riau24 WAPRES RI MENYERAHKAN PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP 2016
Senin, 11 Desember 2017

Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Nasional

WAPRES RI MENYERAHKAN PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP 2016

0
WAPRES RI MENYERAHKAN PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP 2016
Siak, Riau24.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan penghargaan Kalpataru, Nirwasita Tantra, Adipura Paripurna, Buwana dan Kirana serta Adiwiyata Mandiri sebagai wujud apresiasi kepada para pejuang lingkungan, pimpinan daerah yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan di daerah, serta sekolah/guru peduli lingkungan.

Pemberian penghargaan ini dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Istana Siak Sri Indrapura Provinsi Riau.
 
Wapres Jusuf Kalla mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada seluruh pejuang lingkungan dan berharap penghargaan yang diraih dapat menginspirasi dan mendorong perbaikan kualitas lingkungan hidup oleh seluruh masyarakat serta bermanfaat bagi generasi mendatang. Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengingatkan agar kita terhindar dari “kutukan sumberdaya alam” dimana sebuah negara yang kaya akan sumberdaya alam justru mengalami bencana akibat pengelolaan lingkungan hidup yang tidak tepat. Lebih lanjut lagi Wakil Presiden RI mengatakan bahwa lingkungan hidup sudah berubah maka kehidupan juga berubah. Dulu memiliki gading gajah dan kulit harimau adalah kebanggaan, sekarang menjadi musuh dunia. Terkait dengan tema HLH 2016, Wapres Jusuf Kalla meyampaikan bahwa apabila tumbuhan dan satwa baik, lingkungan hidup akan baik maka kehidupan akan baik.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam laporannya kepada Wakil Presiden RI menyampaikan, sangat penting untuk kita menumbuhkan semangat juang dan inspirasi bagi seluruh pemangku kepentingan LHK. Untuk itu Pemerintah memberikan apresiasi kepada individu maupun kelompok masyarakat yang menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsihnya bagi upaya-upaya pemeliharaan fungsi lingkungan hidup dalam bentuk penghargaan Kalpataru. Penerima penghargaan Kalpataru kategori perintis lingkungan diberikan kepada Mbah Sadiman dari Dusun Dali Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah dan Dr. Gamal Albinsaid dari Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Diberikan juga penghargaan Kalpataru untuk kategori pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan dan pembina lingkungan.

 
Pemerintah juga mendorong daerah untuk merumuskan dan menerapkan kebijakan serta program kerja untuk senantiasa memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah melalui penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dengan pemberian penghargaan Nirwasita Tantra.
Peraih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2016 tingkat Provinsi berturut-turut peringkat 1 Provinsi Jawa Timur, peringkat 2 Provinsi Jawa Barat dan peringkat 3 provinsi Sumatera Barat. Peraih penghargaan Nirwasita Tantra tingkat Kabupaten: Kabupaten Buleleng, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bandung dan tingkat Kota: Kota Surabaya dan Balikpapan.

Selanjutnya diberikan penghargaan Adipura kepada kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura Buana merupakan suatu kategori penilaian Adipura untuk mewujudkan kota layak huni (livable city), Adipura Kirana diberikan kepada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui Trade, Tourism and Investment (TTI) berbasis pengelolaan lingkungan hidup (attractive city), serta Adipura Paripurna yang merupakan penghargaan kepada kota/kabupaten yang memberikan kinerja terbaik untuk kedua kategori Adipura tersebut yang diraih oleh Kota Surabaya.

Pemerintah juga memberikan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada kepala sekolah dan sekolah yang menumbuhkan pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Generasi muda yang menerapkan pola hidup ramah lingkungan akan membuat lingkungan hidup lebih baik bagi kini dan masa depan.
 
Pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 di Siak, Wapres Jusuf Kalla juga meresmikan Taman Nasional Zamrud sebagai taman nasional ke-52 di Indonesia yang memiliki luas 31.480 hektar, menandatangani sampul perangko Hari Lingkungan Hidup 2016, melepas (restocking) 60.000 benih ikan patin di Sungai Siak serta melakukan penanaman pohon di Istana Siak Sri Indrapura.

Selain itu dilakukan juga penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup antara Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir serta perwakilan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Agama. Penandatanganan MoU Lima Menteri tersebut  menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. 


                     
                                                   Wabup Alfedri menyambut kedatangan Wapres Jusuf Kalla

                     
                             Wakil Presiden RI Jusuf Kala menandatangani Prasasti Peresmian Taman Nasional Zamrud

                      
Wapres Jusuf Kala menyerahkan Piala Adipura Buwana kepada Bupati Siak Syamsuar pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan
                                                                         Hidup Sedunia tingkat Nasional


                   
               Wapres Jusuf Kala menabur 100 ribu ekor benih ikan Patin dan Baung secara serentak dengan nelayan ke Sungai Siak 

                    
                Peletakan Batu Pertama Tugu Peringatan Penyerahan Kedaulatan Kesultanan Siak kepada Pemerintah RI

                          
                   Bupati Siak Syamsuar menceritakan pembangunan Tugu dan pembangunan Water Front City Siak

                    
                                                Sambutan Bupati Siak pada malam anugerah Adipura

                     
             Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan Plakat Adipura kepada Bupati Siak pada malam anugerah Adipura

                          
                       Para pengurus Istana Foto bersama dengan Wapres Jusuf Kala dan Bupati Siak di dalam Istana

                   
                       Bupati Siak Syamsuar menanam pohon di halaman Asrama Haji yang disaksikan oleh Menteri LHK



                   
Menteri LHK Siti Nurbaya menandatangani prasasti Siak Kabupaten Hijau yang disaksikan oleh Jajaran Kementerian LHK
                                                                             dan Bupati Siak


                      
                      
        Bupati Siak dan Ketua DPRD bersama masyarakat dan pasukan kebersihan mengarak piala Adipura Buwana keliling kota
                                                                                      Siak Sri Indrapura

                            
Ketua DPRD Siak Indra Gunawan menyerahkan Hadiah kepada Juara I Kategori Umum lomba foto Pesona Taman Nasional Zamrud


                 
                                                              Bupati menunjuk foto Juara I kategori Umum


R24/dev/lin


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_b8acp_3373.jpg
Pekanbaru, Riau24.com - Sungguh mengharukan jika melihat kondisi pada saat dilaksanakannya pelantikan Kepala Desa (Kades) Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong. 
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru