riau24 Menikmati Air Terjun Tersembunyi di Kuansing
Sabtu, 20 Oktober 2018

Wisata

Menikmati Air Terjun Tersembunyi di Kuansing

2
Menikmati Air Terjun Tersembunyi di Kuansing
Menikmati Air Terjun Tersembunyi di Kuansing
Kuansing, Riau24.com – Kabupaten Kuantan Singingi dikenal dengan kota Pacu Jalur dan banyak memiliki potensi wisata, yang tentu saja hadir dengan sejuta kejutan.

Bahkan bagi yang memiliki jiwa petualang 
maupun yang sudah pernah berkunjung ke Kuansing tentu ingin kembali menikmati keindahan alam kabupaten di Provinsi Riau ini.

Itulah yang saya rasakan beberapa waktu lalu.

Padahal belum genap satu bulan yang lalu saya mengunjunginya, akan tetapi saya selalu ingin kembali untuk menikmati keindahan alam di Kota Jalur ini.

Ada beberapa obyek wisata 
yang baru dibuka beberapa tahun belakangan ini oleh masyarakat setempat, yaitu Air Terjun Batang Ogan atau Ngarai Tang Ogan Desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

Air Terjun Batang Ogan (Tangogan) terletak diantara ngarai atau bebatuan tinggi. Nah, untuk menuju ke air terjun Tangogan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Teluk Kuantan (ibukota Kuansing).

Air terjun ini memang baru dibuka untuk umum. Menurut masyarakat setempat, sebenarnya sudah sejak lama air terjun ini ditemukan. Hanya saja karena alasan keselamatan, akses yang sulit membuat air terjun ini sangat sulit untuk ditempuh. Baru sekitar awal tahun 2016, air terjun tersebut mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Menurut masyarakat setempat, dulunya akses ke air terjun tersebut sangat sulit dibandingkan saat ini. Namun menurut saya sendiri, sekarang ini pun masih tergolong sulit.

Karena beberapa waktu yang lalu, 
saya mencoba menaklukkan alam untuk bisa berkunjung ke air terjun tersebut.

Berangkat sekitar pukul 10.00 WIB pagi dan bisa mencapai air terjun sekitar satu jam kemudian.
Untuk menemukan air terjun ini tidaklah sulit, 
di daerah Lubuk Ambacang kita akan melihat kantor camat Hulu Kuantan. Tak jauh setelah kantor camat, kita akan menemukan jalan tanah. Dan dari jalan itu kita harus membelok ke kiri. Nah, sisanalah jalan masuknya. Ada spanduk yang menandakan ke arah menuju air terjun.

                         

Udara pagi saat itu masih terasa sangat sejuk. Apalagi sehari sebelumnya, daerah tersebut diguyur hujan. Tapi tentu saja, genangan air membuat jalur yang saya jalani menjadi sedikit licin.
Sekitar 300 meter jalan tanah tersebut harus kita tempuh. Disinilah kita 
harus memarkirkan kendaraan, karena kita tidak bisa menggunakan air terjun untuk menuju air terjun tersebut. Kemudian perjalanan kita lanjutkan dengan berjalan kaki, serta memasuki kebun karet milik warga sekitar. Dan yang terakhir, kita harus menyeberangi sungai kecil yang airnya sangat sejuk dan bersih.

Sesampainya di air terjun itu, kita akan disuguhi pemandangan kolam renang alami yang airnya langsung dari air terjun tersebut. Ngarai yang tinggi mengelilingi air terjun tersebut.  

Namun yang dikeluhkan warga saat akan berkunjung ke Air Terjun Batang Ogan adalah besarnya tarif parkir liar bagi pengunjung. Setiap kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Lain lagi untuk uang masuk ke tempat wisata tersebut. Setiap orang dikenakan Rp. 5.000 per orang, bayar uang masuk lokasi Rp. 5.000, dan bayar uang sewa lahan dikenakan tarif Rp. 2.000 per orang.

Kabid Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kuansing Munafri, ST saat ditemui menyebutkan karena lokasi air terjun tersebut masih milik masyarakat setempat dan belum menjadi akses milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing.

"Sekarang ini kan masih dikelola warga dan belum di kelola pemkab. Sehingga kami tidak berhak menentukan tarif parkir dan sebagainya," paparnya.  (***)




R24/zar
 
 
 

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokervita
Minggu, 27 Mei 2018 03:07 wib
Mari Bergabung bersama kami di P0KERV1TA Mengapa anda harus memilih kami.? Kami adalah Agen P`0`K`E`R` Terpercaya P0KERV1TA ~ Deposit ringan , hanya Rp 10.000 ~ Menggunakan Bank Lokal ( BCA , Mandiri , DANAMON , BNI & BRI ) ~ Bonus yang menarik ~ 100% Terpercaya ~ Bonus Cashback Setiap Hari Contact Us Person : ? LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com ? WA: 082312256064 ? BBM : D88B0154 TERIMA KASIH
Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 11:37 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Nama :
Komentar :
     
riau24_tymsx_3833.jpg
Pelalawan, Riau24.com - Sejak berjalannya Program Percepatan Infrastruktur Desa (PPID) di kabupaten Pelalawan, demi mewujudkan Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera), program tersebut terus digalakkan oleh HM Harris di periode kedua menjabat bersama Wakilnya, Drs Zardewan.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru