riau24 DPKP Ciptakan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Selasa, 14 Agustus 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi

DPKP Ciptakan Kawasan Rumah Pangan Lestari

2
Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kuansing, Ir. Emmerson
DPKP Ciptakan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Kuansing, Riau24.com- Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kuantan Singingi, berupaya untuk melakukan terobosan dan inovasi inovasi baru dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan.
 
 
Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan membentuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yang bertujuan untuk menciptakan ketersediaan pangan dalam rumah tangga masyarakat.
 
 
Lahan pekarangan dapat dimanfaatkan dengan maksimal, sebagai sumber kebutuhan hidup sehari hari," Ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kuantan Singingi, Ir. Emmerson ketika dihubungi Riau24.com diruang kerjanya.
 
 
Menurutnya, Lahan Pekarangan dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, misalnya dapat ditanami dengan berbagai jenis tanaman Sayuran, Cabe, Tomat, Terong, Sawi Mentimun dan sebagainya.
 
 
"Jika lahan pekarangan sempit, bisa dengan menggunakan polibed, dan jika cukup luas tentu akan lebih banyak lagi yang dapat ditanami," Paparnya.
 
 
Untuk itu, maka DPKP Kuansing telah menjadikan Kawasan Kantor Pangan Lestari, dengan menanami berbagai jenis tanaman sayuran seperti Cabe, Sawi, Tomat, Terong. Disamping itu juga tersedia tanaman bunga, yang membawa keasrian dan keindahan di lingkungan kantor ini," Ujarnya.
 
 
"Kita juga memberikan contoh kepada seluruh Pegawai dilingkungan DPKP, untuk dapat menjaga kebersihan, penataan lingkungan," Tambahnya.
 
 

Bahkan pada Peringatan HUT Kabupaten Kuantan Singingi yang ke 18 Tahun 2017 lalu, dalam
Lomba Lingkungan Perkantoran "Kantor Sehat dan Hijau"  Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan memperoleh Peringkat Juara II" Imbuhnya.
 
 
Oleh karena itulah, dirinya mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan dengan sebaik-baiknya, karena sangat disayangkan lahan pekarangan tidak dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja terlantar," Ujarnya lagi.
 
 
Menghadapi hal, DPKP akan memberikan pembinaan, tentang tata cara pemanfaatan lahan pekarangan dan komunitas yang bersifat bahan pangan," Sebutnya.
 
 
Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang telah berjalan dan menjadi prioritas di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, yaitu menekan atau mencegah terjadinya inflasi, dan bila terjadi Inflasi bisa ditekan dengan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan," Katanya lagi.
 
 
"Kita khawatir nantinya bila terjadi bencana alam maupun situasi darurat seperti kelangkaan pangan, akibat jalan putus dan sulit mendapatkan bahan pangan sebagai kebutuhan pokok, maka perlu ketersediaan pangan," Tuturnya.
 
 
Meskipun saat ini ketersediaan pangan di Kuansing, khususnya untuk beras cukup tersedia diperkirakan lebih 100 ton, namun jangan sampai ketersediaan pangan tersebut tidak ada," Tukasnya. (***)



R24/Adv/Pemkab

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

S128agen.net
Sabtu, 02 Juni 2018 20:17 wib
NEW PROMO BONUS CASHBACK TERBESAR! CHAT KAMI DI SINI BOSKU HANYA DENGAN TOTAL KEKALAHAN DI ATAS Rp. 1.000.000,- SUDAH BISA MENDAPATKAN CASHBACK 10% AYO DAFTARKAN DIRI ANDA BERSAMA KAMI. DAN DAPATKAN BONUS - BONUS LAINNYA. HANYA DI WWW . S128AGEN . NET ONLINE TERPERCAYA. BBM : AGENS128 (SEMUA HURUF BESAR / PIN SUDAH DI CUSTOM). WHATSAPP : 0877-8922-1725
Nama :
Komentar :
     
riau24_4edfk_3808.jpg
Dumai, Riau24.com - Melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Dumai yang dilaksanakan pada Rabu, 25 Juli 2018 lalu Panitia khusus (Pansus) C DPRD Kota Dumai dengan keanggotaan, Ketua H. JOHANNES MP TETELEPTA S.H, M.M, Wakil Ketua H. HASRIZAL, EDISON, S.H Sekretaris, SUPRIANTO Anggota, EDI SEPEN, S.Pdi Anggota, SUPRIYANTO, S.Kep Anggota, YUSMAN Anggota, HASAN Anggota, BUSTAMI, S.Ag Anggota dan AHMAD ZAMRI Anggota.  
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru