riau24 Miliki 88 Kawasan Wisata, Inilah Seven Top Kawasan Wisata Kuansing
Senin, 10 Desember 2018

Advertorial Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir

Miliki 88 Kawasan Wisata, Inilah Seven Top Kawasan Wisata Kuansing

6
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. Indra Suwandi, ST. M.Si
Miliki 88 Kawasan Wisata, Inilah Seven Top Kawasan Wisata Kuansing
Kuansing, Riau24.com- Kabupaten Kuantan Singingi banyak memiliki potensi Obyek Wisata, baik Obyek Wisata Alam, Budaya dan Non benda bergerak (Sejarah), seperti Pacu Jalur, Perahu Baghanduang, Silat, Rumah Adat, Kuliner dan sebagainya.
 
" Khusus untuk Obyek Wisata Alam, Kuansing memiliki lebih dari 22 buah Air Terjun, ini hasil inventarisasi yang telah kita lakukan," Ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. Indra Suwandi, ST. M.Si ketika dihubungi Riau24.Com diruangkerjanya.
 
Menurutnya, Sektor Pariwisata dianggap penting. Ini mengacu pada Tingkat Nasional, bahwa Sektor Pariwisata menjadi Leading Sektor, sehingga menjadi sektor penting.  Dan Sesuai dengan Visi Misi Bupati - Wakil Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si dan H. Halim, bahwa Pengembangan Pariwisata itu harus berbasis kepada Pertanian dan Pariwisata.
 
Hal ini sesuai SK Bupati Nomor 257/11/2017 Tanggal 2 Februari, ditetapkan sebagai Kawasan Wisata Obyek Wisata, yang terdapat di 15 Kecamatan di Kuansing, yaitu:
1. Kuantan Tengah sebanyak 9 buah,
2. Kuantan Mudik sebanyak 11 buah,
3. Hulu Kuantan sebanyak 9 buah,
4. Gunung Toar sebanyak 7 buah,
5. Pucuk Rantau sebanyak 1 buah,
6. Singingi sebanyak 13 buah,
7. Singingi Hilir sebanyak 13 buah,
8. Sentajo Raya sebanyak 3 buah,
9. Benai sebanyak 2 buah,
10. Pangean sebanyak 3 buah,
11. Logas Tanah Darat (LTD) sebanyak 3 buah,
12. Kuantan Hilir sebanyak 3 buah,
13. Kuantan Hilir Seberang sebanyak 2 buah,
14. Inuman sebanyak 4 buah,
15. Cerenti sebanyak 3 buah.
 
Namun, Katanya, Saat ini telah ada 7 Potensi Wisata (Seven Top) akan dikembangkan dalam Skala Prioritas, yakni : 
1. Kawasan Wisata Pacu Jalur, yang terdiri dari Koto Heriteg, Hutan kota Pulau Bungin, dan Agro Wisata Seberang Teluk Kuantan,
2. Kawasan Wisata Danau Koto Kari Kuantan Tengah,
3. Kawasan Wisata Guruh Gemurai Kasang Kuantan Mudik,
4. Kawasan Wisata Batang Koban Hulu Kuantan,
5. Kawasan Wisata Rumah Adat Karak Kenegerian Teluk Kuantan,
6. Sumber Air Panas Sungai Pinang Hulu Kuantan,
7. Kawasan Wisata Laman Silat Koto Pangean Kecamatan Pangean.
 
" Untuk Seven Top, Kawasan Wisata yang menjadi Skala Prioritas dan akan dijadikan Top Tri ke Pusat, hanyalah Kawasan Pacu Jalur Teluk Kuantan, Kawasan Guruh Gemurai Kasang Kuantan Mudik, dan Kawasan Wisata Danau Koto Kari Kuantan Tengah," Paparnya.
 
Alasannya, karena telah memenuhi syarat untuk dikembangkan, yang tertuang dalam tiga A, yaitu :
 A = Aksesibilitas (Infrastruktur),
 A = Amenitas (Sarana Pendukung seperti Hotel dan Makanan),
 A = Atraktif (Permainan dan Nilai Obyek)," Tambahnya.
 
"Jadi dari 88 Obyek Wisata di Kuansing, maka ada 7 (Seven Top) yang telah menjadi Skala Prioritas, maka diusulkan untuk memperoleh anggaran Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten," Tuturnya.
 
Sementara tiga Obyek Wisata yang dijadikan Top Tri, diusulkan untuk memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat. Namun, saat ini masih terganjal DED yang direncanakan akan dilakukan pada Tahun 2019,  untuk Kawasan Wisata Guruh Gemurai Kasang Kuantan Mudik, Kawasan Wisata Danau Koto Kari Kuantan Tengah, dan Kawasan Wisata Air Panas Sungai Pinang, Imbuhnya.
 
"Jadi DED untuk ketiga Kawasan Wisata tersebut, baru diusulkan pada Tahun 2019 mendatang, karena sampai saat ini belum memilikinya," Ujarnya lagi.
 
Akan tetapi untuk merealisasikan hal tersebut, perlu ada MoU antara Pemkab Kuansing dengan Pemprov Riau (selaku pemilik lahan), tentang Penggunaan Lahan Kawasan. " Proses MoU tentang Pemanfaatan Kawasan Lahan Hutan Lindung," Tukasnya.

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Jenni Ho
Senin, 26 November 2018 14:49 wib
Main Nyaman dan menang terus di tarung ayam bangkok
Dewisari
Jumat, 23 November 2018 08:26 wib
bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan buktikan sendiri no Hoax... ^^ info lbh lanjut: WA: 6281377055002 BBM: BOLAVITA(NEW)
Dewisari
Minggu, 18 November 2018 00:34 wib
hanya di bolavita tinggal registrasi dan bermain saja anda sudah mempunyai kesempatan mendapatkan I phone XS aya tunggu apa lagi buktikan sendri info lebih lanjut: whatup : 6281377055002 BBM: BOLAVITA
Nama :
Komentar :
     
riau24_4gxz2_3850.jpg
Rohil, Riau24.com - Pemkab Rohil terus instens dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah-sekolah yang telah dibangun dan dibenahi oleh Pemkab Rohil di setiap per kecamatan yang ada di Rokan Hilir.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru