riau24 Bentuk Perda Keolahragaan, Pansus Studi Banding Ke Jabar
Rabu, 18 Juli 2018

Advertorial DPRD Provinsi Riau

Bentuk Perda Keolahragaan, Pansus Studi Banding Ke Jabar

1
Bentuk Perda Keolahragaan, Pansus Studi Banding Ke Jabar
Bentuk Perda Keolahragaan, Pansus Studi Banding Ke Jabar
Pekanbaru, Riau24.comDalam rangka penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelengaraan Keolahragaan, Panitia Khusus (Pansus) Raperda melakukan studi banding ke Dinas Pemuda dan Olahraga Bandung, Jawa Barat dari tanggal 10-12 April 2017.

Studi banding yang dipimpin langsung oleh Ketua Pansus Keolahragaan Makarius serta 13 anggota Pansus lainnya diantaranya adalah Edi A Mohd Yatim, Masnur, Ramos Tedi Sianturi, Yulisman, Kordias Pasaribu, Ever Tenger Sinaga, Maghdalisti, Ade Hartati, Bagus Santoso, Adrian, Husaimi Hamidi, M Adil, Alm. Rosfian.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Pansus disambut langsung oleh Sekretaris Dispora Jawa Barat, Deni Ramadhan beserta pejabat KONI lainya.

Dalam pemaparannya Deni menjelaskan bahwa pembinaan keolahragaan di Jawa Barat yang telah dijalankan dengan sistem jaring laba-laba sebagaimana yang diatur dalam Perda Provinsi Jawa Barat No 1 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan keolahragaan.




Dimana pembinaan dan pengembangan keolahragaan di Jawa Barat perlu disinergikan antar organisasi perangkat daerah dalam hal pelayanan keolahragaan baik itu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga disabilitas dan olahraga Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Disini pembinaan atlet melibatkan semua dinas yang bersinergi, sehingga atlet tidak dibiarkan begitu saja, " kata Deni.

Sementara itu menurut Makarius, ada tiga poin yang didapat dalam hasil kunker di Jawa Barat diantaranya :

1.  Perda operasional tidak perlu Peraturan Gubernur (Pergub) untuk pelaksanaannya
2. Ada pengaturan olahraga unggulan untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional
3. Diatur penggunaan sport sains dalam pengembangan prestasi keolahragaan.
 

Ia mencontohkan olahraga yang telah dilakukan oleh ASN yakni pertandingan antar dinas-dinas, dengan tujuan bisa menjaga kesehatan.

"Namun perda disana lebih proporsional tentang keolahragaan. Karena olahraga bukan hanya sekedar prestasi, tapi juga tentang arti bagaimana mereka peduli akan kesehatan", ujar Makarius.


Kemudian, lanjutnya di Jawa Barat, prestasi serta pendidikan olahraga dan balap sepeda, juga di dukung dengan Perda yang mampu melaksanakan kegiatan yang bermutu dan tentunya mendapatkan contoh-contoh proliga yang mereka lakukan.
 

"Untuk di Riau sendiri, kita akan fokus pada Raperda keolahragaan yang mendulang prestasi seperti takraw, beberapa cabor lainnya dan didalam Raperda nanti akan diatur seperti takraw bisa dikatakan milik masyarakat Riaulah," terangnya.

Dan dalam waktu dekat ini, dalam menyempurnakan Raperda ini, Pansus akan megundang BKD Riau untuk koordinasi tentang materi Raperda keolahragaan ini, dengan tujuan setiap ASN di dinas tempat mereka bekerja bisa melakukan olahraga atau turnamen antar dinas seperti di Jawa Barat.
 

Sementara itu Husaimi Hamidi mengatakan, dipilihnya kota Bandung Jawa Barat lantaran olahraga disana sangat bagus, pembinaan atlet juga.

"Maka dari itu kota ini dipilih Pansus untuk mengali ilmu dalam menyelesaikan Raperda keolahragaan yang sedang disusun yaitu mengenai pembinaan atlet dan meningkatkan prestasi atlet di daerah dan juga untuk mengetahui keterlibatan publik dan pihak swasta untuk mendukung kemajuan di bidang keolahragaan yang telah dikembaangkan di Jawab Barat itu", ujarnya.

Menurutnya di Provinsi Riau pembinaan atlet kususnya yang sudah pensiun tidak ada. Sehingga para atlet pensiunan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pembinaan. Sehingga kondisi atlit ada yang memprihatinkan. Maka dari itu dalam Raperda yang disusun Pansus juga akan mencantum kan penekanan dengan memberikan modal usaha oleh Dinas Koperasi.

"Keterlibatan dinas terkait disini juga kita lihat sangat bagus dalam membina atlet baik yang masih aktif maupun yang pensiun. Di Provinsi Riau kita berharap bisa seperti Jawa Barat nantinya usai disahkannya pansus ini," harapnya. (***)





R24/ iko


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

S128agen.net
Rabu, 02 Mei 2018 07:46 wib
Piala Dunia 2018 Rusia Sudah Semakin Dekat.!! Siapa Jagoan Tim Kalian Di Piala Dunia 2018 Rusia Nanti?? Aku mau kenalin Game Bola Online Piala Dunia. Buat kamu para pecinta sepakbola dimanapun kamu berada. Disitus ini kamu bisa main Game Bola Online Piala Dunia dan juga banyak Game Online menarik lainya, Selain itu kamu juga bisa dapatkan banyak bonus main di situs ini. Yuk Sob Gabung dan Main CHAT KAMI DI SINI BOSKU
Nama :
Komentar :
     
riau24_hedns_3784.jpg
Tembilahan, Riau24.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan nonton bareng masyarakat laga final Piala Dunia 2018, Prancis kontra Kroasia di lapangan Kantor Bupati Inhil, Tembilahan, Minggu (15/7/2018) malam.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru