riau24 Tingkatkan Infrastruktur, Pemerintah Provinsi Riau Sukseskan Program Riau Menyapa Dunia
Selasa, 21 November 2017

Advertorial Pemerintah Provinsi Riau

Tingkatkan Infrastruktur, Pemerintah Provinsi Riau Sukseskan Program Riau Menyapa Dunia

0
Tingkatkan Infrastruktur, Pemerintah Provinsi Riau Sukseskan Program Riau Menyapa Dunia
Tingkatkan Infrastruktur, Pemerintah Provinsi Riau Sukseskan Program Riau Menyapa Dunia
Pekanbaru, Riau24.com - Program Riau Menyapa Dunia merupakan salah satu komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk meningkatkan kemajuan pariwisata di Bumi Lancang Kuning. Komitmen inilah yang akhirnya membuat Pemprov Riau menggandeng Kementerian Pariwisata RI untuk turut berupaya mempromosikan keindahan alam bumi Melayu.

Seperti yang kita ketahui,  Pemerintah Provinsi Riau dalam Visi dan Misi 2005 – 2025 yang berbunyi teruwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera, Lahir dan Batin, di Asia Tenggara tahun 2020.



Untuk itulah Pemprov Riau kini terus dengan giat-giatnya berupaya mengembangkan potensi pariwisatanya,  salah satunya dengan peluncuran "Riau Menyapa Dunia" di Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI beberapa waktu lalu. Bahkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Pemprov Riau pun telah menggelar peluncuran (launching) pariwisata “Riau Menyapa Dunia” yang dilaksanakan di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata, pukul 18.00 WIB, Jum’at, 27 Juni 2016 yang lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Pariwisata berharap, segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata di Riau benar-benar digarap serius, dari infrastruktur sampai promosinya.

Hal senada juga disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau, Kasiaruddin dalam sambutannya pada acara Focus Group Discussion media massa “Riau Menyapa Dunia” di Hotel Furaya, Kota Pekanbaru, beberapa waktu yang lalu.
“Riau dialiri oleh empat sungai besar, beragam etnis dan budaya yang hadir menjadi magnet tersendiri bagi destinasi wisata setempat, namun potensi tersebut belum tergali secara maksimal. Sehingga peran media sangat besar dalam penyebaran informasi,” kata Kasiaruddin.

Dia menekankan, kebijakan pengembangan sektor pariwisata dapat bersentuhan langsung dalam menopang perekonomian masyarakat di tengah perlambatan ekonomi akibat melemahnya dua komoditas andalan Riau yakni perkebunan dan migas. Hal ini juga berdampak pada berkurangnya Dana Bagi Hasil (DBH) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Memang potensi kita tidak sebagus daerah lainnya. Namun selain sumber daya alam, potensi yang sangat baik ditonjolkan adalah budaya kita,” katanya. Terselenggaranya kegiatan ini dipromotori oleh Biro Humas Setdaprov Riau dengan maksud untuk menyamakan persepsi, menghimpun masukan dalam mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Melayu itu.

Tentunya untuk menjalankan komitmen serius dalam program Riau Menyapa Dunia tersebut diharapkan Pemprov Riau lebih memberikan perhatian kepada Pemerintah Kabupaten Kota di Riau bisa mengucurkan dana APBD Riau untuk daerah dalam menuntaskan permasalahan infrastruktur dasar masyarakat seperti kerusakan jalan, jembatan dan pengembangan wisata. Hal tersebut dalam upaya mewujudkan dukungan infrastruktur dalam mensukseskan Riau Menyapa Dunia.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, pihaknya akan bertekad mendukung target pariwisata nasional. Menurutnya, Riau memiliki banyak agenda wisata atau kalender event, seperti daya tarik alam, budaya, dan wisata buatan, yang cukup menarik.Misalnya saja, kata Gubri, Pantai Rupat dan Beting Aceh, Bono, Candi Muara Takus, Tour de Siak, Bono, dan kuliner andalannya Sagu Riau Menyapa Dunia.



Kemajuan pariwisata  tentu saja mempengaruhi ekonomi masyarakat dengan effect langsung pada saat wisatawan membeli barang dan jasa tentunya wisatawan akan mengalokasikan biaya pengeluaran transportasi, akomodasi, dan rekreasi wisaa dari sini akan terlihat keuntungan yang akan diraih untuk  peningkatan ekonomi masyarakat.    (***)




R24/ntg 

 


Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_9rtpl_3339.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memberikan reward bagi atlit peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau Ke - IX (Sembilan) Tahun 2017 di Kabupaten Kampar yang berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 28 Oktober sampai 8 November 2017.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru