riau24 Hernalis : Inspektorat Akan Lakukan Pengawasan
Rabu, 13 Desember 2017

Bidang Pengawasan

Hernalis : Inspektorat Akan Lakukan Pengawasan

1
Kepala Inspektur Kuansing Hernalis, S. Sos saat mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan se Provinsi Riau
Hernalis : Inspektorat Akan Lakukan Pengawasan
Riau24.com - KUANSING - Dalam upaya pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) di lingkungan Pemkab Kuansing, Inspektorat melakukan pengawasan bukan hanya di  tingkat Kabupaten semata, akan tetapi akan sampai ke tingkat desa.
 
Dalam upaya pemberantasan KKN tersebut tentunya harus berdasarkan hasil Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Bila ada temuan dari LHP baik secara administrasi maupun keuangan tentu akan ditindak.
 
" Misalnya, salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengadakan rapat, maka harus ada absensi berapa pesertanya dan hasil notulen rapat. Jika tidak dilengkapi, bisa dikembalikan uangnya," ungkap Kepala Inspektur Kabupaten Kuantan Singingi, Hernalis, S. Sos ketika dihubungi Riau24.Com di ruang kerjanya, Kamis (16/11).
 
Ketika ditanya kendala apa saja yang dihadapi Inspektorat saat ini, menurut Hernalis, masih banyak, seperti tenaga auditor (pengawas) yang sangat kurang, seharusnya untuk tingkat Kabupaten sekitar 52 orang yang bersertifikat.
 
Sementara yang ada hanya 10 Orang yang bersertifikat, dan dua orang diantaranya pindah karena promosi jabatan, yakni Suparhan menjabat Eselon III di RSUD Kuansing, dan Iwan Susilo menjabat Eselon IV di Satuan Polisi Pamong Praja.
 
" Namun beberapa waktu lalu ada 4 orang Pegawai Inspektorat, yang telah mengikuti ujian Impasink Auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Riau, dan bila lulus tentu akan bertambah tenaga auditor Kuansing," paparnya.
 
Selain itu, anggaran yang dimiliki Inspektorat sangat kurang, sehingga sangat sulit melakukan pengawasan sampai ke tingkat desa, yang jumlahnya mencapai 229 Desa dan Kelurahan. "Selama ini dilakukan apabila turun ke Kecamatan, langsung melakukan pemantauan ke tingkat desa," sebutnya.
 
Hal ini tentu saja tidak sangat efektif karena hanya sambilan, dan jumlah desa cukup luas. Untuk itu, dirinya sangat berharap di Tahun 2018 anggaran Inspektorat bertambah, dan pengawasan ke tingkat desa dan Kelurahan bisa dilakukan dengan maksimal.
 
Selanjutnya ketika disinggung soal banyaknya dana yang diterima setiap desa, yang mencapai miliaran lebih dengan kegiatan pembangunannya sangat perlu sekali diawasi. Dijelaskannya, perlu peran aktif Tim Koordinasi Kecamatan, baik pendamping desa dan lokal, agar benar benar melakukan pengawasan.
 
Pengawasan itu dimulai dari perencanaan, RAB sampai pelaksanaan kegiatan. Kemudian katanya, jika ada kendala teknis di lapangan, yang dirasakan tidak bisa diselesaikan, maka harus melakukan koordinasi dengan instansi teknis.
 
" Jadi pihak desa jangan paksakan diri untuk membuat RAB sendiri," tuturnya.
 
Sebab, dalam suatu proyek pembangunan, biayanya harus tepat dan pas mulai dari rencana RAB dan lainnya, sesuai dengan aturan perundang undangan. "Misalnya pembangunan semenisasi jalan maupun pembangunan turap, maka setiap desa harus minta petunjuk teknis ke instansi terkait,  seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)," tambahnya.
 
Diharapkan kepada pelaksana proyek baik di tingkat Kabupaten sampai ke desa, harus benar benar bekerja sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku, dan jangan sampai terjerat kasus hukum dikemudian hari," Himbaunya. ***
 
Zar/adv

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Bolavita.org
Minggu, 19 November 2017 08:36 wib
Nikmati kemudahan bermain game online sabung ayam bersama kami di link : berikut kontak kami bosku: sabungayam. in dewasabungayam. com sabungayam. com Silahkan Add PIN BBM Kami D1A1E6DF (FULL) D8DB1C57 (FULL) BOLAVITA (NEW) WA : 081377055002 Line : cs_bolavita Email : cs@bolavita.com
Nama :
Komentar :
     
riau24_xnxqc_3405.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Indragiri Hilir kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi. Kali ini, HM. Wardan meraih Award dari Komisi Informasi (KI) dalam kategori Pelopor Keterbukaan Informasi Publik Pemerintahan Desa Tahun 2017.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru