riau24 Inovasi TIK Layanan Pemerintahan Mendukung Prgram Riau GO IT
Rabu, 13 Desember 2017

Advertorial Pemerintah Provinsi Riau

Inovasi TIK Layanan Pemerintahan Mendukung Prgram Riau GO IT

1
Inovasi TIK Layanan Pemerintahan Mendukung Prgram Riau GO IT
Inovasi TIK Layanan Pemerintahan Mendukung Prgram Riau GO IT

Pekanbaru, Riau24.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah menerapkan inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan dengan meluncurkan pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT) atau e-government dengan tagline ‘Riau GO IT’.

Langkah ini dilakukan guna memberi kemudahan baik bagi pemerintah maupun jajarannya, termasuk kemudahan bagi masyarakat luas dalam hal perizinan.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mentuturkan, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah, baik di pusat, provinsi maupun kabupaten/kota telah mengalami kemajuan sangat pesat diawali dengan munculnya isu electronic government (e-goverment) atau pemerintahan berbasis eletronik.

                      

“Jadi ada banyak sistem nanti yang akan diterapkan melalui IT, misalnya mengurus surat, sudah paperless dengan sistem e-office. Dewan juga bisa melakukan fungsi pengawasan mereka dengan memanfaatkan sistem IT ini," ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Dikatakannya, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Riau sudah menerapkan e-government melalui sistem yang dibangun dimana sistem ini dapat terintegritas diseluruh SKPD.

Pemberlakuan e-Government di Riau berdasakan tuntutan terhadap terbentuknya sistem pemerintahan yang bersih, transparan sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2008 mengenai keterbukaan informasi.
Selanjutnya dikarenakan tuntutan agar melakukan perubahan secara lebih efektif, melahirkan inspirasi penyediaan data informasi dan media komunikasi yang transparan melalui e-Government.

Program Riau GO IT ini pastinya akan diberlakukan kepada semua SKPD di Provinsi Riau. Termasuk juga, Provinsi Riau bisa memberikan layanan kepada masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi. Karena tujuan utama dalam penerapan sistem pemerintahan berbasis teknologi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan Program ini, masyarakat tidak perlu meluangkan waktu lagi untuk mencari informasi tentang dinas dan badan, serta informasi di pemerintahan, Semua sudah bisa dipantau melalui online.

“Jadi sekarang masyarakat juga bisa melihat bagaimana kinerja dari pemerintahan atau sejauh mana realisasi anggaran berjalan dari rumah saja, mau sambil nonton atau apapun sudah bisa. Bahkan perizinan sendiri sudah bisa dilakukan tanpa harus mendatangi Kantor Gubernur, asal tersambung dengan jaringan internet saja, itu sudah bisa,” ungkap pria yang kerap disapa Andi Rachman.

Pemprov Riau akan didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam bantuan jaringan. Saat ini BRI telah memiliki satelit dan siap menyediakan layanan jaringan di seluruh cabang dan unit BRI hingga pedesaan.

                         

“Ke depan kita akan membangun 200 an titik yang tersambung dengan jaringan teras BRI di setiap kantor cabang. Bahkan kita juga merencanakan untuk membangun taman dibeberapa titik tersebut sehingga akan memberi kenyamanan masyarakat dalam mengakses internet,” kata Andi Rachman.

Langkah ini diharapkan akan menjadi upaya untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya teknologi. Sehinggasecara perlahan bisa menggerakan masyarakat luas untuk mulai berselancar di intenet untuk setiap kebutuhan.

Kemudian, Menuju provinsi cerdas dengan layanan berbasis teknologi informasi, sejumlah aplikasi pengelolaan daerah dibuka secara transparan ke publik dan bisa diakses di portal resmi Pemprov Riau di riau.go.id. 

Di jelaskan Yogi Getri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Pada portal resmi ini akan terlihat dua apliasi yang pertama government to government yang hanya bisa dilihat oleh pegawai pemerintahan dimana masing-masing SKPD sudah memiliki user name atau lebih dikenal dengan password. Sementara masyarakat hanya bisa melihat satu diantaranya yaitu government to pubik.

Sejauh ini, sudah sebanyak 80 aplikasi yang terintegrasi dengan masing-masing SKPD. “Nanti kalau government to government itu ada aplikasi SKPD, ini aplikasi yang 80 itu. Yang rata-rata aktif di SKPDnya dan dinas-dinas semuanya seperti kesbangpol, badan ketahanan pangan, komnas peyuluhan, perizinan terpadu, perizinan online, seluruh aplikasi-aplikasi yang ada di pemerintah kita,” sambung Yogi.

Mengenai kesiapan sumber daya manusia (SDM), Yogi menyatakan Riau sudah memiliki tenaga yang handal sudah disebar di seluruh satuan kerja di lingkungan Pemprov Riau. Demikian juga halnya dengan dukungan sarana dan prasarana teknologi. “Sudah setiap hari kita lakukan pelatihan ke masing-masing SKPD. Kita terus door to door datang ke SKPD untuk menginformasi, untuk bisa menjalankannya,” lanjut Yogi.

Bahkan, kata Yogi, Diskominfo telah mengirim dua tenanganya yang handal sebanyak minimal 2 orang kepada masing-masing SKPD.

“Tapi semuanya itu kami sudah drop tenaga IT di semua SKPD yang ada, ada beberapa SKPD kecuali yang biro saja yang belum, kalau dinas-dinas dan badan semua tenaga IT dari Kominfo sudah di situ 2 orang. Tenaga jaringan dan tenaga programer yang mengelola di SKPD tersebut mempelajari aplikasi-aplikasi yang ada dan di sana untuk bisa berintegrasi,” imbuhnya.

Program Riau GO IT ini kata Yogi akan memberi banyak kemudahan dan manfaat dijalankan secara serius. Dimulai dari pengurangan biaya transportasi, tidak banyak menghabiskan kertas dan tinta print.
“Sangat menghemat betul terutama kendaraan, bayangkan kalau harus mengantar surat ke semua SKPD. Berapa transportasinya, berapa surat menyurat yang ketika salah ketik dibuang ya kan. Meja pun tidak ada berantakan,” imbuh Yogi pada Riau24.com.

Kedepannya, Pemprov Riau akan mengaplikasikan program Riau GO IT merata diseluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

                    

“Belum ya, itu program jangka panjang tetapi sekarang yang kita utamakan telebih dahulu di provinsi. Untuk itu saja termasuk cukup berat, infrastruktur di SKPDnya juga berat. Untuk pengadaan ini saja kita juga agak susah. Jadi minimal kalau pimpinan eselon sampai eselon III pakai ini semua,” kata Yogi.

Sebagai bentuk tindakan konkrit atas kebijakan baru ini, Pemprov Riau juga sedang menyiapkan dan menyusun rancangan Peraturan Gubernur yang mengatur mengenai surat yang boleh dan tidak boleh untuk menggunakan kertas.

“Memang dalam 100 surat atau model surat ada lah yang masih manual. Minimal kan saya bilang sudah mengurangi, mungkin masih kewalahan ya, sebetulnya sudah bisa semua tapi kadang-kadang teman-teman masih alergi saja. Karena terus terang saja manual lebih enak,” tutur yogi.

Di akhir penuturan, Yogi berharap program Riau GO IT ini bisa berjalan maksimal. Untuk membudayakan internet pada masyarakat luas, menurutnya lebih tepat apabila dilakukan terlebih dahulu oleh pemerintah.

“Go it jangan masyarakatnya dululah, pemerintahnya dulu ya kan. Betul-betul pengen pemerintah berbasis e-Governmentnya, kalau pemerintah sudah berbasis egoverment dengan baik ya lancar semua, nanti secara perlahan masyarakat punkaan mengikuti,” tutupnya.

 

R24/ntg  

 
 
 

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Cahaya farma
Minggu, 16 Oktober 2016 00:43 wib
💥DOKTER SPESIALIS : AGEN RESMI💥 Pesan langsung DISINI Tlp : 085229517333 🎬WhatSapp : farmaneysa 🎬 Line lite : cahayafarma5 JUAL OBAT PEMBESAR PENIS 👉HAMMER ASLI ITALIA 👉 KLG PILLS USA 👉VIMAX CANADA 👉VIMAX IZON JUAL OBAT KUAT SEXS 👉 VIAGRA USA 100Mg 👉CIALIS ENGLAND 👉 MAXIMIN 👉 PROCOMIL SPRAY 👉 SONY 👉 V9 TIAN IZON 👉LEVITRA 👉NANGEN CHINA JUAL OBAT PERANGSANG WANITA ☞ POTENZOL CAIR ☞ BLUE WIZARD ☞ LIQUID Seks ☞ OPIUM SPRAY ☞ Seks DR
Nama :
Komentar :
     
riau24_xnxqc_3405.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Indragiri Hilir kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi. Kali ini, HM. Wardan meraih Award dari Komisi Informasi (KI) dalam kategori Pelopor Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Desa Tahun 2017.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru