riau24 Program Pamsimas, Komitmen Sediakan Air Bersih Mulai Dirasakan
Senin, 10 Desember 2018

Advertorial Pemkab Kepulauan Meranti

Program Pamsimas, Komitmen Sediakan Air Bersih Mulai Dirasakan

5
Drs H Irwan MSi bersama Wabup, Drs H Said Hasym MSi dan pejabat lainnya meresmikan operasional Pamsimas Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu/adv
Program Pamsimas, Komitmen Sediakan Air Bersih Mulai Dirasakan
Riau24.com -  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat. Khususnya pelayanan untuk menyediakan air bersih.

Walaupun belum mampu menjangkau seluruh wilayah Kepulauan Meranti, namun setidaknya sebagian masyarakat sudah merasakannya. Pemerintah setempat juga tidak tinggal diam, tahun 2018 ini, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menjadi salah satu program yang diusulkan ke Pemerintah Pusat.

Kabid Perumahan dan Kawasan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU PRPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti, Syaiful Bahri mengatakan, tahun 2018 ini Kabupaten Kepulauan Meranti akan mengajukan 33 Desa yang akan menerima program Pamsimas. Program penyedia air bersih tersebut akan direalisasikan pada tahun 2019 mendatang.

Pengajuan program tersebut kata Syaiful Bakhri merupakan intruksi dari Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi. Program tersebut digesa untuk memudahkan masyarakat di perdesaan mengakses air bersih. Sebab, belum semua Desa di Meranti yang terjangkau pelayanan air bersih dari program tersebut.

"Saat ini jumlah desa yang memiliki Pamsimas di Meranti masih 13 desa. Karena itu, Pak Bupati minta agar jumlah Desa penerima Pamsimas bisa lebih banyak lagi pada tahun 2019 mendatang," sebut Syaiful Bakhri, Senin (12/11/2018).

Selain mengajukan program Pamsimas ke pemerintah pusat, pada tahun 2018 ini Pemkab Kepulauan Meranti juga membangun 2 unit Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Kedua SPAM tersebut dibangun di Desa Bungur, Kecamatan Rangsang Pesisir dengan kapasitas 2 liter per detik dan dan SPAM di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau dengan kapasitas 5 liter per detik.

"Tahun 2019 mendatang kedua SPAM tersebut ditargetkan beroperasi melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat sekitar," katanya.

Tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Kepulauan Meranti sebenarnya telah membangun SPAM di Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang dan di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur. SPAM Tanjung Samak yang diresmikan Bupati pada 2015 silam tersebut mampu memproduksi air bersih 30 liter per detik. Dengan produksi 30 liter per detik, SPAM tersebut mampu melayani 2.500 Sambungan Rumah (SR) di 5 Desa.

Sedangkan SPAM di Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur berkapasitas 5 liter per detik. SPAM yang dibangun pada 2016 lalu tersebut mampu melayani kebutuhan air bersih untuk 1.000 KK untuk 6 Desa di Tebingtinggi Timur.

Sementara itu, Kepala Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Rusli mengaku mengapresiasi kepedulian Pemkab Kepulauan Meranti dalam mencari solusi untuk memenuhi kebuntuan air bersih masyarakat di desanya melalui program Pamsimas. Program tersebut kata Rusli merupakan oase bagi warganya yang selama ini selalu kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau. Jika persediaan air hujan di tempayan mereka habis, mereka terpaksa mengonsumsi air gambut.

"Tahun ini kami juga mendapat bantuan Pamsimas, tahun 2019 mendatang kabarnya direalisasikan. Tak lama lagi kami bisa menikmati air bersih dengan mudah," ujarnya.(***)



R24/mad/adv






Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Dewisari
Kamis, 29 November 2018 08:58 wib
bosen kalah terus ayo coba di bolavita banyak permainan dan bonus yg menarik modal buktikan sendri modal 50 jadi jutawan info lebih lanjut: WA: +628122222995 BBM: BOLAVITA(NEW)
Jenni Ho
Senin, 26 November 2018 14:37 wib
Main Nyaman dan menang terus di tarung ayam bangkok
Dewisari
Jumat, 23 November 2018 08:25 wib
bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan buktikan sendiri no Hoax... ^^ info lbh lanjut: WA: 6281377055002 BBM: BOLAVITA(NEW)
Nama :
Komentar :
     
riau24_4gxz2_3850.jpg
Rohil, Riau24.com - Pemkab Rohil terus instens dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah-sekolah yang telah dibangun dan dibenahi oleh Pemkab Rohil di setiap per kecamatan yang ada di Rokan Hilir.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru