riau24 Sagu Bestari Jadi Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Inhil
Senin, 19 November 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

Sagu Bestari Jadi Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Inhil

1
Sagu Bestari Jadi Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Inhil
Sagu Bestari Jadi Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Inhil
Inhil, Riau24.com - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, memiliki varietas unggul tanaman perkebunan, yakni Sagu Bersama Sejahterakan Rakyat Indragiri Hilir (Bestari) setelah diluncurkan secara resmi oleh Direktorat Perbenihan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, Sabtu 4 November 2017.


Peluncuran varietas Sagu Bestari sebagai varietas unggul tanaman perkebunan ini dilakukan dalam sebuah Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan yang digelar di Depok, Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil, Said Syarifuddin yang menghadiri acara pelepasan tersebut mengatakan, penelitian terhadap sagu tidak berduri atau yang dikenal masyarakat lokal dengan sebutan Sagu Bemban ini telah dilakukan sejak tahun 2015 sampai tahun 2017 ini oleh Balai Penelitian Tanaman Palma, Kementerian Pertanian.

“Penelitian ini dilakukan di 3 (tiga) titik berbeda, yaitu di Desa Iliran dan Desa Teluk Pantaian, Kecamatan Gaung Anak Serka serta Desa Belaras Kecamatan Mandah,” kata Said.

Sagu tidak berduri yang menjadi objek penelitian tersebut, dikatakannya, banyak tumbuh dan menyebar di sejumlah kawasan Kabupaten Inhil. Selain di 3 titik yang dijadikan lokasi penelitian, Sagu Bestari juga banyak tumbuh di 5 (Lima) Kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Pelangiran, Kateman, Pulau Burung, Teluk Belengkong dan Gaung.

Dengan luas areal perkebunan yang terhampar begitu luas di Kabupaten Inhil, Dia menilai, potensi pengembangan varietas Sagu Bestari akan mampu mencapai puncaknya beberapa waktu yang akan datang.

“Tinggal lagi bagaimana penerapan kontrol yang baik dan support penuh, khususnya dari pihak Pemerintah,” tukasnya.

Tumbuh dan berkembangnya Sagu Bestari, diyakini akan turut mampu memberikan kontribusi yang positif melalui nilai tambah ekonomis yang tercipta. “Hulu dan hilir pengembangan Sagu Bestari harus diperhatikan dan diupayakan,” katanya.

Dengan dilepasnya Sagu Bestari sebagai varietas baru tanaman perkebunan, maka Kabupaten Inhil memiliki 2 (Dua) varietas unggul yang dilegitimasi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian setelah Varietas Kelapa dalam pasang surut Sri Gemilang.

“Antara Sagu BESTARI dengan Sagu yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki beberapa tipikal yang sama, seperti sama – sama tumbuh dilahan gambut dan karakteristik batang dan daun yang serupa. Namun, ada perbedaan yang menonjol diantara keduanya, yakni dari sisi produktifitas per pohon dan tipe sagu Bestari yang tumbuh tanpa duri,” urainya.   (***)




R24/adv/diskominfo

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

NanaS128
Sabtu, 24 Maret 2018 14:45 wib
S128Agen.Com Join Sekarang Juga Dapatkan BONUS NEW MEMBER 10% BONUS SETIAP HARI 10% BONUS CASHBACK S/D 10% BONUS CASHBACK TANGKAS TERBESAR 10% BONUS REFERAL 7% Menang Berapapun Langsung Di BAYAR!! Support Semua Bank Indonesia Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami : BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128 Line id : agens1288 WhatsApp : 087789221725
Nama :
Komentar :
     
riau24_q3tus_3839.jpg
Riau24.com - MERANTI - Sebagai daerah pemekaran baru, Kabupaten Kepulauan Meranti terus menggesa pembangunan infrastruktur. Terutama infrastruktur jalan. Karena diyakini dengan dibukanya akses jalan dengan kualitas terbaik akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru