riau24 Ade Fahrel : Program CSR Akan Disingkronkan dan Sejalan Dengan Program Pemerintah
Selasa, 21 November 2017

Advertorial Pemkab Kuansing

Ade Fahrel : Program CSR Akan Disingkronkan dan Sejalan Dengan Program Pemerintah

0
Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Kuansing, Ade Fahrel Arif, ST
Ade Fahrel : Program CSR Akan Disingkronkan dan Sejalan Dengan Program Pemerintah
Riau24.com , Kuansing - Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, Bagian Perekonomian berdiri sendiri atau terpisah dari bagian Pembangunan. Ini sesuai dengan Perda Kabupaten Kuantan Singingi nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kuansing.
 
Jadi Bagian Perekonomian ini merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, yang berada di bawah Sekretariat Daerah bersama bagian lainnya. Sebelumnya Bagian Perekonomian ini tergabung dalam Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang), dengan Struktur sebagai berikut : a. Kepala Bagian Perekonomian (Ade Fahrel Arif, ST), b. Kasubag BUMD dan Perekonomian Rakyat (Iwan Wahyudi, S. Kom), c. Kasubbag Bagian Fasilitasi Bina Usaha Sumber Daya Alam (Asrizal, SE, M.Si), d. Kasubbag Distribusi dan Kerjasama Pengembangan Perekonomian Daerah (Raudhatuljannah, SE, MH).
 
Menurut Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Kuantan Singingi, Ade Fahrel Arif, ST kepada Riau24.Com diruangkerjanya menyebutkan, Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi), Bagian Perekonomian mempunyai tugas melaksanakan pengkoordinasian perumusan kebijakan Pemerintah Daerah.
 
Selain itu juga Perumusan dan Pelaksanaan kebijakan teknis, memfasilitasi, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan bidang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Perekonomian Rakyat, Fasilitasi Bina Usaha dan Sumber Daya Alam, Distribusi dan Kerjasama Pengembangan Perekonomian daerah." Ujarnya.
 
Ketika ditanyakan apa upaya Pemkab Kuansing dalam memajukan Perekonomian, menurutnya, Kabupaten Kuantan Singingi merupakan salah satu daerah yang giat melakukan penerapan ekonomi digital.
 
Perkembangan Era Digital yang pesat saat ini, tentu saja menggerakkan Pemerintah Kabupaten untuk membuat sebuah marketplace untuk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah di daerahnya dengan Domain Icon Plus (Internet Desa Pintar) yang tersebar disetiap desa," tambahnya.
 
Ditambahkannya, Sehingga dengan begitu diharapkan akan mampu mengembangkan usaha bagi Perkembangan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah di Kuansing. Ini juga ditunjang dengan upaya pemerintah dalam menggiatkan Sektor Pariwisata dan Home Industry UMKM.
 
" Promosi pariwisata juga dilakukan Pemerintah Daerah secara digital, baik melalui situs pemerintahan maupun Media Sosial (Medsos). Kemajuan sektor pariwisata dipercaya oleh Pemkab Kuansing, dapat membawa dampak yang baik bagi pengembangan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah," Paparnya.
 
Banyaknya Home Industri maupun UMKM di Kuansing, tentu saja menjadi perhatian Pemkab untuk terus melakukan pembinaan. " Pembinaan dilakukan melalui Instansi terkait seperti Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Pasar," Ujarnya.
 
Selain itu, juga diharapkan melalui perusahaan dengan program CSR, karena jumlah perusahaan di Kuansing mencapai lebih 45 perusahaan. Sebenarnya perusahaan sudah menyalurkan program CSR nya, akan tetapi selama ini belum tahu seperti apa program dan besarannya, sebutnya.
 
Kedepannya, katanya, Program CSR ini akan disingkronkan dan sejalan dengan Program Pemerintah. Idealnya, keberadaan perusahaan harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya. Hal itu terlihat dari perubahan kehidupan masyarakat.
 
" Saat ini kita dalam proses pengumpulan data dan monitoring CSR perusahaan, terutama yang bergerak di bidang Perkebunan dan HTI, yang selanjutnya akan disatukan persepsi dalam pembentukan Forum CSR dan Perda Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan perseroan (TJSL), yang akan kita sampaikan ke DPRD untuk disyahkan," Imbuhnya.
 
Jadi kedepannya, tidak hanya perusahaan perusahaan besar atau BUMN, akan tetapi juga pelaku usaha kecil seperti klinik dan sebagainya tetap akan dilibatkan. Tentunya pemerintah berharap penyaluran CSR perusahaan lebih terarah dan tepat sasaran," Ujarnya.
 
Sehingga, hal itu selaras dengan Visi Misi Kabupaten Kuantan Singingi Periode 2016 - 2021, yang ingin mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan.

Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_9rtpl_3339.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memberikan reward bagi atlit peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau Ke - IX (Sembilan) Tahun 2017 di Kabupaten Kampar yang berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 28 Oktober sampai 8 November 2017.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru