riau24 Berikut Daftar Mahar Para Gadis Indonesia
Minggu, 17 Desember 2017

Budaya

Berikut Daftar Mahar Para Gadis Indonesia

0
Berikut Daftar Mahar Para Gadis Indonesia
Berikut Daftar Mahar Para Gadis Indonesia
Jakarta, Riau24.com - Pernikahan adalah sesuatu yang sakral, dalam Agama Islam bagi Pemuda yang telah sanggup untuk menafkahi Lahir dan Bathin maka sangat di anjurkan untuk segera menikah, dengan tujuan menjaga pandangan.
 
Dalam tradisi yang ada di Indonesia terdapat berbagai macam bentuk adat dan tata cara pernikahan mulai dari mengenal sang calon pujaan hati sampai kepada mahar yang harus dipersiapkan untuk menikahi wanita tersebut.
 
1. Gadis Aceh

Kalau kamu jatuh cinta dengan gadis Aceh, mahar kepada gadis Aceh dihitung berdasarkan hitungan Mayam emas.
Mayam itu satuan emas yang digunakan oleh masyarakat aceh dimana satu mayam setara dengan 3, 33 gram. Kalau sekarang harga emas Rp 510.500, maka satu mayam emas hari ini di Aceh adalah Rp. 1.700.000. dan tentu belum termasuk ongkos pembuatannya sekitar Rp. 50 ribu.
 
Nah, gadis aceh maharnya kisaran 3-30 mayam. Tapi itu juga tergantung latar belakangnya, semakin tinggi latar belakangnya maka bisa lebih dari itu. 
 
Cincin tunangan (2 mayam) : Rp. 3.400.000
Seserahan saat tunangan : Rp. 1.200.000
Mahar Nikah ( 16 mayam) : Rp. 27.200.000
Seserahan saat resepsi (di hitung dengan isi talam sesuai dengan jumlah Mayam, walaupun tidak wajib) : Rp 6.000.000
Uang hangus : Rp. 6.000.000
Isi Kamar : Rp 10.000.000
Biaya resepsi : Rp. 30.000.000
Total keseluruhan : Rp 83.800.000 di bulatkan menjadi Rp 84.000.000.
 
 
2. Gadis Bugis
Gadis bugis nan cantik jelita ternyata dibutuhkan mahar yang cukup tinggi untuk meminangnya. Masyarakat bugis itu mematok mahar berdasarkan ketinggian derajat dan pendidikannya. Jadi gadis lulusan SMA akan beda harganya dengan gadis lulusan S1, apalagi S2 dan S3. 
 
Sebagai gambaran, seorang gadis yang telah menyelasaikan pendidikan S1, patokan maharnya seharga lebih dari Rp 50 juta. Trus kalau S2 bisa sampai Rp. 75 juta. Dan untuk S3 bisa sampai Rp. 100 juta
 
 
3. Gadis Batak
Kalau di adat batak, ada yang namanya sinamot sebagai harga mati buat kelangsungan sebuah pernikahan.
Berapa besarnnya ? Rata-rata diatas 50 juta lah. Semahal itukah? Karena mahal, inilah yang menjadi salah satu alasan seorang boru ni raja (read : perempuan batak) menikah diumur yang bisa dibilang diatas matang. Itu belum termasuk biaya pernikahan dan lain-lainnya.
 
 
4. Gadis Banjar
Nah kalau kamu suka gadis Banjar, kamu harus tahu bahwa dalam lingkungan masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah, sejak lama telah mengakar secara turun temurun budaya jujuran. Jujuran adalah sejumlah uang dalam besaran tertentu (dengan nilai yang telah disepakati) yang wajib diserahkan oleh calon / keluarga calon mempelai laki-laki kepada keluarga calon mempelai perempuan yang dipergunakan untuk mengadakan walimah/syukuran acara pernikahan.
 
Jumlahnya mulai 5 juta sampai-20 Juta bahkan bisa lebih, itu belum termasuk biaya-biaya lainnya seperti biaya tempat tidur dan biaya pesta pernikahan. Semakin banyak undangan maka semakin banyak pula biaya yang harus disiapkan.
 
 
5. Gadis Nias
Adat di Nias, ketika dua muda mudi hendak menikah, maka pihak cowok harus memberikan mahar berupa 100 ekor babi dewasa. Setara berapa duit tuh? Tetapi kalau si cowoknya tidaksanggup maka dia bisa mengabdi kepada mertuanya sampai nilai maharnya dianggap lunas.   (***)





R24/dev


Bagikan :
Sumber:
viva
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru