riau24 Khotbah Jumat, di Desa Igal Wardan Bongkar Rahasia Rendah Hati
Senin, 22 Oktober 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

Khotbah Jumat, di Desa Igal Wardan Bongkar Rahasia Rendah Hati

1
Khotbah Jumat, di Desa Igal Wardan Bongkar Rahasia Rendah Hati
Khotbah Jumat, di Desa Igal Wardan Bongkar Rahasia Rendah Hati
Inhil, Riau24.comPada khotbah Jumat 28 April 2017, di Masjid Al-huda, Kuala Pulih Igal, Desa Igal, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri (Inhil), HM Wardan, membongkar rahasia rendah hati. Katanya, dalam sholat terkandung pesan ke-tawadlu'-an atau rendah hati.

Diawal khotbahnya, HM Wardan menyebutkan tanpa terasa saat ini telah melewati bulan rajab, bulan yang di dalamnya terdapat sebuah peristiwa maha penting.

Dalam catatan sejarah peradaban umat manusia, yakni peristiwa Isra' Mi'raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW, 1.400-an tahun yang silam.

Isra' Mi'raj merupakan sebuah perjalanan spritual yang luar biasa, dimana nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya akan tetap aktual dan abadi sepanjang zaman.

Oleh karenanya, adalah hal yang wajar jika kemudian setiap bulan rajab, peristiwa Isra' Mi'raj itu selalu diperingati oleh umat islam di berbagai penjuru dunia, dan dijadikan memontum untuk mengaktualisasikan kembali nilai-nilai penting di dalamnya.

Salat mengajarkan umat Islam akan pentingnya disiplin dan menghargai waktu. Maka, salah satu ciri dari kualitas shalat seseorang adalah sejauh mana ia disiplin dan menghargai waktu, yang kemudian diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

"Di dalam salat juga terkandung pesan Ke-tawadlu'-an (rendah hati ), sebab betapa di dalam salat kita rela meletakkan kepala kita, yang merupakan mahkota atau anggota tubuh yang mulia, meruduk ke tempat sujud, sejajar dengan kaki kita," kata Wardan, seraya menyebutkan maka kesombongan dan sikap kesewenang-wenangan jelas bukanlah sifat orang yang baik sholatnya.

Sholat, ucap Wardan, juga mengerjakan umat islam akan pentingnya menebarkan nilai-nilai kedamaian, keharmonisan dan persaudaraan.

"Karena bukanlah setiap kali kita mengakhiri salat, kita selalu mengucapkan salam Assalamu'alaikum Warahmatullah, sambil menoleh ke kanan dan ke kiri.

Maka indikator lain dari orang yang baik sholatnya adalah ia senantiasa menebarkan rasa kedamaian, persaudaraan dan kasih sayang di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Banyak kegiatan-kegiatan keagamaan yang oleh pemerintah daerah Kabupaten Inhil selaku umara ditujukan kepada masyarakat untuk terus dapat memperbanyak bekal maju akhirat, tidak sedikit anjuran-anjuran kebaikan yang digalakkan, dari ajakan gerakan masyarakat magrib mengaji, sampai kegencaran ajakan untuk pelaksanaan sholat berjama'ah di mesjid terutama Shalat Subuh.

"Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan berbagai pelajaran penting dari peristiwa Isra' Mi'raj serta betul-betul mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat secara nyata dan kita termasuk orang-orang yang bahagia baik dunia maupun di akhirat kelak," doa Wardan.    

(adv/diskominfo)


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

S128agen.net
Rabu, 02 Mei 2018 07:46 wib
Piala Dunia 2018 Rusia Sudah Semakin Dekat.!! Siapa Jagoan Tim Kalian Di Piala Dunia 2018 Rusia Nanti?? Aku mau kenalin Game Bola Online Piala Dunia. Buat kamu para pecinta sepakbola dimanapun kamu berada. Disitus ini kamu bisa main Game Bola Online Piala Dunia dan juga banyak Game Online menarik lainya, Selain itu kamu juga bisa dapatkan banyak bonus main di situs ini. Yuk Sob Gabung dan Main CHAT KAMI DI SINI BOSKU
Nama :
Komentar :
     
riau24_tymsx_3833.jpg
Pelalawan, Riau24.com - Sejak berjalannya Program Percepatan Infrastruktur Desa (PPID) di kabupaten Pelalawan, demi mewujudkan Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera), program tersebut terus digalakkan oleh HM Harris di periode kedua menjabat bersama Wakilnya, Drs Zardewan.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru