riau24 Dengan Majunya Dunia Pendidikan, Cara Pemerintah Provinsi Riau Untuk Tingkatkan Sumber Daya Manusia
Minggu, 20 Mei 2018

Advertorial Pemerintah Provinsi Riau

Dengan Majunya Dunia Pendidikan, Cara Pemerintah Provinsi Riau Untuk Tingkatkan Sumber Daya Manusia

1
Dengan Majunya Dunia Pendidikan, Cara Pemerintah Provinsi Riau Untuk Tingkatkan Sumber Daya Manusia
Dengan Majunya Dunia Pendidikan, Cara Pemerintah Provinsi Riau Untuk Tingkatkan Sumber Daya Manusia
Pekanbaru, Riau24.com - Riau memiliki potensi sumber daya alam berlimpah, terutama disumbang oleh minyak dan gas bumi, perkebunan, dan sejumlah sektor lainnya.

Hasil bumi yang berlimpah membuat Riau menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Dan ini membuat terus bertumbuhnya pembangunan di Bumi Melayu. Namun dewasa ini, pembangunan suatu daerah sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah tersebut.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berkomitmen untuk memajukan kualitas pendidikan demi terciptanya SDM yang handal. Karena Pemerintah Provinsi Riau menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

 

Sebagai mana visi jangka menengah pemerintah provinsi Riau 2014-2019 juga terkait Peningkatan Pelayanan Pendidikan.
Namun untuk melaksanakan hal tersebut, berbagai cara terus dilakukan untuk terciptanya kualitas SDM yang handal, diantaranya dengan memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi maupun kurang mampu, beasiswa kepada guru dan dosen hingga peningkatan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan melakukan berbagai usaha pembangunan pendidikan yang berkualitas, antara lain melalui pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan bahan belajar, serta berbagai pelatihan bagi guru.

"Pendidikan yang bermutu memiliki kaitan ke depan dan kaitan ke belakang. Ini berarti bahwa pendidikan yang bermutu merupakan syarat utama untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang maju, modern, dan sejahtera. Untuk itu perlu peningkatan SDM," ujar Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Dijelaskan Gubri, pendidikan yang bermutu tergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yaitu guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat.

Oleh karena keberadaan guru yang bermutu merupakan syarat mutlak lahirnya sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas, maka hampir semua bangsa di dunia ini mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas.

Dikatakannya, pendidikan yang bermutu tergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yaitu guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat. Sebab, guru yang bermutu merupakan syarat mutlak lahirnya sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas. Sebab itu, hampir semua bangsa di dunia ini mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas.

"Oleh karena itu, dengan peningkatan kualitas SDM tenaga pendidikan, Propinsi Riau mampu mewujudkan pendidikan bermutu. Sudah merupakan pendapat umum bahwa kemakmuran suatu bangsa berkaitan erat dengan kualitas atau mutu pendidikan bangsa yang bersangkutan. Bahakan lebih spesifik lagi, bangsa-bangsa yang berhasil mencapai kemakmuran dan kesejahteraan dewasa ini adalah bangsa-bangsa yang melaksanakan pembangunan berdasarkan strategi pengembangan sumber daya manusianya," kata Gubri beberapa waktu lalu.

Peningkatan mutu pendidikan melalui standarisasi dan profesionalisasi yang sedang dilakukan dewasa ini menuntut pemahaman berbagai pihak terhadap perubahan yang terjadi dalam berbagai komponen sistem pendidikan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Riau melalui Kepala Dinas, Kamsol menjelaskan bahwa pihaknya telah menjalankan dan merancang program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Riau. Program telah dijalankan dan tepat untuk melahirkan SDM yang berkualitas.  

Beberapa program yang dijalankan juga masuk dalam program Nasional, diantaranya program "Indonesia pintar" melalui Wajib Belajar 12 tahun bermutu bebas pungutan. Meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Membangun sejumlah science dan technopark di kawasan politeknik dan SMK-SMK dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.

Program satu Guru satu laptop. Melakukan revolusi karakter bangsa, melakukan pendidikan kewarganegaraan. Menghilangkan model penyeragaman dalam sistem pendidikan nasional. Jaminan hidup yang memadai bagi para guru terutama bagi guru yang ditugaskan di daerah terpencil. Memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia. Memperkuat pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antar warga. Mengembangkan insentif khusus untuk memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal. Dan meningkatkan proses pertukaran budaya untuk membangun kemajemukan sebagai kekuatan budaya.

"Mutu pendidikan dicerminkan oleh kompetensi lulusan yang dipengaruhi oleh kualitas proses dan isi pendidikan. Untuk itulah perlu dilakukan perubahan dan program yang dapat memberikan kualitas SDM kita," kata Kamsol.


Beberapa program yang dijalankan juga masuk dalam program Nasional, diantaranya program “Indonesia pintar “ melalui Wajib Belajar 12 tahun bermutu bebas pungutan.

Meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Membangun sejumlah science dan technopark di kawasan politeknik dan SMK-SMK dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.

"Mutu pendidikan dicerminkan oleh kompetensi lulusan yang dipengaruhi oleh kualitas proses dan isi pendidikan. Untuk itulah perlu dilakukan perubahan dan program yang dapat memberikan kualitas SDM kita, dan kita telah melaksanakan pelatihan tenaga kependidikan" kata Kamsol.   (***)




R24/ntg 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

S128agen.net
Sabtu, 21 April 2018 21:47 wib
Piala Dunia 2018 Rusia Sudah Semakin Dekat.!! Siapa Jagoan Tim Kalian Di Piala Dunia 2018 Rusia Nanti?? Aku mau kenalin Game Bola Online Piala Dunia. Buat kamu para pecinta sepakbola dimanapun kamu berada. Disitus ini kamu bisa main Game Bola Online Piala Dunia dan juga banyak Game Online menarik lainya, CHAT KAMI DI SINI BOSKU
Nama :
Komentar :
     
riau24_6ylqf_3645.jpg
Inhil, Riau24.com - Setelah mengunjungi Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, pengurus Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) bersama Satkorcab Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar silaturahmi dengan Pj Bupati Inhil, H Rudyanto.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru