Rabu, 03 September 2014
Cara Cerdas Menghidangkan Makanan
0
Cara Cerdas Menghidangkan Makanan
Membeli bahan makanan tidak sekadar memilah apa yang Anda butuhkan untuk dimasak. Pastikan bahan-bahan yang Anda pilih benar-benar aman dari kontaminasi bakteri. Bisa saja Anda melewatkan hal penting pada saat berbelanja makanan. Berikut hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli makanan seperti diulas dari Sheknows:

Periksa kemasan saat membeli

Pastikan Anda memiliki daftar belanja dan mengeceknya kembali. Anda pun harus tahu bahwa makanan yang dibeli aman untuk dikonsumsi. Pilih makanan laut yang didinginkan dengan cara tepat atau diberi es. Hindari membeli makanan kalengan yang kemasannya penyok atau segel telah rusak, karena udara dapat mencemari makanan. Untuk produk olahan susu, pastikan telah dipasteurisasi dengan benar, serta dalam keadaan dingin. Belilah susu sesuai dengan tanggal yang disarankan paling nikmat untuk dikonsumsi sampai dengan tanggal kedaluarsa. Perbanyak pengetahuan istilah bahan-bahan makanan yang tercantum pada kemasan. Baca label pada kemasan makanan dan hindari jenis makanan yang mencantumkan bahan kimia buatan, penggunaan pewarna, pengawet, pemutih pada produk tepung, lemak terhidrogenasi.

Pilih makanan secara bijak

Sebelum buah dan sayuran berada di tangan Anda, pastinya telah melewati jarak tempuh yang cukup jauh untuk sampai ke toko tempat Anda membeli. Semakin jauh daerah asal makanan didatangkan, kemungkinan terkontaminasi lebih besar. Sebaiknya belilah makanan sesuai musimnya dan tanyakan kepada penjual asal dari makanan tersebut. Hindari makanan yang terdapat cacat seperti bekas hantaman benda keras dan jangan beli yang telah terpotong kulitnya. Yang terpenting, jangan asal mencoba bahan contoh anggur, ceri, stroberi dan produk lainnya di toko. Biasanya, buah-buahan dan sayuran tersebut tidak dicuci.

Cuci buah dan sayuran dengan benar

Jika Anda mencuci tangan tidak hanya dengan air saja, mengapa tidak Anda terapkan juga untuk buah-buahan dan sayuran? Buah-buahan dan sayuran bisa saja terkontaminasi bakteri salmonella dan E coli saat dipegang. Selain itu ada pula yang menggunakan pupuk kimia, dan terkena kotoran langsung, sehingga buah atau sayur menjadi rusak dan busuk. Buanglah bagian buah atau sayur yang terkena sisa pestisida, misalnya untuk kol dan selada dengan cara melepas bagian terluarnya. Sementara untuk buah-buahan seperti apel dan pir, gosok kulit dengan benar dan gunakan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayuran. Waktu mencuci sebaiknya lebih dari 10 detik lalu bilas dengan bersih.

Ingat aturan keamanan makanan

Menurut sebuah lembaga keamanan makanan, Food Safety and Inspection Service (FSIS), ada empat dasar yang harus dilakukan ketika berada di dapur yaitu Bersih, Terpisah, Masak dan Dinginkan. Bersih yaitu dengan cara mencuci tangan, peralatan, dan talenan sebelum dan sesudah terkena daging mentah, unggas, makanan laut, dan telur. Terpisah yakni, memisahkan antara daging mentah dan unggas dari makanan yang belum dimasak. Masak yaitu, menggunakan suhu yang tepat dalam mengolah makanan. Jangan memperkirakan makanan aman dikonsumsi dengan cara memperkirakan suhu kematangannya. Dinginkan dalam artian mendinginkan makanan sisa dan makanan yang mudah dipanasi dalam rentang waktu dua jam dan menjaga suhu makanan tetap 4 derajat celcius atau kurang. Khususnya untuk makanan yang mudah rusak seperti daging, susu, buah, dan sayuran segar.

Jangan biarkan unggas membusuk

Daging ayam merupakan makanan yang gampang terkontaminasi bakteri salmonela dibandingkan telur ayam. Inilah mengapa Anda biasanya terkena keracunan makanan. Dengan penanganan yang baik serta dimasak dengan cara yang benar, maka bisa mengurangi risiko terkontaminasi bakteri tersebut. Pastikan selalu cuci tangan dengan benar setelah membersihkan ayam dan telur serta hindari memegang area mulut. Suhu yang tepat dalam memasak ayam minimal 75 derajat celcius, sama halnya ketika Anda memasak makanan yang mengandung telur.

Pilih seafood dengan aman

Anda tidak harus mencium seafood jika belum terlihat rusak. Jika ada bau tajam dan aroma busuk, segera kembalikan. Jika Anda makan di restoran, jangan ragu menanyakan dari mana seafood "segar" tersebut diperoleh dan kapan didatangkan. Jika Anda memesan makanan mentah seperti sushi, tanyakan apakah makan tersebut diletakkan dekat dengan makanan mentah lainnya yang dapat menyebabkan terkena kontaminasi silang.

Dinginkan

Suhu yang panas dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri. Jika Anda berencana untuk pesta BBQ jauh dari rumah, pastikan membawa pendingin dan kompres es atau es batu. Makanan yang mudah rusak tidak boleh dibiarkan selama dua jam. Jika suhu di atas 32 derajat celcius, maka waktu maksimal penyimpanan hanya satu jam.
Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_g4rxv_775.jpg
Insya allah pembangunan turap untuk madrasah suluk hidayatussalikin sedang dikerjakan. Dari yang diusulkan, yakni 10x40 Meter oleh DPRD Rohul, nyatanya hanya direalisasi 3x40 M.
riau24_rdgbt_768.jpg
Inhu Berduka. Seorang putra terbaik Kabupaten Inhu, AKBP Soesilowadi atau yang kerap disapa 'bang ilo' menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, Kamis (14/08/14) sekitar pukul 19.30 malam kemarin.
riau24_2vccs_774.jpg
Tak cuma Mr P, ukuran organ intim wanita juga memiliki ukuran tertentu yang antara satu wanita dengan wanita lain bisa bervariasi. Nah, benarkah ukuran Miss V ini bisa berubah akibat dari frekuensi bercinta?
riau24_cjvrs_770.jpg
Apakah anda pernah melakukan kesalahan, apakah anda sering melakukan kesalahan, apakah anda terobsesi tidak melakukan kesalahan, ataukah anda tidak pernah sama sekali melakukan kesalahan.
riau24_dbzle_752.jpg
Moment silaturahmi di Hari Lebaran identik dengan tradisi berkumpul dan menikmati aneka makanan khas. Tidak terkecuali untuk tahun ini, Hotel ibis Pekanbaru memberikan penawaran istimewa bagi Anda yang ingin meyantap menu lezat khas Lebaran, tanpa repot untuk segala persiapannya. 
riau24_knbb6_773.jpg
Kanker hati merupakan penyebab kematian terbesar kedua di Asia Pasifik. Muncul tanpa gejala pada stadium awal, penyakit ini kerapkali baru terdeteksi pada stadium lanjut saat kondisinya sudah tidak bisa diobati lagi.
riau24_uzzjg_762.jpg
Gak terasa yah, sudah tambah lagi setahun umur tanah air kita. Mari kita ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-69, semoga tambah dewasa, tambah berkiprah, pastinya ingin tambah jaya. Tapi kenapa yah masyarakatnya gak tambah sejahtera?
riau24_c8qqn_769.jpg
Melihat banyaknya komunitas Motor Gede (Moge), biasanya sering dikaitkan sebagai sekumpulan orang-orang kaya dengan tunggangan yang High Class. Maklum, dengan tunggangan yang gagah, umumnya orang mengatakan barang mewah seperti Moge bisa dikatakan sebagai barang 'mahal'.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com