riau24 Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Rohil Sasar Pembangunan Perpustakaan
Senin, 15 Oktober 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir

Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Rohil Sasar Pembangunan Perpustakaan

1
Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Rohil Sasar Pembangunan Perpustakaan
Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Rohil Sasar Pembangunan Perpustakaan

Rohil, Riau24.com – Untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat Rokan Hilir, khususnya generasi penerus bangsa yang berada di Negeri Seribu Kubah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil melakukan berbagai program. Salah satu program yang dilakukan adalah meningkatkan minat baca masyarakat dengan membangun perpustakaan pada setiap desa di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir.‎

Hal ini sesuai dengan permintaan dari Bupati Rohil, Suyatno yang menginginkan agara setiap wilayah di Rokan Hilir memiliki gedung pustaka sendiri.

Namun meskipun Pemkab Rokan Hilir, sudah menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai untuk masyarakat, baik dari sisi sarana maupun buku bacaan, namun tingkat kunjungan masih sepi. Bahkan di bulan Ramadan, kunjungan hanya dua orang dan paling banyak hanya empat orang.

Untuk memudahkan warga, perpustakaan Rohil di Km 6 Bagansiapiapi ini buka sejak jam 08.00 dan tutup hingga jam 16.30 WIB. Tidak hanya itu, jumlah koleksi buku pada perpustakaan juga sudah mencapai 6,788 judul. Kebanyakan berisi buku dasar tentang keagamaan dan sastra. 

Menurut Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hilir, Tuti Safitri ''Tercatat, sehari cuma dua hingga empat pengunjung. Kita meminta supaya masyarakat lebih sering ke perpustakaan. Selama ramadan kita tetap buka,'' ujarnya.

Tuti berkeinginan agar pustaka dapat dibangun di setiap wilayah di Rohil, selain untuk meningkatkan minat baca juga dapat meningkatkan sumber daya manusia, , terutama bagi kalangan anak- anak dan remaja. Apalagi saat ini kebiasaan membaca sudah mulai ditinggalkan sejalan dengan era telekomunikasi yang semakin maju.

“Saya sangat menginginkan agar di setiap Kepenghuluan dan Kelurahan bahkan desa di wilayah Rokan Hilir dapat didirikan perpustakaan. Hal ini juga sesuai dengan keinginan Bupati Rohil. Karena meningkatkan minat baca masyarakat Rokan Hilir, didukung oleh Pemerintah Daerah,” ujar Tuti.

Hingga saat ini, jumlah pustaka desa yang ada di Rokan Hilir berjumlah sebanyak 30 pustaka. Mengenai infrastruktur gedung perpustakaan desa, Tuti berharap kepada pihak Kepenghuluan dan pihak Bapemas Rokan Hilir, untuk dapat bekerjasama dalam pembangunan infrastruktur gedung dengan menggunakan dana ADD.


Tingkatkan Minat Membaca

Selain pembangunan pustaka, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Rohil, Tuti Safitri mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai terobosan diantaranya mengadakan perlombaan karya tulis antar pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Dikatakannya bahwa kegiatan lomba karya tulis antar pelajar adalah untuk memotivasi siswa agar lebih kreatif dalam menyalurkan bakat karyanya dengan tulisan.

Adapun materi lomba yang akan dipertandingkan, ujar Tuti, menyangkut dengan sejarah kedaerahan, artinya siswa membuat karya tulisan tentang terbentuknya Kabupaten Rohil, sejarah terbentuknya kota bagansiapiapi, perkembangan pembangunan di Kabupaten Rohil, dan kepariwisataan daerah.

“Dalam lomba nantinya, kita ikutsertakan siswa pelajar dari SD kelas V, dan siswa SMA kelas IX. Ini program awal, mudah-mudahan jika sudah berjalan dan hasilnya memuaskan yakni adanya pertumbuhan minat baca siswa, maka program akan berkelanjutan. Saya pribadi ingin agar siswa dapat meningkatkan daya tangkap, kreativitas dan logika berfikir, wawasan dan pengetahuannya," sebutnya.

Pemerintah daerah, kata Tuti, telah berupaya dalam meningkatkan mutu kualitas SDM, salah satunya dengan menyediakan sarana kendaraan perpustakaan keliling, dengan tujuan menumbuh kembangkan minat baca pelajar dan masyarakat.

Fokus Bangun Pustaka Kecamatan

Menurut Bupati Suyatno beberapa waktu yang lalu, "Kita sudah melakukan sosialisasi dikecamatan, kepenghuluan dan desa. Untuk selanjutnya kita tinggal melakukan pembangunan perpustakaan demi sarana dan prasarana memadai. Program ini dilakukan secara bertahap, kerena untuk membuat bangunan pustaka dan kegiatan pustaka kecamatan membutuhkan lahan baru," jelasnya.

Disamping program pustaka kecamatan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir juga fokus melakukan pembenahan sejumlah perpustakaan dikepenghuluan Seremban Jaya, Kecamatan Rimba Melintang. Pustaka itu rencananya diikutsertakan dalam lomba pustaka unggulan tingkat nasional dengan sistem pengoperasinya menggunakan jaringan online.

Bupati Rohil H Suyatno sendiri sudah secara resmi membuka acara Sosialisasi Undang-Undang 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang dilaksanakan digedung Serbaguna.

Dalam sambutan Bupati Rohil H. Suyatno saat itu, ia meminta kepada Kantor Arsip Dan Perpustakaan Rohil untuk membuat terobosan program-program terkait dengan perpustakaan dan kearsipan. “Kedepannya program tersebut agar disosialisasikan tidak hanya dilaksanakan di Ibukota Rohil saja, melainkan juga dapat dilaksanakan disetiap kecamatan yang ada diRohil," kata Bupati saat itu.

Bupati juga berharap kepada semua element masyarakat untuk gemar membaca, karena dengan gemar membaca dapat mencerdaskan pengetahuan berbangsa dan bernegara. Sehingga masyarakat mampu secara cerdas dalam berpikir, bertindak dan dalam mengambil keputusan.

"Maksud dan tujuan Sosialisasi tentang Undang-Undang 43 tahun 2007 agar tiap-tiap kecamatan dan kepenghuluan se-kabupaten Rokan Hilir bisa mendirikan perpustakaan disetiap 209 kepenghuluan yang ada di Rohil, sekarang ini baru terbentuk 30 perpustakaan kearsipan masih perlu ditambah lagi," sebut Bupati.

Setiap Tahun 1.000 Buku Akan Dialokasikan

Keberadaan pustaka sangat penting untuk mendukung masyarakat yang gemar membaca. Untuk menjangkau langsung ke masyarakat. Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsiapan Rohil, Tuti Safitri, menilai kesadaran Kepenghuluan terhadap pentingnya keberadaan pustaka semakin baik. Saat ini telah terdapat sekitar 30 pustaka tingkat Kepenghuluan yang tersebar di seluruh kecamatan se-Rohil.

"Bahkan dua pustaka telah tampil di tingkat Provinsi maupun Pusat. Ini berarti telah memberikan kontribusi bagi daerah," ujar Tuti Safitri, Jumat pekan lalu.

Pustaka tingkat Kepenghuluan yang dimaksud yakni Pustaka Desa di Kepenghuluan Seremban Jaya dan Pustaka Desa di Panipahan, Pasir Limau Kapas. Pustaka di Panipahan bahkan pernah menyabet juara I dalam Lomba Pustaka Desa tingkat Propinsi Riau.
Pemkab Rohil melalui Kantor Perpustakaan dan Kearsiapan akan terus menggugah kesadaran masyarakat untuk cinta pustaka. Badan Perpustakaan terangnya, siap memberikan bantuan buku ke Kepenghuluan yang sudah ada pustaka. Setiap tahunnya dapat dialokasikan bantuan sebanyak 1.000 eksemplar buku bacaan bagi Kepenghuluan. Hal itu sebagai wujud nyata dukungan agar kian meluasnya jangkauan perpustakaan di pedesaan.

Sebelumnya, pada satu kesempatan, Bupati Rokan Hilir, H Suyatno, mengharapkan agar pembangunan di tingkat Kepenghuluan tidak hanya semata-mata tertumpu pada kegiatan fisik saja. Melainkan perlu ditingkatkan juga pada kegiatan lain, seperti pembinaan, pelatihan kegiatan ekonomi rakyat, termasuk juga memberdayakan perpustakaan tingkat desa.

"Jadi ada baiknya juga Kepenghuluan memiliki pustaka tingkat desa. Untuk itu, perlu dibangun perpustakaan, bagaimana pihak Kepenghuluan bermusyararah dengan pihak terkait yang ada untuk menggunakan dana ADD membangun pustaka," katanya.

Kendati dana desa tersebut dapat dipakai, juga untuk membangun pustaka. Namun dari Pemkab Rohil terangnya, tetap ada Program Pembangunan Pustaka tingkat desa, namun karena jumlah desa sangat banyak sekitar 121 Kepenghuluan, maka program tersebut sifatnya terbatas, hanya bisa dilakukan bertahap untuk beberapa desa saja setiap tahun anggaran.

Sementara pihak Perpustakaan dan arsip mengakui pihaknya tidak mengurusi masalah pekerjaan fisik bangunan."Kita hanya sebatas menyediakan bantuan buku serta menyiapkan SDM nya."Untuk fisiknya Kita sudah usulkan didinas Cipta Karya, Kita hanya membantu menyediakan kebutuhan bahan pustaka bacaan supaya lengkap dan terpenuhi,"urai Tuti.

Badan Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Rohil menyiapkan program pustaka kecamatan sejak tahun 2015 lalu. Program itu dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca masyarakat.


R24/adi


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

NanaS128
Jumat, 20 April 2018 11:03 wib
Tersedia Banyak Permainan
Nama :
Komentar :
     
riau24_fptsj_3830.jpg
Riau24.com - Ketua DPRD Pelalawan H. Nasarudin, SH, MH melantik dan mengambil sumpah tiga Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Pelalawan, dalam Rapat Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah /Janji Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019, di Gedung DPRD Pelalawan, Selasa (2/10) pekan lalu.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru