riau24 Indragiri Hulu Miliki Banyak Destinasi Wisata dan Kaya Akan Budaya
Rabu, 25 April 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu

Indragiri Hulu Miliki Banyak Destinasi Wisata dan Kaya Akan Budaya

2
Indragiri Hulu Miliki Banyak Destinasi Wisata dan Kaya Akan Budaya
Indragiri Hulu Miliki Banyak Destinasi Wisata dan Kaya Akan Budaya
Inhu, Riau24.comKabupaten Indragiri Hulu (Inhu) merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki sejarah yang luar biasa, oleh karenanya Indragiri Hulu dijuluki Negeri Bersejarah.

Selain memiliki banyak sejarah, di Kabupaten Inhu juga  banyak terdapat objek atau destinasi wisata alam yang tidak kalah elok dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Salah satunya masih terdapat peninggalan Kerajaan Indragiri dan beberapa danau yang berkaitan dengan kejayaan kerajaan melayu pada zaman dahulu, sehingga kabupaten ini banyak dijadikan tujuan wisata. Berikut ini ada beberapa Informasi Tempat Wisata di Kabupaten Indragiri Hulu Riau yang menarik dikunjungi.  





Bagi anda yang sedang mencari tempat liburan bersama sahabat, keluarga maupun bersama orang yang anda sayangi. Informasi dibawah ini dapat Anda jadikan referensi sebagai tempat tujuan Anda ketika hendak berwisata di Indragiri Hulu. 

Tempat Wisata di Indragiri Hulu Riau Menarik Dikunjungi

1. Danau Raja

Danau Raja adalah salah satu tempat wisata di Kota Rengat, Tempat ini dulu sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. Tidak jauh dari danau ini terdapat replika Istana Kerajaan Indragiri yang konon ceritanya Istana asli kerajaan tersebut telah berada di tengah sungai Indragiri.

Lokasi  Danau Raja ini berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Rengat, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota dan perlu untuk bermalam, di depan area tempat wisata ini juga terdapat sebuah hotel yang dapat di jadikan sebagai tempat bermalam bagi wisatawan dengan fasilitas yang memadai. 


2. Tugu 5 Januari

Tugu 5 januari dibangun untuk mengenang untuk mengenang peristiwa Rengat bersejarah, yang terjadi pada tanggal 5 Januari 1949 oleh agresi militer Belanda II. Peristiwa yang menewaskan lebih dari 2.600 jiwa dan di buang ke Sungai Indragiri yang salah satunya adalah orang tua kandung penyair terkenal Chairil Anwar yang kala itu menjabat sebagai Bupati Indragiri.

Setiap tahun pada tanggal 5 Januari di kota Rengat selalu digelar acara untuk mengenang kembali hari bersejarah bagi masyarakat kota Rengat tersebut Tugu ini berada di pinggir sungai Indragiri, tepatnya persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu, jalan A Yani Rengat. 

3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Batang Gansal. Taman Nasional seluas 143.143 hektar ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orang utan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung serta binatang langka lainnya.

Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang berada di antara pepohonan hutan yang rindang, hal tersebut banyak menarik wisatawan untuk berwisata di TNBT, saat anda berada ditempat ini anda dapat mendengar suara-suara khas binatang hutan tropis, serta udara yang masih segar dan alami. Di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga terdapat tempat tinggal bagi suku asli Talang Mamak. 

4. Situs Cagar Budaya Indragiri Hulu

Situs Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja-Raja Indragiri merupakan salah satu tempat wisata sejarah di kabupaten Indragiri Hulu tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, lokasi terletak sekitar 45 Km dari kota Rengat. 

Komplek ini merupakan salah satu dari sekian banyak Komplek Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Indragiri Hulu. Di Komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Indragiri beserta Keluarga dan Pengikutnya.

Komplek disekitar makam Raja-raja Indragiri di Desa Kotalama memang dikenal dahulunya sebagai pusat pemerintahan kerjaan Melayu tertua di Indragiri. Sebagai bukti, persis di depan Komplek Makam Raja – Raja Indragiri di Desa Kota Lama, terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Meduyan. 

Dilokasi ini juga masih terdapat benteng pertahanan kerajaan Indragiri yang kini ditumbuhi pohon bambu. Selain memiliki panorama yang indah, Danau ini juga menyimpan banyak sejarah. 

5. Danau Menduyan

Danau Menduyan Indragiri Hulu adalah tempat wisata alam yang menarik untuk anda kunjungi yang berada di Kota Lama, di sebelah Kompleks Makam Raja-Raka Indragiri, 17 Km dari Kota Rengat, ibukota Indragiri Hulu, atau 7 Km sebelum Pematang Reba. 

Kondisi Danau Menduyan yang sudah dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata, sehingga fasilitas disekitar danau kini sudah memadai. Danau Menduyan lokasinya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat.

Selain itu juga tempat menarik lainnya ada Tugu Julang, Mesjid Raya Pauh Peranap, Sungai Batang Gansal, Mesjid Raya Rengat.

Kemudian Kabupaten Inhu yang berada di pinggir atau punggung Bukit Barisan, maka Inhu juga terdapat banyak air terjun, antara lain:

Air Terjun Denalo di Batang Cenaku, Air Terjun Tangga Raja di Kecamatan Batang Cenaku, Air Terjun Tembulun Berasap adalah sebuah destinasi wisata alam yang sangat menarik dan masih terasa asri. Terletak di Area PT. Arvena, Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku.

Selanjutnya, Air Terjun Air Itam di Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Air Terjun Sultan Limbayang di Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Tualang di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Granit di Desa Talang Lakat, Kecamatan Batang Gansal yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh Air terjun tersebut terbentuk dari hasil penambangan batu granit dimana sebelumnya terdapat aliran sungai yang terputus akibat proses penambangan yang menyisakan lubang besar dan membentuk air terjun.

Air Terjun Papunauan di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Bukit Aseng di Desa Kelesa, Kecamatan Seberida.
Menurut info terakhir bahwa Air Terjun Aseng ini berganti nama menjadi Air Terjun Siambul.

Di Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, selain banyak terdapat air terjun juga terdapat 
peninggalan Megalithikum berupa Dolmen. Dolmen merupakan bangunan megalithik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi, sebagai pelinggih roh atau tempat sesaji pada saat upacara.

Selain itu juga terdapat goa misalnya Goa Anak Talang di Lubuk Kandis Desa Anak Talang.

Inhu Kaya Akan Budaya

Salah satu kekayaan seni budaya masyarakat Indragiri Hulu adalah Tari Rentak Bulian yang sangat kental dengan suasana dan unsur magis. Tarian Rentak Bulian merupakan tarian ritual untuk pengobatan, dimana kata Rentak Bulian diambil dari Kata Rentak dan Bulian. Rentak yang maksudnya merentak atau langkah atau menghentak, dan Bulian adalah sejenis rumah-rumahan atau pondok kecil untuk tempat ritual yang berguna sebagai tempat singgah mahluk bunian atau mahluk halus dalam bahasa daerah Indragiri Hulu.





Belum lama ini, Rentak Bulian tampil Jogyakarta untuk mengisi pentas seni budaya disana, Inhu merupakan salah satu Kabupaten yang mewakili Riau ke Jogyakarta.

Pada tanggal 8 sampai 10 Desember 2017 kemaren, tari Rentak Bulian tampil selama 3 hari berturut-turut di hotel Sri Indrayani, Pekanbaru untuk mengisi acara Pekan Rantau Melayu.

Selain itu, Inhu juga terkenal dengan kesenian tradisional yang mendunia, bahkan sudah pernah tampil dibeberapa Negara tetangga.

Kesenian tradisional asli Inhu tersebut diantaranya tari Lukah Gile, tarian yang mengandung mistis ini pernah tampil di Jepang, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Untuk saat ini, sudah banyak yang mengetahui destinasi wisata serta kekayaan budaya Inhu, mulai masyarakat lokal maupun mancanegara setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu, dibawah kepemimpinan Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE terus berinovasi dan berusaha secara maksimal dengan berbagai program untuk mempopulerkan semua destinasi wisata dan kekayaan budaya asli Inhu ditingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional.


Bolu Berendam Dan Rekor MURI


Selain destinasi pariwista, Kabupaten Inhu juga sudah mendunia dan dikenali seluruh pelosok Nusantara dengan beragam makanan atau kuliner tradisional.

Bahkan salah satu kuliner tradisional asli Inhu, khususnya Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat, yakni kue bolu Berendam masuk kedalam cacatan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) tahun 2017 dan hal ini tidak terlepas dari kegigihan Bupati Yopi dalam mempopuler kuliner tradisional yang memiliki ciri khas manis itu.

Penghargaan atas Rekor MURI tersebut diterima langsung oleh Bupati Yopi disaat pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Inhu di Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat beberapa waktu lalu, ketika itu 100 ribu butir kue bolu dimakan bersama masyarakat saat pembukaan MTQ tersebut.

Seperti yang disampaikan Bupati Yopi ketika menerima penghargaan rekor MURI itu, kue tradisional masyarakat melayu Indragiri Hulu, yakni bolu berendam ini baru pertama kalinya di Inhu masuk kedalam cacatan rekor MURI, bahkan di Indonesia.

"Hal ini tentunya bertujuan untuk melestarikan makanan khas Inhu yang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun," ucap Bupati Yopi.

Tidak sampai disana saja, bolu Berendam semakin populer setelah Bupati Inhu yang diwakilkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Inhu, H Khairizal, M.Si menerima penghargaan, karena bolu Berendam ternyata mampu meraih predikat juara pertama kategori makanan tradisional tervaforit pada Ajang Pesona Indonesia (API) tahun 2017.


Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kementerian Kepariwisataan Republik Indonesia, Sabtu 25 November 2017 lalu di Jakarta.     








(***)






R24/adv 


 
 

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

S128agen.net
Minggu, 15 April 2018 09:58 wib
The Best Agen Game Betting di Indonesia Dengan Bonus Terbanyak www agens128 org - SABUNG AYAM, - ADU BANTENG, - SPORTSBOOK, - CASINO, - BOLA TANGKAS, - TEMBAK IKAN, - TOGEL, - POKER LIVE, DLL. - BONUS REFERAL 5%+2% HOT - CASHBACK 5%-7% BAHKAN HINGGA 10% CHAT KAMI DI SINI BOSKU
NanaS128
Sabtu, 14 April 2018 12:51 wib
Nama :
Komentar :
     
riau24_zylzv_3626.jpg
Inhil, Riau24.com - Sebagai wadah untuk menyalurkan bakat siswa di bidang seni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pendidikan Inhil menggelar kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah Atas (SMA) Tingkat Kabupaten Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak tanggal 24 s/d 26 April.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru