riau24 139 Napi Diberikan Remisi, 2 Orang Langsung Bebas
Rabu, 26 September 2018

Galeri Foto : Wabup Jadi Inspektur Upacara HUT RI Di Lapas Selatpanjang

139 Napi Diberikan Remisi, 2 Orang Langsung Bebas

9
Pejabat dan perwira yang hadir saat apel HUT RI ke 73 dan penyerahan remisi di Rutan Selatpanjang melakukan foto bersama
139 Napi Diberikan Remisi, 2 Orang Langsung Bebas
Meranti, Riau24.comPADA tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, narapidana atau warga binaan yang sedang menjalani hukuman dan telah memenuhi syarat akan diberikan remisi atau pengurangan masa tahanan. Pemberian itu menjadi kebijakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Hukum dan Ham. 


Untuk kegiatan pemberian remisi di Rumah Tahanan (Rutan) kelas II Selatpanjang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bersama dengan pihak Rutan. Pemberian remisi dimulai dengan pelaksanaan apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 73 di halaman Rutan Selatpanjang pada Jum'at 17 Agustus 2018.

 

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim bertindak sebagai Inspektur Upacara didalam Rutan, sekaligus memberikan penghargaan kepada ASN dan Penyerahan SK Remisi kepada Warga Binaan (Narapidana).



Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kacab Rutan Selatpanjang Rio Chaidir, Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, Perwakilan Kanwil Depkum HAM Riau Darwanto, Kajari Meranti Budi Raharjo SH, Danramil Selatpanjang Mayor Bismi Tambunan, Kasubag Humas Polres Kepulauan Meranti, AKP Amir Husin, Danposal Kapten Laut Indra Gunawan, dan sejumlah Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Meranti.



Setelah pelaksanaan apel HUT RI, dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada ASN Dilingkungan Rutan Selatpanjang dan remisi oleh Said Hasyim. Setelah itu dilanjutkan dengan pelepasan balon keudara, dan dilanjutkan dengan peninjauan warga binaan.

Total warga binaan yang mendapatkan remisi yakni sebanyak 139 orang, dengan rincian remisi Umum atau masih menjalani pidana setelah diberikan remisi sebanyak 137 orang, dan remisi umum bebas langsung sebanyak 2 orang. Sementara napi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi sebanyak 62 orang.

 



Dalam pidato Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly yang dibacakan oleh Wakil Bupati, mengatakan momentum peringatan hari kemerdekaan hendaknya dapat menjadi jembatan untuk membangun negeri dan mensejahterakan rakyat. Untuk itu sebagai anak bangsa diminta terus bekerja keras mengisi kemerdekaan.

"Tidak terkecuali bagi warga binaan. Yang terbelenggu hanyalah fisik, karena warga binaan masih bisa berkarya dan bekerja.  Hal itu dibuktikan dengan banyaknya karya mulai dari membangun fasilitas umum di Lapas, menghasilkan berbagai kerajinan dan lainnya. Hal itu juga menjadi sebuah capaian perubahan yang baik dari Lapas yang harus direspon dengan baik," ungkap Wabup.

Apa yang dilakukan oleh Warga Binaan itu menurut Said Hasym harus diapresiasi sebagai motivasi dan agar tidak terjadi degradasi moral. Seperti pemberian remisi atau masa tahanan bagi Narapidana yang berkelakuan baik selama menjalani hukuman.

 "Semoga dapat menjadi stimulus bagi warga binaan untuk terus berkelakuan baik jika tidak tentu hak itu tidak akan diberikan," ajak Wabup kepada warga binaan.

Pada kesempatan itu juga dijelaskan sebuah terobosan yang dilaksanakan di Lembaga Permasyarakatan yakni Revitalisasi Permasyarakatan dengan pola pengamanan maksimum, medium dan minimum. Artinya kedepan hukuman yang dijalankan Narapidana tidak hanya tergantung dari penetapan masa tahanan tapi juga prilaku warga binaan.

 Dihadapan para petugas Lapas Kelas II Selatpanjang, Wakil Bupati juga mengingatkan untuk terus menjaga Integritas dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat merusak citra konstitusi. 


Usai memberikan remisi Wabup juga berharap agar remisi yang diberikan dapat menjadi motivasi bagi Narapidana untuk terus berbuat baik, menjadi insan taat hukum, beraklak dan berbudi luhur.





R24/hari

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Aprzippiex
Rabu, 12 September 2018 18:57 wib
Unimaginable articles yet staggering outline. Your blog entrance merits the bigger segment on the positive information it"s been getting. Best Double Stroller Baby Trend Expedition Baby Trend Double Jogging Stroller Baby Trend
MurphyEffert
Rabu, 12 September 2018 18:17 wib
Unimaginable articles yet staggering outline. Your blog entrance merits the bigger segment on the positive information it"s been getting. Nova Launcher Prime Nova Launcher Prime Apk WPS WPA Tester WiFi WPS WPA Tester Block Launcher Extreme La
Rabu, 12 September 2018 18:15 wib
Fine article, accurately the place I required. Exceptionally favorable include above I sincerely respect thankfulness because of the reality about allotment certain a great post. Psiphon Pro Apk
Rabu, 12 September 2018 18:15 wib
Stickman Dismount Perform top tooth stunts, crash into walls, damage bones, damage motors but hold the amusing! Do not attempt undertaking movements amongst actual lifestyles.
Nama :
Komentar :
     
riau24_jcwqs_3828.jpg
Pekanbaru, Riau24.com - Bagi Gusri Nengsih (34) usaha warung eceran merupakan usaha yang berprospek. Terbukti, sejak dirintis bersama sang suami  sekitar empat tahun silam, warung miliknya eksis dan berkembang.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru