riau24 Inspiratif, Traveler Ini Memotret dan Membagikan Foto Pada Kaum Kecil di India
Jumat, 15 Desember 2017

Wisata

Inspiratif, Traveler Ini Memotret dan Membagikan Foto Pada Kaum Kecil di India

0
Potret seorang gelandangan India yang kali pertama melihat fotonya
Inspiratif, Traveler Ini Memotret dan Membagikan Foto Pada Kaum Kecil di India
Kalkuta, Riau24.com - Traveling bisa jadi cara untuk berbagi kebaikan dan inspirasi. Di India, seorang traveler memotret dan memberikan foto pada kaum kecil yang tidak mampu.

Terlahir di Kalkuta, Bipasha Shom (47) merupakan seorang wanita India yang sukses sebagai editor film Hollywood yang cukup terkenal. Keberhasilannya pun tidak terlepas dari kerja keras dan kepindahannya ke New Jersey, AS, sejak umur dua tahun.

Namun walau sudah sukses di AS, Shom tidak melupakan tanah kelahirannya di India. Bersama dengan suaminya, Chris Manley, ia sering berkunjung ke Kalkuta untuk melihat dan mendokumentasikan kehidupan rakyat kecil di sana.

Melihat kehidupan rakyat kecil di Kalkuta yang sulit, Shom pun membuat sebuah inisiatif yang melibatkan kecintaannya akan fotografi, Shom pun menuangkan idenya lewat proyek bernama GivePhotos.

Lewat proyek tersebut, Shom memotret kaum kecil di Kalkuta yang tidak pernah merasakan kesenangan di foto. Tapi tidak hanya memotret, Shom mencetak hasil karyanya lewat foto instan dan memberikan hasilnya pada subjek yang ia foto. Hasilnya pun sungguh mengharukan.

Shom pun melakukan proyeknya tersebut saat berkunjung kembali ke Kalkuta pada Desember tahun lalu. Saat itu Shom menghabiskan waktu empat minggu untuk memotret dan membagikan foto pada rakyat kecil di Kalkuta dan Pesisir Puri.


Anak kecil yang bahagia setelah dipotret 

Walau terbiasa meotret dengan kamera Dslr, untuk proyeknya Shom mengaku menggunakan kamera instan seperti Polaroid. Pemilihan kamera tersebut dilakukan untuk kemudahan proses cetak sekaligus memberi makna yang lebih mendalam.

"Saya telah mengambil gambar dengan kamera Slr, lalu mencetak dan mengambalikannya pada komunitas. Prosesnya menjadi lebih mudah dengan kamera instan, momen ketika orang-orang melihat foto mereka yang diolah dari kertas polos film adalah tak ternilai," ujar Shom.

Salah satu yang pernah Shom potret adalah seorang gelandangan di depan Kuil Matahari Konark di Odisha, India. Ia mengaku baru kali pertama melihat fotonya sendiri setelah dipotret oleh Shom.


Swapna bersama anaknya 

Lalu ada juga seorang ibu muda bernama Swapna yang tinggal bersama anak perempuannya di Kalkuta. Ia tinggal di pondok beratap rumput tanpa listrik atau aliran air. Swapna yang tidak memiliki foto pernikahan pun diberi foto dirinya bersama anaknya, Neeladri. 

"Saya rasa penting bagi semua orang untuk memiliki catatan hidup. Bayangkan tidak adanya foto perkawinan, anak, atau keluarga Anda," ujar Shom.

Melihat foto dari sejumlah subyek yang dipotret Shom, tentunya sangat mengharukan. Bahwa hal sederhana seperti foto menjadi suatu kemewahan bagi rakyat kecil. Mungkin tidak hanya di India, namun juga di sejumlah tempat di dunia.

"Banyak dari mereka yang bertahan dengan uang satu dollar atau kurang, dan sebuah foto adalah barang yang mewah. Mereka tidak punya keinginan untuk membeli kamera, terlebih untuk mencetak foto," ujar Shom.

Lewat proyek GivePhotos yang diusung Shom, ia berusaha mencari uang untuk membeli kamera dan film untuk fotografer di India dan negara lain yang dirasa perlu. 

"Kami menyadari kalau memberikan foto tidak seperti membangun sekolah, rumah sakit atau memberi orang makan, tapi saya kira foto adalah sesuatu yang bermakna pada jiwa. Sulit untuk mengetahui apakah foto tersebut akan berdampak pada kehidupan orang-orang atau tidak, tapi saya rasa kami telah membawa sebagian kecil dari kebahagiaan," jelas Shom.



R24/dev

Bagikan :
Sumber:
detikcom
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru