riau24 UMK Kuansing Ditetapkan, Diharapkan Bisa Nemberikan Penghasilan Layak
Selasa, 13 November 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi

UMK Kuansing Ditetapkan, Diharapkan Bisa Nemberikan Penghasilan Layak

1
Kabid Syarat Kerja Hubungan Idustrial dan Jamsostek Eri Jonang, SP, M.Si
UMK Kuansing Ditetapkan, Diharapkan Bisa Nemberikan Penghasilan Layak
Kuansing, Riau24.com- Seluruh Kabupaten/ Kota telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK), untuk Tahun 2019 mendatang. Bahwa UMK Kuantan Singingi pada Tahun 2019, telah ditetapkan yang besarannya jauh lebih tinggi dibandingkan UMK pada Tahun 2018 lalu.
 
Dimana UMK Kabupaten Kuantan Singingi pada Tahun 2018, hanya sekitar Rp. 2.597.988,90. -, sementara UMK untuk Tahun 2019 adalah sebesar Rp. 2.806.608,49 .-
 
Penyebab naik UMK tersebut, disebabkan Inflasi Nasional sebesar 2,8 persen tambah pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 5,15 persen.
 
" Ini sudah disepakati bersama Dewan Pengupahan Kabupaten yang terdiri dari unsur Pemerintah (DPMPTSP dan Naker, Kop UKM Pindag, Bagian Hukum Setda), BPS,  Perguruan Tinggi, Apindo dan Serikat Pekerja," Ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP), Drs. Linskar melalui Kabid Syarat Kerja Hubungan Idustrial dan Jamsostek
Eri Jonang, SP, M.Si ketika ditemui Riau24.Com diruangkerjanya.
 
Menurut Eri Jonang, Sesuai aturan, Upah Minimum untuk pekerja lajang dengan masa kerja di bawah satu tahun. Dalam upah yang dibayar perusahaan adalah berdasarkan Gaji yang dihitung dari Gaji pokok, Jabatan, Prestasi, Pendidikan dan Masa Kerja.
 
" Penetapan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan, dan untuk menentukan UMK Kuansing, berdasarkan Formula atau Rumus UMn sama dengan UMt+{umt x inflasi t +% delta PDB t}," Paparnya.
 
Dijelaskannya, Keputusan itu sesuai dengan formulasi perhitungan berdasarkan inflasi nasional sebesar 2,8 persen dan PDB sebesar 5,15 persen.
 
Sehingga akan diketahui lah berapa Upah Minimum yang akan ditetapkan.. Jadi, Katanya, UMK Kabupaten harus lebih tinggi dari UMP, dimana untuk UMP hanya sebesar Rp. 2.662.025,63. Sedangkan UMK Kuansing sebesar Rp. 2.806.608,49.-, atau lebih sekitar Rp. 144. 582 ,86 sen.
 
Namun dirinya berharap, penetapan UMK untuk tahun 2019, bisa memberikan penghasilan yang layak kepada masyarakat, sehingga nantinya mampu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
 
Ditambahkannya, setelah UMK Kabupaten Kuantan Singingi ini ditetapkan, maka segera dikirimkan ke Gubernur Riau untuk mendapatkan persetujuannya.
 
Setelah mendapatkan persetujuan dari Gubernur, nantinya akan dibuat Surat Edaran Bupati Kuantan Singingi, yang akan dikirimkan ke seluruh perusahaan dan usaha perdagangan (swasta) yang ada di Kuansing.
 
"Kita sangat berharap, Inilah yang akan menjadi pedoman mereka dalam membayar gaji karyawannya, karena ketetapan ini bukan berasal dari Dinas PMPTSP, akan tetapi bersama unsur Pemerintah, BPS,  PT, Apindo dan Serikat Pekerja," tukasnya.   (***)




R24/adv

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Dewisari
Senin, 12 November 2018 22:42 wib
ayo bergabung dengan bolavita dan menagkan i phone XS secara cuma2 tunggu apa lagi.... silahkan regis dan bermaian maka anda sudah mempunyai kesempatan mendapatkan i phone XS info lbh lanjut: WA: 6281377055002 BBM: BOLAVITA
Nama :
Komentar :
     
riau24_bcbdk_3837.jpg
Kuansing, Riau24.com - Seluruh Kabupaten/ Kota telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK), untuk Tahun 2019 mendatang. Bahwa UMK Kuantan Singingi pada Tahun 2019, telah ditetapkan yang besarannya jauh lebih tinggi dibandingkan UMK pada Tahun 2018 lalu.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru