riau24 Siluncuar Palopa Enau, Mengantar Kuansing Bertarung di Tingkat Nasional
Sabtu, 21 Juli 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi

Siluncuar Palopa Enau, Mengantar Kuansing Bertarung di Tingkat Nasional

1
Tim Olahraga Tradisional Kuansing siap berlaga di Pentas Nasional, dengan Manager sekaligus Pimpinan rombongan Kasi Olahraga Dikpora Surya Kurniawan, SH,...
Siluncuar Palopa Enau, Mengantar Kuansing Bertarung di Tingkat Nasional
Kuansing, Riau24.com- Kabupaten Kuantan Singingi terkenal dengan Tradisi Budaya Pacu Jalur. Dimana Pacu Jalur ini merupakan perlombaan mendayung di Sungai Batang Kuantan.
 
 
Dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari sebatang pohon (kayu) yang berukuran besar, dengan diameter dua sampai tiga depa orang dewasa. Sedangkan ukuran panjang perahu mencapai 25 meter hingga 40 meter, yang di kayuh antara 50 sampai 60 orang setiap perahunya. 
 
 
Namun Perahu ini dalam bahasa masyarakat setempat dinamakan Jalur, yang mana Pacu Jalur berawal pada abad ke-17 dan sampai dengan Tahun 2018, yang berarti telah mencapai usia ratusan Tahun.
 
 
Seiring dengan berkembangnya Budaya Pacu Jalur di Kuantan Singingi, maka Olahraga Tradisional Siluncuar Palopa Enau ini pun, ikut berkembang ditengah- tengah masyarakat Rantau Kuantan.
 
 
Ternyata, Olahraga ini sangat termotivasi oleh kegiatan Pacu Jalur, sebagai bukti kecintaan masyarakat terhadap Pacu Jalur.
Kegiatan Olahraga Tradisional Siluncuar ini dilakukan pada sore hari, setelah Ashar sampai menjelang masuknya Waktu Magrib, dan biasanya dipertandingkan setelah selesainya Event Budaya Pacu Jalur di bulan Agustus.
 
 
" Siluncuar Palopa Enau sesuai dengan namanya, merupakan sebuah perlombaan yang menggunakan Pelepah Enau sebagai alat permainan," Ungkap Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Dikpora Kuansing, Suherman Yusuf, S. Pd. MM melalui Kasi Olahraga, Surya Kurniawan, SH ketika dihubungi Riau24.Com diruangkerjanya.
 
 
Dijelaskannya, Pelepah enau ini dibentuk sedemikian rupa, sehingga menyerupai sebuah perahu, lengkap dengan nama dan warna yang menarik. 
 
 
" Jadi Olahraga ini berupa Perlombaan meluncurkan jalur kecil, yang terbuat dari Pelepah Daun Enau diatas tanah, dengan peserta yang tidak terbatas, sesuai dengan aturan atau kesepakatan yang dibuat oleh penyelenggara," Paparnya. 
 
 
Menurutnya, Olahraga Tradisional Siluncuar Palopa Enau ini, merupakan Olahraga Tradisional Asli Rantau Kuantan satu-satunya yang hanya ada di Provinsi Riau, yang tidak terdapat di Daerah Lain atau Provinsi Lain di Indonesia.
 
 
Terlepas dari segala hal yang berkaitan dalam sebuah perlombaan, Olahraga ini adalah sebagai produk budaya lokal yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, sehingga dapat menjadi warisan budaya untuk generasi selanjutnya," Tambahnya.
 
 
"Ditambahkannya, Beberapa waktu lalu, pada waktu Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru, Tim Olahraga Tradisional Kuansing, berhasil meraih juara I. Dengan demikian, maka berhak mewakili Provinsi Riau dalam kancah nasional, yang diselenggarakan di Propinsi Jambi yang diselenggarakan pada tanggal 6 sampai 9 Juli.


" Jadi dalam aturan perlombaan ini, adalah setiap orang meluncurkan Jalur-Jalur enau secara bergantian, dan pemenangnya adalah jalur yang paling jauh berhenti meluncur," Tuturnya. 
 
 

Dan setelah peserta meluncurkan jalur- jalur enau miliknya, peserta tersebut langsung berlari mengikuti jauh luncuran jalur enau tersebut, hal itu dilakukan agar mereka tahu jalur-jalur enau siapa yang meluncur paling jauh, dan menjadi pemenang disamping menjaga sportivitas bertanding," Tambahnya.
 
 
" Saat Pertandingan berlangsung, lomba jalur enau ini juga diiringi musik tradisional Rarak Godang yang merupakan ciri khas musik tradisional Kuansing," Tambahnya. 
 
 
Yang paling seru lagi, katanya, Pada saat selesai pembagian hadiah kepada pemenang, sebagai wujud kebersamaan dan kekompakan, seluruh peserta akan menari randai dalam penuh kegembiraan.
 

Sehingga dengan perlombaan tersebut, ini kesempatan langka dan perdana bagi Tim Olahraga Tradisional Kuansing, untuk membuktikan diri berprestasi di level nasional melalui olahraga tradisional," Ujarnya lagi.
 
 
Tim Olahraga Tradisional Kuansing yang berangkat sebanyak 17 orang, yang terdiri dari Manajer dan sekaligus pimpinan rombongan, Surya Kurniawan serta para atlet (pemusik).
 
 
"Kita akan berusaha memberikan yang terbaik, untuk Kuansing dan Riau, tentu kami butuh doa dan dukungan masyarakat Kuansing dan Riau juga," Harapnya.
 

Sedangkan alat musik yang dipergunakan terdiri dari Gondang, Celempong, Biola dan Gong, yang dimainkan oleh empat orang Pemusik dan satu orang penyanyi yaitu David," Sebutnya.
 
 
Sementara itu, Wakil Bupati Kuantan Singingi, H. Halim sangat men-Support Tim Olahraga Tradisonal Kuansing, mengikuti Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Di Jambi. Karena telah berhasil menjuarai Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Riau. 
 
 
Sehingga Kontingen Kuansing mewakili Provinsi Riau, pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Provinsi Jambi pada tanggal 06 sampai 09 Juli 2018," Tukasnya.
 
 
Inilah salah satu Syair Randai Kuansing...
 
Pelepah Bernama Pelepah Enau
Bau Sungguh Harum Mewangi
Inilah Penampilan dari Provinsi Riau
Siluncuar dari Kabupaten Kuantan Singingi. (***)



R24/Adv/Pemkab

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokervita
Sabtu, 07 Juli 2018 03:40 wib
Ayo Tunggu Apa Lagi... Segera Bergabung Bersama kami Dan rasakan Bonus nya INGIN BERMAIN JUDI ONLINE YANG BISA MENJADI JUTAWAN!!! HOT PROMO DARI P0KERV1TA untuk para member kami : * B0nus Referral 20% Seumur Hidup * Bonus Hariaan Hingga 3juta * Bonus Bulanan Hadiah Spesial untuk member yang bermain selama 1 bulan penuh * Bonus Turn0ver 0,5% Agen Poker Terpercaya
Nama :
Komentar :
     
riau24_u4ft6_3787.jpg
Inhil, Riau24.com -  Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Inhil Tahun 2018 Kloter 3 Embarkasi Batam di Pelabuhan Lasdap Jalan Jendral Sudirman Tembilahan, Jumat (20/7) pagi. 
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru
Copyright © 2012 - 2018. Riau24. All rights reserved.
    RSS Feed Facebook Twitter Instagram Google Plus