riau24 DEMI TERWUJUDNYA PENDIDIKAN BERMUTU, PEMKAB ROHIL BERIKAN PERHATIAN KHUSUS
Minggu, 04 Desember 2016

Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir

DEMI TERWUJUDNYA PENDIDIKAN BERMUTU, PEMKAB ROHIL BERIKAN PERHATIAN KHUSUS

0
DEMI TERWUJUDNYA PENDIDIKAN BERMUTU, PEMKAB ROHIL BERIKAN PERHATIAN KHUSUS
DEMI TERWUJUDNYA PENDIDIKAN BERMUTU, PEMKAB ROHIL BERIKAN PERHATIAN KHUSUS
Rohil, Riau24.comPemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), bersama Dinas Pendidikan (Disdik) terus meningkatkan mutu pendidikan setiap tahunnya. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu berdaya saing di masa mendatang. Usaha tersebut dilakukan sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Rokan Hilir dan Disdik dalam rangka menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Salah satu Visi Pemkab dan Disdik Rokan Hilir sendiri yakni Terwujudya pendidikan yang bermutu dilandasi iman dan takwa tahun 2020. Sedangkan, Misi utamanya merupakan bagian dari cita-cita yang mesti dicapai, maka dirumuskan dalam tujuh agenda seperti, terselenggaranya pendidikan formal dan informal yang bermutu dalam semua jenis dan jenjang pendidikan. Kemudian menyediakan sarana dan prasarana sesuai standar pelayanan minimal.

Menyediakan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas sesuai SPM. Selanjutnya, menyelengarakan kerjasama dunia pendidikan dengan masyarakat terutama dunia usaha dan dunia industri. Hingga menyediakan dana penyelenggaraan pendidikan yang memadai, melestarikan kebudayaan daerah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan menyelenggarakan tertib administrasi. 


                                               
Selain itu, perumusan tujuh misi yang merupakan poin-poin penting dalam mewujudkan pencapaian Visi dijabarkan pula ke dalam lima tujuan Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir yaitu, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berpotensi. Menuntaskan wajib belajar (Wajar) 9 tahun dan rintisan wajar 12 tahun serta pemerataan pendidikan untuk semua anak usia sekolah. Sehingga, mewujudkan pendidikan yang bermutu berlandaskan iman dan takwa.

Sehingga, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan demi terciptanya proses pembelajaran secara optimal. Kemudian, meningkatkan pendidikan luar sekolah melalui program paket A (setara SD), paket B (setara SMP), paket C (setara SMA), PAUD dan pendidikan non formal lainnya.

Sedangkan, yang menjadi sasaran Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir sebagai penggerak dan pelaksana pendidikan guna meningkatkan kualitas suber daya manusia Rokan Hilir, adalah, meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dibidang pendidikan dan pemberdayaan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).

Terwujudnya Satuan Pendidikan yang berkeadilan, demokrasi, efisiensi, efektif, transparan dan akuntabilitas. Terwujudnya manajemen pelayanan prima kepada satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan serta masyarakat untuk meningkatkan daya tampung pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah. Sehingga terciptanya lulusan SMK yang relevan dengan kebutuhan tenaga kerja demi meningkatkan jumlah angka keulusan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan pada satuan pendidikan.

Meningkatkan kualitas kelulusan (hasil ujian nasional) dari semua tingkat dengan target daya serap minimal 75 persen. Berangkat dari Visi, Misi itu, tujuan dan sasaran Dinas Pendidikan, maka untuk mencapai tujuan mulia tersebut, Dinas Pendidikan tidak dapat berdiri sendiri dalam mewujudkannya, tetapi diperlukan dukungan dari berbagai pihak dan sumber termasuk kekayaan alam.

Oleh karna itu, dibutuhkan kecerdasan dalam memanfaatkan sumber daya alam untuk dapat dioptimalkan dengan senantiasa berfokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan mengedepankan variabel penting yakni kemajuan dan pengembangan sektor pendidikan. Oleh karna itu, dibeberapa negara menempatkan sektor pendidikan sebagai prioritaskan anggaran belanja negaranya untuk kepentingan dan kemajuan pendidikan dengan harapan banyaknya anggaran yang dimiliki, menjadikan pelaku pendidikan dalam hal ini mengambil kebijakan dan seluruh masyarakat dapat memiliki dan menikmati pemerataan pendidikan yang berkualias.

Pentingnya memberikan perhatian yang lebih terhadap kemajuan dan perkembangan pendidikan merupakan tanggung jawab untuk menciptakan pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. karena, semakin banyak sumber daya manusia yang berkualitas dimiliki oleh suatu negara, akan memberikan kemudahan bagi negara itu untuk menangani dan mengembangkan sumberdaya-sumberdaya yang lainnya.

Maka oleh karena itu, kepedulian mempersiapkan sekaligus meningkatkan kualitas SDM yang berkualitas perlu dipikirkan dan dilaksanakan secara sistematis, dan dalam hal ini lembaga pendidikan memegang peranan yang sangat menentukan. Untuk itu, diperlukan orang-orang yang berkualitas sebagai pelaksana pendidikan, mulai dari Sekolah Tinggi sampai tingkat Sekolah Dasar.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Rokan Hilir memfokuskan pada empat pilar utama yakni, perluasan akses pelayanan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, relevansi dan daya saing serta akuntabilitas. Selanjutanya, untuk memenuhi tuntutan empat pilar utama agar peningkatan kualitas sumber daya manusia meningkat, melalui pendidikan dapat tercapai. Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai upaya seperti menjalankan kebijakan pengembangan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan percepatan akses pembangunan Rokan Hilir.

Kemudian, menitikberatkan pembangunan pada bidang keagamaan, hal ini terlihat jelas dalam program-program diantaranya gerakan Magrib Mengaji, pembangunan masjid di semua kecamatan dan desa. Selanjutnya, pendirian sekolah-sekolah islam baik membantu Kementerian Agama maupun mensubsidi madrasah-madrasah yang berstatus swasta.

                                            

Serta dengan mengembalikan kejayaan model pendidikan Islam zaman dahulu yaitu dengan mencanangkan pendirian sekolah-sekolah kitab.

Memberikan konstribusi terhadap perayaan hari-hari besar keagamaan baik agama sebagai agama mayoritas masyarakat Rokan Hilir maupun agama-agama lainnya. Terlepas dari itu, peningkatan kualitas kelulusan, sebut Surya Arfan, juga terus ditingkatkan untuk akreditasi sekolah. Hal ini seiring perbaikan yang terus dilakukan dalam peningkatan dan pengembangan kualitas guru. Termasuk, peningkatan kompetensi guru dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan.

Hal ini tentunya harus dibarengi dengan penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencintraan publik. Prinsip fundamental dari penyelenggaraan pendidikan non formal juga harus didukung dalam bentuk partisipasi aktif masyarakat. Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan nonformal yang efektif dan efesien dan akuntabel menjadi tanggung jawab bersama antara masyarakat pendidikan nonformal dan pemerintah daerah.

Oleh karena, prinsip penyelenggaraan pendidikan nonformal yang partisifatif ini, maka pencitraan kelembagaan yang transparan dan akuntabel menjadi kebutuhan mutlak yang harus dapat dipenuhi oleh setiap penyelengara pendidikan nonformal.

Penataan dan pengembangan sistem pendataan dan informasi managemen harus dikuatkan dengan pengembangan kapasitas, program ini diberikan kepada pengelola dan penyelenggara pendidikan nonformal. Advokasi, sosialisasi dan fasilitasi, kegiatan ini untuk memberkan informasi, kampanye dan bantuan dalam rangka meningkatkan dan memperluas partisifasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan akuntabel.  (***)



R24/adi 

 

 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita PekanbaruBerita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_wa2x4_2400.jpg
Rohil, Riau24.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), bersama Dinas Pendidikan (Disdik) terus meningkatkan mutu pendidikan setiap tahunnya.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam