riau24 Tarmis : Dambakan Pasar Desa, Keinginan Masyarakat Terwujud
Selasa, 12 Desember 2017

Advertorial Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi

Tarmis : Dambakan Pasar Desa, Keinginan Masyarakat Terwujud

0
Tarmis : Dambakan Pasar Desa, Keinginan Masyarakat Terwujud
Tarmis : Dambakan Pasar Desa, Keinginan Masyarakat Terwujud
Kuansing, Riau24.comKeinginan masyarakat Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi untuk memperoleh pasar desa ternyata harus menunggu selama tiga tahun.

Masyarakat Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir tidak pernah bosan untuk mengusulkannya dan bahkan telah dimulai sejak tahun 2014 lalu, yang diusulkan oleh pihak Kecamatan Singingi Hilir. 

Bahkan setiap kali dilaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan, usulan pembangunan pasar Desa Sungai Paku selalu menjadi prioritas.

Meskipun usaha yang dilakukan oleh masyarakat melalui pihak Pemerintahan Desa dan Kecamatan, tidak pernah berhenti dan bahkan selama kurun waktu tiga tahun.

"Masyarakat Desa Sungai Paku, selalu mengharapkan bantuan pembangunan pasar Desa yang diusulkan ke Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi melalui Musrenbang Kecamatan," ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi, H. Tarmis, S.Pd, MH didampingi Junaidi (staff) ketika dihubungi Riau24.Com diruang kerjanya, Rabu 22 November 2017.

Bahkan pihak Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (UKM), Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi, juga mengusulkan ke Kementerian Perdagangan. Dan setelah lebih tiga tahun dan memasuki tahun ke empat (2017), akhirnya dambaan masyarakat Desa Sungai Paku untuk memperoleh bangunan pasar Desa akhirnya terkabul.

"Dimana pada tahun anggaran 2017 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Kementrian Perdagangan Republik Indonesia memperoleh bantuan pembangunan pasar desa," paparnya.

Menurutnya, Pembangunan Pasar Desa Sungai Paku ini, berupa satu unit los dengan ukuran 21 meter x 14 meter dengan bentuk bangunan 24 petak, dengan Anggaran mencapai Rp. 329.120.000,-.

Dijelaskannya, Dibangunnya pasar Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir, berdasarkan potensi pasar Desa ini sangat besar karena didukung oleh banyaknya perusahaan yang beroperasi di sekitar wilayah tersebut.

"Bahkan pedagang dari luar daerah juga banyak yang datang, ini tentu saja menyebabkan potensi yang sangat besar bagi Pasar Desa Sungai Paku tersebut," Imbuhnya.

Ketika ditanyakan apa saja kewenangan pasar desa tersebut, katanya untuk Penghasilan Desa (PAD). Artinya desa yang melakukan pemungutan dan dipergunakan untuk desa, ini sesuai dengan Perda Kewenangan Pasar Desa Nomor 312 Tahun 2008.

"Seluruh pasar desa dikelola oleh desa, ini sesuai dengan Perda Kuansing nomor 7 Tahun 2009 tentang Sumber Pendapatan dan kekayaan desa," tuturnya.


Harapan kedepannya, sebaiknya pihak Pemerintahan Desa agar dapat menjaga asset yang telah dibangun oleh pemerintah, untuk dapat dipergunakan kepentingan bersama, karena ini merupakan asset desa.

Sementara pengerjaan pembangunan pasar Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir, dilaksanakan oleh CV. Muara Permai Pekanbaru, dengan masa kontrak (waktu pengerjaan) selama 100 hari kalender, yakni dari tanggal 6 September sampai dengan 14 Desember 2017.

"Alhamdulillah, pengerjaan pembangunan pasar Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir, telah memasuki PHO yang dilaksanakan, Selasa 21 November 2017 kemarin," tukasnya.   (***)






R24/zar


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_mmuc9_3424.jpg
Inhil, Riau24.com - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dapat lebih proaktif, dalam mencari sumber dana bagi pembangunan pasar terapung yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan, Minggu 10 Desember 2017.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru