi masuknya investasi di daerah Rokan Hilir. 

Agar ekonomi masyarakat meningkat maka Bupati Rohil, H. Suyatno menargaetkan pada tahun 2016 dan tahun mendatang adalah memperbaiki akses jalan sehingga baik jalan didalam kota maupun diluar kota mulus semuanya. H Suyatno menjanjikan pembangunan infrastruktur jalan semuanya di rigit di daerah Kecamatan segera diselesaikan, sehingga akses untuk masyarakat akan lebih mudah. 

Bupati Rohil, H. Suyatno juga menargetkan, pada tahun ini dan mendatang semua jalan di dalam kota sudah mulus, bahkan dia juga menjanjikan pembangunan fisik hingga jalan semua di rigit di daerah Kecamatan segera diselesaikan, sehingga akses untuk masyarakat akan lebih mudah. Selain itu, jalan yang di kerjakan saat ini juga dipastikan bisa mulus, karena sebagian sudah diaspal pada tahun ini.

Dan penyusunan perencanaan pembangunan Kabupaten Rohil, Katanya, telah melalui rangkaian panjang dari berbagai forum musyawarah perencanaan yakni Musrenbang tingkat desa, musrenbang tingkat kecamatan, penyerapan aspirasi melalui rakor camat/lurah/kepala desa se Kabupaten Rohil, silaturahmi dan dialog dengan tokoh masyarakat serta seluruh elemen lapisan masyarakat.

"Sesuai dengan visi pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Rohil 2011-2016 yakni pembaharuan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rohil, khusus tahun 2016 ini arah pembangunan difokuskan pada upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menuju Kemandirian Rohil. Peningkatan ekonomi ini dilakukan dengan mengambil kebijakan memfasilitasi permodalan, pengembangan dan pembinaan UMKM, peningkatan ketrampilan dan manajemen usaha, menyiapkan infrastruktur pendukung serta menciptakan kondisi yang kondusif bagi masuknya investasi di daerah ini," beber Bupati kala itu.

Meski begitu, Pemkab Rohil tetap komitmen menjalankan program-program wajib serta program strategis. Diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan, Industri dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan, Program Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pengembangan Obyek Wisata parit Bepak, Pulau Tilan dan pulau jemur.

Pembangunan infrastruktur gedung, perkantoran, jalan, drainase dan hal yang berkaitan dengannya adalah tugas dari Dinas Cipta Karya dan Dinas Bina Marga untuk membenahi hal ini. Dan di tahun 2016 ini juga, Dinas Cipta Karya dan Dinas bina Marga masih memprioritaskan pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan guna menarik minat para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi dan menumbuhkan perekonomian di daerah ini.

"Dengan kondisi infrastruktur jalan yang memadai, maka dipastikan investor pasti ingin membuka usaha di kabupaten yang semakin lama setiap tahunnya berkembang pesat, mulai kedepan semua pembangunan di kawasan Rohil akan kita rigit. karna dibandingkan dengan hotmix, rigit ini kekuatanya hingga 20 tahun lamanya,"terang Bupati.

Sampai saat ini, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Rohil terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini bertujuan, selain untuk memperlancar arus barang dan jasa, juga untuk membuka keterisolasian daerah tersebut. Dengan kata lain, pembangunan prasarana jalan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pembangunan infrastruktur yang terus berkelanjutan dan berkesinambungan maka visi dan misi sangat diperlukan sebagai penopang atau arah yang jelas. Karena itu, dengan "Terwujudnya Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Yang Mantap serta Pengelolaan Sumber Daya Air Yang Harmonis Dalam Rangka Mendukung Kemandirian Pemerintah dan Masyarkat Kabupaten Pelalawan," Pemkab Rohil.

Berkeinginan agar proses pembangunan infrastruktur di daerah ini bisa sesuai dengan harapan masyarakat secara keseluruhan, karena iu perlu disusun bidang-bidang yang lebih fokus dan terarah agar visi dan misi itu dapat tercapai.

 

Gesa Pembangunan Jalan Lintas Pesisir

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau juga terus menggesa pembangunan jalan lintas pesisir sebagai upaya untuk meningkatkan akses dan kemudahan lalu lintas bagi masyarakat.

                    
                             Ket. Foto : Bupati saat tinjau  meninjau kerusakan jalan di Bagansiapiapi


Wakil Ketua DPRD Rohil Abdul Kosim menegaskan, dirinya selaku dewan dari kawasan pesisir akan menitikberatkan perhatian untuk perbaikan infrastruktur diwilayahnya, karena daerah tersebut masih identik sebagai kantong kemiskinan di Kabupaten Rokan Hilir.

Menurutnya, mayoritas masyarakat didaerah pesisir bergerak disektor perkebunan, pertanian dan kelautan, namun tingkat kesejahteraan masyarakat tidak kunjung membaik.

Salah satu faktor terhambatnya adalah karena infrastruktur publik yang masih buruk, baik dalam hal infrastruktur jalan, penerangan, listrik, air bersih, pendidikan dan kesehatan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan akses jalan demi kelancaran arus lalu lintas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) saat ini terus menggesa perkembangan pembangunan khususnya jalan lintas (Jalin) yang terletak di daerah pesisir. Pasalnya, salah satu jalin pesisir yang berada dipanipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) saat ini masih perlu perbaikan untuk mengurangi banyaknya masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Disebutkan, Kecamatan Palika itu mayoritas masyarakatnya masih banyak terdapat kantong-kantong kemiskinan yang bergantung hidup di sektor perkebunan. Nah, untuk itu kecamatan yang berbatasan dengan Propinsi Sumatra Utara (Sumut) itu pembangunannya perlu digesa agar akses transportasi mudah dilewati dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Terhambatnya akses transpotasi di daerah itu menurut Suyatno dikarenakan infrastruktur publik yang masih buruk. seperti infrastruktur jalan, penerangan listrik, air bersih, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. "Masalah ini harus diperhatikan secara serius, kalau tidak maka sangat diyakini perekonomian masyarakat Palika tidak akan berubah, "ujarnya.

Selain itu, jalan lintas Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam juga telah dilakukan peningkatan yang nantinya mempermudah akses lalu lintas yang ada termasuk dengan kecamatan yang berdekatan seperti Kecamatan Pasir Limau Kapas, Bagan Sinembah dan Simpang Kanan.
 

Peresmian Jembatan Pendamaran

Ket. Foto : Saat meresmikan Jembatan Pedamaran

Salah satu keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil dalam bidang infrastruktur salah satunya dengan peresmian jembatan Pedamaran I dan II. Peresmian jembatan yang saat itu dihadiri Gubernur Riau Ir Arsyad Juliandi Racman bersama Asisten I provinsi Riau H Ahmad Harofie dan rombongan ke Bagansiapiapi, dimana saat itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin Ketua DPRD Nasruddin Hasan,Dandim 0321,Kadis Bina marga Provinsi Riau Anggota DPRD Riau Ir Siswaja Muljadi Anggota DPRD serta satuan kerja perangkat daerah pemerintah Rohil

Dalam kesempatan itu Bupati Rohil H Suyatno, Ia menjelaskan bahwa Jembatan pedamaran merupakan ikon kebanggaan daerah.

Pembangunan jembatan pedamaran tersebut dimulai tahun 2012 hingga selesai ditahun 2016 dan digunakan untuk akses penghubung jalan lintas pesisir seperti Kecamatan pedamaran, Kubu dan Panipahan.

 

R24/adi 

 

 

 

 

 

 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_xnxqc_3405.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Indragiri Hilir kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi. Kali ini, HM. Wardan meraih Award dari Komisi Informasi (KI) dalam kategori Pelopor Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Desa Tahun 2017.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru