riau24 Sejuknya Puncak Lawang, Dijamin Membuat Anda Betah Untuk Berlama-lama Disana
Selasa, 19 Desember 2017

Wisata

Sejuknya Puncak Lawang, Dijamin Membuat Anda Betah Untuk Berlama-lama Disana

0
Sejuknya Puncak Lawang, Dijamin Membuat Anda Betah Untuk Berlama-lama Disana
Sejuknya Puncak Lawang, Dijamin Membuat Anda Betah Untuk Berlama-lama Disana
Bukit Tinggi, Riau24.com - Danau Maninjau ini termasuk kategori danau vulkanik, lekukannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau  ( legenda penduduk),  terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai  dinding. 

Danau Maninjau memiliki aliran sungai bernama Batang Sri Antokan di sebelah barat laut danau. Sungai ini dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik dikenal sebagai PLTA Maninjau. Danau  Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok di wilayah propinsi Sumatera Barat.

Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau ini disebut; Puncak Lawang.
Berada pada ketinggian 1210 meter dari permukaan laut,  kita bisa dengan leluasa untuk menikmati keindahan panorama Tanah Maninjau. Biru nya air Danau Maninjau, hamparan sawah, dan merasakan nikmat nya angin yang berhembus sepoi basah dengan suhu di  18 – 20 º Celcius.  Dari sini kita juga dapat menyaksikan Samudera Hindia di sebelah Barat perbukitan Danau Maninjau.
 
Puncak Lawang dijadikan  lokasi  Olah Raga Paralayang. Event Internasional telah digelar disini dan katanya sudah jadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Agam dan termasuk area terbaik di wilayah Asia Tenggara.

Menuju lokasi  Puncak Lawang ini kita bisa  memilih salah satu dari empat rute yang ada. Pertama lewat Matur (dibaca;  Matua), jadi kalau kita dari Bukittinggi sampai di simpang tiga Matur kita berbelok kekanan. Masuk jalan ini kita melihat  perkebunan tebu masyarakat daerah Lawang sebagai  penghasil tebu dan gula tebu terbaik di Kabupaten Agam khususnya dan Sumatera Barat umumnya .

Rute kedua bisa ditempuh melewati Ambun Pagi,  lokasi nya sekitar 3 Km dari Matur tepat nya berada pada awal jalan "Kelok 44" atau dibibir perbukitan Danau Maninjau. Melalui jalur ini kita akan menjumpai objek wisata "Ambun Tanai" yang keindahan nya tak kalah menarik dari Puncak Lawang itu sendiri.  Ambun Tanai ini masih dalam kawasan Puncak Lawang. Ambun Tanai ini  salah-satu tempat wisata juga  di Kecamatan Matua tepatnya di Ambun Pagi Nagari  Matua Mudiak lebih kurang 30 Km dari Kota Bukittinggi. Kita akan melewati puncak perbukitan Danau Maninjau dan sangat dekat dengan bibir jurang di sebelah kiri nya. Untuk lebih menikmati panorama Ranah Danau Maninjau sebaik nya melewati jalur ini deh..pasti seru aja kerasa...
 
Rute  ketiga dan keempat dikenal sebagai  jalur alternatif saja, sebab kita hanya bisa melewatinya  dengan jalan kaki, rute ini sangat cocok buat yang suka olahraga hiking dan hobi petualangan. 
 
Rute  alternatif pertama kita melewati Pasar Bayur (baca; Pasa Bayua) sekitar 4 Km sebelah Utara Maninjau. Rute ini kita dapat menempuh perjalanan mencapai Puncak Lawang dengan waktu lebih kurang  1,5-2 jam. Jalan setapak mendaki diselingi  rimbun nya pepohonan.

Rute  alternatif kedua tak jauh beda suasana nya dengan jalur alternatif pertama, kita mulai berjalan dari Pasar Ahad (baca ;Pasa Akaik)  kira kira  8 Km sebelah utara Maninjau. Jalur ini  kita akan berjalan kaki  melewati hamparan persawahan, setelah jalan mulai mendaki kita memasuki  rindangnya pepohonan. Pemandangan yang bedapun akan kita nikmati dari jalur ini. Untuk  berjalan kaki  mencapai Puncak Lawang kita habiskan waktu sekitar 4-5 jam.  


R24/dev 
 

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru