riau24 Auroville, Kota Tanpa Agama dan Politik Pertama di Dunia, Traveler Yang Datang Bebas Ambil Baju Tanpa Bayar
Senin, 11 Desember 2017

Wisata

Auroville, Kota Tanpa Agama dan Politik Pertama di Dunia, Traveler Yang Datang Bebas Ambil Baju Tanpa Bayar

0
Auroville, Kota Tanpa Agama dan Politik Pertama di Dunia, Traveler Yang Datang Bebas Ambil Baju Tanpa Bayar
Auroville, Kota Tanpa Agama dan Politik Pertama di Dunia, Traveler Yang Datang Bebas Ambil Baju Tanpa Bayar
Jakarta, Riau24.com - Mungkin bayangan kita tentang sebuah kota tanpa agama dan politik di dunia hanya ada dalam negeri dongeng. Namun ternyata, di India ada Kota Auroville yang tidak memberlakukan agama hingga politik. 

Terletak di sisi Utara Kota Pondicherry di India, Kota Auroville disebut sebagai kota masa depan. Bila anda berkunjung ke tempat ini, dijamin tidak akan menemukan agama hingga politik. Tentu saja hal ini akan mendatangkan ketenangan batin bagi anda yang tidak ingin direpotkan untuk memikirkan hal-hal politik.

Diresmikan pada tahun 1968 di India, Auroville merupakan gagasan dari spiritualis bernama Mirra Alfassa yang berasal dari Prancis. Terinspirasi dari seorang pemikir spiritual India yang bernama Sri Aurobindo, Mirra membuat sebuah kota utopia yang sangat berbeda dengan kota pada umumnya.

Tentu ada alasan kenapa Auroville disebut sebagai kota masa depan. Siapa pun yang datang atau tinggal di Auroville tidak diperkenankan untuk merokok, minum-minuman keras atau membicarakan politik hingga agama, melainkan hanya menjunjung kemanusiaan dan cinta.

Kota yang dianggap sebagai utopia itu menarik cukup banyak orang saat pertama kali diresmikan. Pada 28 Februari 1968 saja, ada sekitar 5.000 orang dari 124 negara yang datang ke Auroville.

Secara sistem pemerintahan, Auroville disokong oleh sebuah yayasan yang menampung dan mengimplementasikan keinginan masyarakatnya. 

Sedangkan untuk perekonomian, Auroville menerima sokongan dana dari Pemerintah India hingga donor dari sejumlah LSM dan donasi dari para tamu. Yang perlu dicatat, tidak ada akta kepemilikan rumah atau bisnis di Auroville. Semua adalah milik yayasan. 

Sistem yang dianut pun sama seperti zaman dulu, yakni dengan sistem barter. Bagi yang butuh pakaian, bisa mampir ke toko Freestore untuk mengambil pakaian gratis sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu bayar! Asyik sekali bukan?

                        
                                              Toko pakaian gratis di Auroville

Pusat pemerintahan Auroville pun berpusat pada sebuah kubah raksasa yang dikenal sebagai Matrimandir atau Kuil Ibu yang berwarna emas. Secara fisik, kubah itu tampak seperti bulatan berwarna emas yang sangat megah.

Traveler yang masuk ke dalam kubah emas pun diharuskan untuk tenang. Anda pun tidak diperbolehkan untuk membawa kamera atau membuat kegaduhan. Intinya harus tenang.

Siapa pun diperkenankan untuk datang ke Auroville. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan membooking dan mendaftar secara langsung di Visitor Centre Auroville untuk yang kali pertama. Bagi yang sudah pernah datang, bisa mendaftar via email. 


                      
                                                          Visitor Centre Auroville




R24/dev

Bagikan :
Sumber:
detikcom
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_mmuc9_3424.jpg
Inhil, Riau24.com - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dapat lebih proaktif, dalam mencari sumber dana bagi pembangunan pasar terapung yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan, Minggu 10 Desember 2017.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru