riau24 Memaknai Hari Jadi Ke - 59 Tahun Provinsi Riau, Pemprov Berikan 20 Penghargaan Kepada Para Pendahulu
Minggu, 17 Desember 2017

Advertorial Pemerintah Provinsi Riau

Memaknai Hari Jadi Ke - 59 Tahun Provinsi Riau, Pemprov Berikan 20 Penghargaan Kepada Para Pendahulu

0
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman memberikan Piagam Penghargaan Pejuang Pahlawan Kemerdekaan pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka Hari Jadi Provinsi Riau Yang ke 59 Tahun 2016
Memaknai Hari Jadi Ke - 59 Tahun Provinsi Riau, Pemprov Berikan 20 Penghargaan Kepada Para Pendahulu

Pekanbaru, Riau24.com - Setelah memakan waktu cukup panjang yaitu selama enam 6 tahun perjuangan, akhirnya berdasarkan Undang-Undang darurat nomor 19 Tahun 1957, Riau dimerdekakan. Dengan begitu ditahun ini Riau telah berumur 59 tahun.

Di usia yang tidak lagi muda, begitu banyak perkembangan pembangunan di Riau yang telah dirasakan masyarakat.

Pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, jalanan yang memudahkan akses masyarakat dan sebagainya, tentu tidak membuat masyarakat Riau saat ini melupakan jasa para pendahulu yang telah berjuang untuk mendapatkan kenyamanan, ketenangan dan kemudahan seperti saat ini.

“Kita tidak boleh melupakan jasa para pejuang untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pejuang untuk Provinsi Riau, karena bagaimanapun, para pendahulu itulah yang ikut mendirikan Provinsi Riau,” ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru

Demi mengenang perjuangan dan pengorbanan yang telah diberikan para pendahulu di Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) memberikan penghargaan kepada beberapa veteran yang dianggap sesuai dengan kategori dan indikator yang telah disusun oleh Pemprov Riau.

"Sudah sepantasnya pada peringatan hari jadi Provinsi ini kita menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para pemimpin terdahulu yang telah banyak berbuat untuk negeri," tutur Andi Rachman, begitu sapaan akrab Gubernur Riau.

Untuk pertama kalinya, Pemprov Riau memberikan penghargaan gelar Pahlawan kepada 20 pejuang kemerdekaan Riau, budayawan Riau, dan tokoh politik Riau. Pengalungan tanda jasa pahlawan dan penyerahan piagam tersebut, diserahkan oleh Gubernur Riau kepada anak, cucu maupun keluarga yang ditinggalkan oleh para pahlwan Riau.

"Penghargaan ini sebagai bentuk rasa kehormatan Pemprov Riau terhadap jasa para pahlawan Riau yang telah berjuang dan mengembangkan kebudayaan Melayu Riau," terang Andi Rachman. 

Berikut 20 pahlawan kemerdekaan Riau yang menerima penghargaan, Abbas Jamil, Kolonel (Purn) dari kabupaten Kuansing, Abdul Latif, Datuk Bandaro Sati dari Kampar, Arifin Ahmad, Brigjen (Purn) dari Bengkalis, H Masnoer (Purn) dari Bengkalis. 

Kemudian, H Raja Roesli dari Kuansing, Hasan Basri  pahlawan kemerdekaan Riau, Khadijah Ali pahlawan kemerdekaan Riau, Letnan M Boya dari Inhu, Oka M Jamil dari Kabupaten Siak, HR Soebrantas Siswanto, Brigjen (Purn) dari Bengkalis, Sultan Muhammad Zainal Abidin dari Rohul, Tengku Agung Syarifah Latifah dari Siak, Toha Hanafi dari Inhu Tulu dari Rengat, Buya Ma'rifat Mardjani dari Kuantan Singingi. 

Ket Foto : Saat penyerahan piagam penghargaan kepada para pahlawan yang diwakilkan oleh keluarga

Untuk Pahlawan Bidang Pendidikan Agama Islam, Tuan Guru Syekh Abdurrahman Syiddiq dari Inhil, Pahlawan di Bidang Politik dan Pemerintahan, Datuk Wan Abdurrahman dari Pekanbaru, Datuk Muhammad Djohan dari Meranti, Daeng Muhayan Nur dari Kepulauan Meranti dan dari Pahlawan di Bidang Kebudayaan, Tenas Effendy.

Andi Rachman menyebutkan, pemberian penghargaan ini akan kembali diberikan kepada para pejuang kemerdekaan yang terpilh lainnya ditahun berikutnya.

“Pemberian penghargaan tidak berhenti disini saja, insyaallah tahun depan akan dilakukan lagi oleh tim yang dibentuk Dinas Sosial karena masih ada lagi yang akan diberi penghargaan untuk tahun berikutnya,” jelas Andi Rachman. 

Kemudian, Pemprov Riaupun mengusahakan untuk bisa membangun sebuah monumen perjuangan seperti yang diinginkan para veteran. “Kita akan membahas ini dengan dinas badan terkait untuk menyesuaikan dengan anggaran Provisi Riau, jika memungkinkan, kita akan usulkan ke DPRD Provinsi untuk dibahas kembali oleh mereka,” pungkasnya.
          


                    Ket Foto : Saat wawancara dengan Gubri terkait pemberian penghargaan kepada para pahlawan 



R24/ntg 

 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru