riau24 Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Bengkalis Laksanakan Program Peningkatan Kualitas SDM Guru
Selasa, 14 Agustus 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Bengkalis

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Bengkalis Laksanakan Program Peningkatan Kualitas SDM Guru

9
M. Rasyid Dinas Pendidikan Bengkalis
Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Bengkalis Laksanakan Program Peningkatan Kualitas SDM Guru
Bengkalis, Riau24.comDalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui instansi terkait yakni, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis terus melaksanakan program-program yang berkaitan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) guru yang ada di Bengkalis.


Apalagi dalam meningkatkan mutu pendidikan, sekolah merupakan ujung tombak dan mempunyai peran yang sangat strategis. Seperti melalui bidang pengajaran, sekolah dapat membantu anak didik demi mengembangkan kemampuan intelektual dan keterampilan bekerja.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura melalui Kepala Bidang pembinaan ketenagaan M. Rasyid menyampaikan bahwa Disdik Kabupaten Bengkalis sudah melakukan kegiatan kegiatan yang tujuannya meningatkatkan mutu pendidikanm seperti pelatihan kurikulum 13 (K13) bagi guru Mapel yang ada di sekolah menengah.

"Kalau tidak ada salah saya, ada lima mata pelajaran yakni, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN dan IPS. Dengan sistem penyelenggaraan itu, itu dilakukan oleh Kementerian Pendidikan melalui Lembaga Penjaringan Pengangkatan Kepala Sekolah (LP2KS)," ungkap M. Rasyid.

Kualitas pendidikan adalah pelaksanaan pendidikan di suatu lembaga, sampai dimana lembaga pendidikan tersebut tercapai dengan suatu keberhasilan. Dalam hal ini bidang pendidikan harus mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan.

Pendidikan sangatlah penting bagi negara dan bangsa Indonesia, sebab dengan adanya pendidikan kita dapat mencerdaskan kehidupan bangsa yang dapat diartikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bilamana pendidikan tersebut memiliki sistem yang berkualitas dan relevan dalam pembangunan.

Oleh karena itu, kualitas pendidikan merupakan kebijakan dan program yang harus dilaksanakan secara optimal. Sekolah sangat berperan besar dalam pengembangan barbagai aspek dari anak-anak didik itu sendiri, apalagi dengan kondisi yang seperti sekarang ini yaitu untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia.

Dalam hal ini, tentunya, sekolah sebagai ujung tombak dan mempunyai peran yang sangat strategis. Seperti melalui bidang pengajaran, sekolah juga dapat membantu anak didik demi mengembangkan kemampuan intelektual dan keterampilan bekerja.

Diutarakan Rasyid lagi, dengan kegiatan tersebut, setiap kabupaten/kota yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan sudah ditunjuk sebagai sekolah Lukus atau dengan artikata sekolah inti.

"Jadi setiap penyelenggaraan itu, makanya sekolah-sekolah inti inilah yang menyelenggarakan kegiatan itu. Dan mereka akan mengambil peserta peserta dari setiap kecamatan lain yang sudah tertera dalam surat yang telah dikeluarkan oleh LP2KS ini,"ungkapnya lagi sambil menyebutkan bahwa untuk penyelenggaraan tersebut ditanggung oleh LP2KS.

Dari sisi kualitas dan sumber daya manuasia itu termasuk dalam rangka kompetensi peningkatan dalam proses ngajar mengajar serta harus mengetahui kurikulumnya. Disamping itu, terhadap guru Mapel itu bisa diselenggarakan oleh Dinas Provinsi maupun Dinas Pendidikan.

Selain itu, untuk ke depannya, Dinas Pendidikan Bengkalis tetap akan melakukan upaya dalam meningkatkan kopetensi para guru-guru ini.

"Guru ini jangan merasa puas dengan suatu persoalan. Guru inikan dinamis, kita bisa melihat dengan perkembangan zaman sekarang ini, dan mereka itu harus mengikuti semua itu. Tidak ada lagi tata guru itu sampai disitu saja,"ujar dia lagi.

 

 

Komisi IV DPRD Bengkalis
Disdik Harus Berikan Motivasi dan Inovasi untuk Pendidikan

 

Menanggapi hal tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis Irmi Syakip Arsalan menyampaikan, dalam menghadapi kondisi zaman yang serba canggih memang para guru baik itu SD dan SMP dituntut untuk mampu mengikuti dinamika perkembangan yang terjadi.

Artinya, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis juga harus memberikan pembinaan pelatihan kepada guru guru yang mengajar baik itu di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Ini berkaitan bahwa, kemampuan peserta didik itu semuanya tergantung kepada tenaga pengajar itu sendiri atau tenaga pendidik. Jadi artinya semangat untuk memberikan pembaharuan terhadap kurikulum ini harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan guru itu sendiri,"ungkap Irmi Syakip Arsalan anggota Komisi IV DPRD Bengkalis.

Lanjut Irmi Syakip, Disdik Bengkalis juga harus memberikan stimulus atau berupa dorongan, memberikan motivasi dan pembinaan pembinaan yang harus dilakukan secara sistem mebel dan berkelanjutan, kemudian guru itu sendiri juga harus dapat berinovasi, beradaptasi terhadap perkembangan yang terjadi saat ini.

Sehingga, ungkap Irmi Syakip para guru harus mempu dapat memberikan keilmuan kepada peserta didik (Siswa red,) sesuai dengan perkembangan zaman yang terjadi pada hari ini. Tetapi yang paling terpenting adalah, para guru agar tidak menggeser nilai nilai bagi siswa itu sendiri. 

"Artinya, ada hal hal yang harus diperbarui, ada hal hal yang harus di inovasi tetapi ada hal juga yang harus dipertahankan. Seperti identitas kedaerahan, ini harus tetap dipertahankan, tentunya ini melalui muatan muatan lokal,"ungkapnya dia lagi.

Memang untuk saat ini, ungkap Pilitisi muda ini lagi, kita berharap, OPD atau Dinas terkait untuk memberikan semacam konsep terkait pengembangan sumber daya manusia bagi semua guru-guru yang ada di Kabupaten Bengkalis ini.

Menyangkut program peningkatan kualitas sumber daya manusia guru SD dan SMP bahwa banya sekolah-sekolah unggulan. Dalam hal ini, kita berharap sekolah unggulan ini tentunya punya kualitas yang berbeda dengan sekolah sekolah yang biasa. Tentu dari sisi teknologi yang dimiliki, fasilitas tentu sangat berbeda dengan sekolah yang lain. Karena ini menyangkut sekolah unggulan.

"Tapi yang sangat penting adalah semangat untuk memberikan pembinaan pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas guru itu sangatlah penting dilakukan,"ujarnya lagi.

Selain itu, Anggota Komisi IV ini berharap kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis untuk memberikan materi materi pelatihan tersebut bukan hanya mengejar hal hal kegiatan seremoni saja. Tetapi tidak memperhitungkan Hot Put atau sasaran yang diinginkan dari pelatihan itu sendiri.

Dengan pelatihan yang diberikan kepada guru guru tersebut haruslah secara terukur setelah diberikan perhatian bahwa Hotput yang ingin didapatkan dari pelatihan itu. Sehingga keberhasilan dari sebuah pelatihan itu, dapat dilihat.

"Makanya kita butuh semacam konsep pelatihan yang bersipat sistemebel atau berkelanjutan. Tetapi setiap pelatihan yang dilakukan itu, kita minta harus dievaluasi sejauh mana keberhasilan dari pelatihan yang diberikan itu,"ungkapnya.

Disamping itu, berkaitan dengan guru yang berkualitas, para siswa juga tidak terlepas dari kemampuan guru, untuk memberikan dan mengarahkan murid atau siswanya.

"Terhadap guru guru yang berprestasi saya kira itu perlu diberikan apresiasi seperti reword. Kemudian terhadap siswa yang berprestasi saat ini pemerintah sudah memberikan perhatian seperti bantuan beasiswa. Saya kira itu penting untuk menambah motivasi kepada guru maupun siswa agar mereka makin bergairah untuk meningkatkan kualitas mereka,"tambahnya. 

 

 

Tokoh Masyarakat



Masuri SH: Disdik Harus Berikan Perhatian Khusus untuk Peningkatan Mutu Guru

 

Masuri SH, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (ARUN) Riau mengungkapkan dalam peningkatan program kualitas sumber daya manusia guru SD dan SMP selaku tokoh masyarakat Kabupaten Bengkalis tentunya dalam hal ini sangat berharap bahwasanya guru sebagai orangtua kedua bagi murid ini juga harus benar benar bisa mengayomi anak-anak itu sendiri.

Artinya, dalam hal tersebut karakter harus dibangun sedemikian rupa, sehingga anak-anak bisa nyaman di sekolah. Di samping itu, para guru juga harus bisa memberikan perlindungan bagi mereka di luar dari orang tuanya.

"Ini dia saya pikir menjadi program nyata, sesungguhnya guru adalah sebuah inspirasi, guru adalah sebuah sumber bagi ilmu, untuk anak-anak masa depan. Karena mereka ini generasi penerus bagi bangsa kita, karena itu Dinas Pendidikan harus memberikan perhatian khusus bagi guru untuk melaksanakan berbagai program untuk peningkatan mutu atau kualitas guru, " ungkap Masuri SH.

Selaku tokoh Masyarakat kabupaten Bengkalis, juga mengharapkan kepada para guru, agar untuk bisa menjadi sebuah sumber dari segala jati diri untuk anak-anak negeri. Sehingga hal-hal yang menyangkut dengan sifat negatif selama ini bisa terbatakan dengan benar benar mengayomi bagi anak-anak itu sendiri.

"Kalau anak-anak SD dan SMP ini tentunya masih labil, ini sangat perlu bimbingan dari para guru itu sendiri,"kata Masuri.

Di samping itu, lanjut Masuri SH, bahwa bagi guru-guru yang memiliki prestasi Dinas Pendidikan seharusnya mempunyai program tersendiri. Bagi guru-guru yang berprestasi dan bisa menunjukkan karakter yang baik dan bisa meningkatkan kualitas yang baik bagi murid dan siswanya ini juga harus mendapat semacam reward ataupun penghargaan.

"Penghargaan itu apakah dengan beasiswa untuk perkuliahan berikutnya, atau barangkali bisa meningkatkan progres jabatan dan sebagainya. Nah ini artinya juga menjadi pendorong bagi guru itu sendiri, sehingga dia bisa benar benar menjalankan tugas dan fungsinya dan itu baru namanya seorang pendidik yang berkualitas. Demi untuk meningkatkan muti di negeri ini untuk anak anak sekolah tersebut," tambah Masuri. (***)




R24/Adv/Pemkab

 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Asda
Minggu, 05 Agustus 2018 06:50 wib
You may lose a little here or win some there, but in all you should be heading up, in the long term. finmax
Aftab ali
Selasa, 31 Juli 2018 14:41 wib
It is imperative to try to avoid panicking, play your methodology and never get excessively energized. Oddsring
Sadasd
Sabtu, 28 Juli 2018 18:41 wib
You simply need to see your wagering exercises from an altogether unique point. Ideally, this football wagering aide will assist you with becoming a football lay wagering victor by giving you an essential comprehension of football lay wagering and lay wagering as a rule. sportnation
Aftab ali
Sabtu, 21 Juli 2018 15:50 wib
The club fundamentally have a standout amongst the most persuading mysteries for the potential players, yet it is an extraordinary one: cash. Nordicbet
Asda
Kamis, 19 Juli 2018 18:45 wib
Since your Pass Line wager covers the 6 (since 6 is presently the point), you likely don't need it secured again by your Place wager. 1xbet a
Asd
Sabtu, 23 Juni 2018 22:21 wib
That is why selling advertising campaigns marketing so that you could invaluable explore previous advertisment. Quite simply to jot down stronger set that fit this description. iqoption
NanaS128
Jumat, 22 Juni 2018 03:40 wib
ada yang penasaran dengan sabung ayam toraja
Nama :
Komentar :
     
riau24_4edfk_3808.jpg
Dumai, Riau24.com - Melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Dumai yang dilaksanakan pada Rabu, 25 Juli 2018 lalu Panitia khusus (Pansus) C DPRD Kota Dumai dengan keanggotaan, Ketua H. JOHANNES MP TETELEPTA S.H, M.M, Wakil Ketua H. HASRIZAL, EDISON, S.H Sekretaris, SUPRIANTO Anggota, EDI SEPEN, S.Pdi Anggota, SUPRIYANTO, S.Kep Anggota, YUSMAN Anggota, HASAN Anggota, BUSTAMI, S.Ag Anggota dan AHMAD ZAMRI Anggota.  
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru