riau24 Dengan Mengembangkan Potensi Wisata Pulau Jemur, Dapat Mengangkat PAD Rokan Hilir
Minggu, 17 Desember 2017

Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir

Dengan Mengembangkan Potensi Wisata Pulau Jemur, Dapat Mengangkat PAD Rokan Hilir

0
Dengan Mengembangkan Potensi Wisata Pulau Jemur, Dapat Mengangkat PAD Rokan Hilir
Dengan Mengembangkan Potensi Wisata Pulau Jemur, Dapat Mengangkat PAD Rokan Hilir

Rohil, Riau24.com – Kabupaten Rokan Hilir adalah sebuah kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia, dengan beribukota di Bagansiapiapi. Rokan Hilir dulunya dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia. Sebelumnya Rokan Hilir termasuk ke dalam Kabupaten Bengkalis.

Dengan letak geografisnya yang berdekatan dengan laut, membuat Rokan Hilir dikaruniai banyak tempat wisata yang menarik. Hal itu membuat Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) terus mengembangkan potensi wisata yang ada di Negeri berjuluk Seribu Kubah ini.

Salah satu programnya adalah dengan pengembangan berbagai objek wisata Pulau Jemur.

Keindahan Pulau Jemur sudah terkenal dikalangan wisatawan, namun hal itu tetap membuat Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno, berkomitmen untuk mengembangkan wisata di Rohil termasuk wisata di Pulau Jemur. Karena diharapkan, dengan dimaksimalkannya potensi wisata yang ada di Rohil dapat menjadi sumber potensi pendapatan asli daerah (PAD).

"Kita tahu Rokan Hilir memiliki potensi wisata yang sangat mumpuni. Banyak tempat wisata di Rohil yang bisa digali potensinya. Dengan kerja yang maksimal, potensi wisata dapat menjadi salah satu sumber ekonomi. Tentu hal ini akan mendorong ekonomi kreatif masyarakat, sehingga bukan hal yang tidak mungkin sektor wisata dapat sumber mengantungkan hidupnya dari pengembangan objek wisata di daerah," papar Suyatno.

Potensi Wisata Pulau Jemur

Pulau Jemur memiliki luas 250 ha dan terletak di Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau ini merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, gugusan sembilan pulau, di antaranya Pulau Jemur, Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan.

Ket. Foto : Keindahan Pulau Jemur

Pulau jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir Bagan Siapi-Api, dan 45 mil dari Negara tetangga Malaysia.

Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah. Selain itu pulau jemur itu amat kaya dengan hasil lautnya. Disamping itu, pulau jemur dihuni oleh Spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langkah ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

Ket. Foto : Wisata Penyu Hijau di Pulau Jemur

Banyak yang bisa dilihat di Pulau Jemur. Melewati jalur laut, ketika hendak sampai, gugusan pulau berjejer indah. Untuk merapat, dermaga apung sudah tersedia. Berwarna biru, sedikit berjalan. Kaki langsung menginjak pasir beberapa meter. Lalu menyusuri jalan semenisasi sedikit menanjak, bagian kiri dan kanan ditumbuhi semak dan tumbuhan besar.

Terus mendaki, dan terlihatlah gugusan pulau lain pada sisi kiri yang begitu indah, lalu mulai ditemui pohon yang cukup tua dan tinggi serta beberapa bangunan tua beserta Tower Instalasi Menara Suar Pulau Jemur DSI – 560 Distrik Navigasi Kelas I Dumai, disusul beberapa bangunan baru diantaranya Pos TNI AL Pulau Jemur, muhsolla sampai rumah.

Setelah melewati beberapa bangunan, juga ada jalan semenisasi menurun pada bagian belakang pulau (arah utara, red), kiri kanannya ditumbuhi kelapa, menyusuri anak tangga, lalu sampai lagi ke bibir pantai dengan kondisi pasir dengan pemandangan indah.

Pantai yang landai menjadi tempat yang asik untuk berwisata, dan tidak jauh dari tempat itu, terlihat beberapa gugusan pulau lain, dan salah satunya paling dekat, sebuah pulau yang disebut sebagai tempat berkembang biaknya penyu hijau, dan area ini menjadi area yang steril dan tidak boleh dikunjungi sembarangan.

Begitu indah, Pulau Jemur yang merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Aruah berdasarkan Studi Pengembangan Kepulauan Aruah yang pernah di buat Bappeda Rohil, gugusan pulau ini terdiri dari Pulau Batu Adang, Pulau Pertandangan, Pulau Jemur, Pulau Tukong Mas, Pulau Sarong Alang, Pulau Labuhan Bilik, Pulau Batu Belayar, Pulau Batu Mandi, Pulau Tukang Simbang dan Pulau Tukong.

Akan halnya Pulau Jemur, Suyatno mengungkapkan bahwa dirinya mempunyai obsesi untuk mengembangkan seni dan pariwisata dari segala aspek. Dirinya melihat peluang untuk memberikan sesuatu yang baru dengan membuka rute perjalanan wisata bahari dari Bagansiapiapi menuju Pulau Jemur.

Proyek pariwisata yang sedang dirancangnya adalah dengan melengkapi fasilitas para pengunjung di Pulau Jemur serta sarana transportasi menuju kesana yakni kapal Speed cepat.

"Saya juga membuka kesempatan bagi pelaku bisnis di bidang pariwisata untuk ikut bagian dalam proyek ini," katanya.

Dirinya mengungkapkan, tidak semua warga Rohil pernah menginjak pulau jemur. Padahal, pulau tersebut merupakan kebanggaan daerah. Dengan keindahan alam yang ada di Rohil namun belum

Begitu terekspose, selama ini pengunjung mengalami kesulitan dalam jarak tempuh yang disebabkan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung.

Menurut Bupati Rohil Suyatno dikarenakan kesulitan menempuh akses wisata tersebut, pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengambil kebijakan akan membeli kapal cepat kapasitas 100 orang penumpang. Kapal ini bisa digunakan untuk trayek dari Bagansiapiapi ke Pulau Jemur dengan jarak tempuh yang cepat. Sehingga hal ini bisa mendatangkan PAD terhadap daerah.

Ia mengatakan bahwa potensi wisata yang dapat menambah income daerah hendaknya dikemas dan ditata dengan baik mungkin, dan sudah saatnya mengangkat seluruh potensi wisata alam yang berada di Pulau Jemur tersebut.

Pemkab menurut Bupati juga sudah berkomitmen mengangkat potensi besar dimata nasional maupun internasional supaya bisa menambah penghasilan asli daerah , serta dapat mendatangkan wisatawan asing dari berbagai mancanegara.

 

 

R24/adi

 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru