riau24 93 Kades Diboyong ke Batu Malang Mengikuti Bimtek Pembentukan dan Tata Kelola Bumdes
Selasa, 24 Oktober 2017

Advertorial Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

93 Kades Diboyong ke Batu Malang Mengikuti Bimtek Pembentukan dan Tata Kelola Bumdes

0
93 Kades Diboyong ke Batu Malang Mengikuti Bimtek Pembentukan dan Tata Kelola Bumdes
93 Kades Diboyong ke Batu Malang Mengikuti Bimtek Pembentukan dan Tata Kelola Bumdes
Kuansing, Riau24.comSebanyak 93 desa dari enam kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Pembentukan dan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) yang diselenggarakan Balai Besar PMD Ditjen PMD Kemendagri pada di Batu Malang Jawa Timur, Selasa, 26 September 2017.

Dari 93 desa yang ikut, hanya 73 orang kepala desa yang hadir sisanya perangkat desa dan pendamping desa sebanyak 10 orang, yang berasal dari Kecamatan Kuantan Tengah, Kuantan Hilir, Singingi, Singingi Hilir, Kuantan Mudik dan Benai.

Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si sangat mendukung keikutsertaan para kepala desa mengikuti Bimtek ini, bahkan ikut hadir pada kegiatan tersebut.

"Saya mendukung kepala desa mengikuti bimtek ini, agar mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai BUMdes dari daerah lain yang telah lebih dulu memiliki BUMdes," paparnya.

Dirinya sangat berharap, program yang dibuat oleh desa lebih banyak pada program peningkatan pendapatan desa, pengembangan potensi desa, produk unggulan desa yang kesemuanya itu diwadahi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).


Dikatakannya, BUMdes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga lembaga ekonomi desa, serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa. Di Kuansing memiliki banyak potensi BUMdes yang bisa untuk dikembangkan, misalnya usaha budidaya atau penggemukan sapi, di bidang perkebunan dengan membangun kebun desa atau banyak potensi lainnya seperti membuat usaha air minum dalam kemasan.

"Karenanya ikutilah pelatihan ini sebaik-baiknya, agar ilmu yang didapat bisa diterapkan nantinya di Kabupaten Kuantan Singingi, " pesannya.

Sementara Ketua Forum Kepala Desa Ir. Emil Harda menjelaskan, potensi usaha yang di miliki desa desa di Kuansing adalah pembuatan air minum dalam kemasan. Alasannya karena Kuansing memiliki sumber air yang jernih yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk usaha tersebut. Hanya saja untuk membuat usaha itu membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Namun ini bisa disiasati dengan cara membuat kelompok yang terdiri dari gabungan beberapa desa kemudian membuat BUMdes bersama dan tentunya modalnya juga dibuat secara patungan bersama," terangnya.

Namun secara umum target di Kabupaten Kuansing tahun depan setiap desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Target kami pada rapat kerja Forum Kades Kabupaten Kuantan Singingi sebelumnya, di tahun 2018 mendatang setiap desa memiliki 1 usaha yang dikelola melalui BUMDes," ujarnya.

Kegiatan Bimtek ini selain belajar cara dan tata kelola pembuatan BUMdes, juga diadakan kunjungan lapangan ke beberapa desa yang telah sukses mendirikan BUMdes yaitu ke desa Agrowisata Batu, kunjungan lapangan ke BUMdes Pujon Kidul Malang, BUMdes Jenggolo Kepanjen Malang, dan sejumlah desa lainnya yang ada Provinsi Jawa Timur yang telah sukses mendirikan BUMdes dan kegiatan usahanya.   (***)




R24/zar


Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_hdpjm_3220.jpg
Kuansing, Riau24.com - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si membuka lomba mancing mania di Topian Muko Lobuah Bawah Jembatan Desa Seberang Pantai Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu, 22 Oktober 2017.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru