riau24 Berikan Kemudahan Untuk Masyarakat, DPMPTSP Terapkan Inovasi Sistem Pelayanan Perizinan Berbasis IT
Kamis, 19 Oktober 2017

Advertorial Diskominfo Pekanbaru

Berikan Kemudahan Untuk Masyarakat, DPMPTSP Terapkan Inovasi Sistem Pelayanan Perizinan Berbasis IT

0
Berikan Kemudahan Untuk Masyarakat, DPMPTSP Terapkan Inovasi Sistem Pelayanan Perizinan Berbasis IT
Berikan Kemudahan Untuk Masyarakat, DPMPTSP Terapkan Inovasi Sistem Pelayanan Perizinan Berbasis IT
Pekanbaru, Riau24.comDinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat kota Pekanbaru.
 
Salah satu inovasi yang kini telah diterapkan oleh DPMPTSP ini yaitu pelayanan perizinan berbasis IT atau yang disebut dengan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik.
 
Melalui sistem pelayanan berbasis IT ini, DPMPTSP Pekanbaru akan dapat melakukan pelayanan perizinan dan non perizinan yang memberi kemudahan kepada masyarakat.
 
Inovasi sistem berbasis IT itu kini diterapkan melalui aplikasi Simpel Mobile. Aplikasi ini akan mewujudkan efisiensi dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan, seperti efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan.
 
Melalui aplikasi ini pula, secara internal kedinasan dapat dirasakan efektifitas kinerja aparatur pelayanan, efesiensi kinerja aparatur pelayanan, dan diharapkan dapat lebih meningkatkan investasi di daerah. Sementara secara eksternal, bermanfaat untuk memudahkan pengguna layanan dalam melakukan pengurusan perizinan, serta transparansi pelayanan perizinan dan non perizinan.
 
Aplikasi Simpel Mobile di Pekanbaru ini merupakan adopsi dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Bandung dan Surabaya. Namun, dalam proses adopsi ini tidak seluruhnya diterapkan di Pekanbaru. Melainkan ada beberapa hal yang diubah oleh Tim Percepatan IT DPMPTSP.
 
"Adopsi itu sebetulnya, mencontoh yang ada. Kalau ide sendiri pasti ada, tetapi kita tetap mengadospsi yang ada. Artinya, seperti apa mereka, kita juga harus seperti itu, tapi tidak harus sama. Mungkin wilayah dia dengan kita berbeda, sistem kerja juga berbeda, masyarakatnya juga beda, pasti ada perbedaan. Yang pastinya bagaimana memudahkan pelayanan untuk masyarakat," ungkap Muhammad Jamil.
 
Jamil menerangkan, kemudahan yang dimaksud yaitu biaya maupun dari segi waktu yang dihabiskan masyarakat dalam mengurus perizinan.
 
"Bagaimana masyarakat itu mendapatkan izin usaha yang ada di Kota Pekanbaru. Misalnya bisanya lima hari, kita bikin tiga hari, biasanya tiga hari, kita bikin satu hari. Itukan perubahan. Jadi kita berinovasi bagaimana mempermudah masyarakat dan masyarakat tidak menyebut perizinan itu susah. Kalau memang bisa cepat mengapa harus lambat. Lalu juga biayanya transparan," terang Jamil.
 
Lebih lanjut Jamil menjelaskan, aplikasi Simpel Mobile sangat mudah diakses oleh masyarakat.
 
"Jadi mobile itu, kita bisa mengecek lewat HP atau android. Misalnya kita mau tau posisi izin kita, kemudian biayanya, sampai dimana prosesnya dan siapa yang memproses juga bisa kita ketahui siapa namanya. Jadi kalau masyarakat ingin melihat tentang DPMPTSP, lihat melalui android saja. Semua ada disana," jelas Jamil. (adv-dpmptsp)




R24/adv

Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_utsyv_3212.jpg
Inhil, Riau24.com - Setelah sepekan lebih akhirnya banjir yang melanda Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, perlahan surut, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan turun kelapangan untuk pastikan kampung pengungsi sudah layak ditempati kembali, Selasa 17 Oktober 2017 siang.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru