riau24 Mau Anak Tak Rewel Ketika Tumbuh Gigi, Berikut Tipsnya
Minggu, 04 Desember 2016

Nasional

Mau Anak Tak Rewel Ketika Tumbuh Gigi, Berikut Tipsnya

0
Mau Anak Tak Rewel Ketika Tumbuh Gigi, Berikut Tipsnya
Mau Anak Tak Rewel Ketika Tumbuh Gigi, Berikut Tipsnya
Riau24.com-Setiap anak pasti melewati dimana setiap benda yang dijangkaunya akan dimasukkan ke dalam mulut untuk digigitnya. Ini merupakan Tanda tak lama lagi gigi anak anda akan tumbuh.

Tumbuhnya gigi bagi si anak sering kali membuat kedua orangtuanya pusing, karena tak jarang dari si anak yang rewel. drg Suzanty Ariani, SpKGA dari RS Pondok Indah mengatakan ketidaknyamanan memang bisa dirasakan anak saat tumbuh gigi. Sebut saja karena gusi bengkak atau ketika gigi akan menembus gusi, gusi pecah dan akan terasa tidak mengenakkan. 

Namun sekarang, ibu dan ayah tak perlu khawatir lagi, karena beberapa tips berikut ini. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, Ayah atau Ibu bisa memberinya makanan yang dingin seperti jeli, buah serta sayur yang didinginkan di kulkas.

"Kan bayi sering dapat wortel, brokoli kukus, untuk finger food-nya ya. Dinginkan saja di kulkas, nggak perlu di freezer. Karena kalau di freezer terlalu dingin, nanti malah iritasi ke gusi anak," kata drg Suzy kepada wartawan baru-baru ini.

Atau, bisa pula si kecil diberi teether yang dingin. Tapi, jangan teether yang berisi air karena jika pecah, air dalam teether bisa tertelan. Alternatif lainnya, Ayah atau Ibu bisa memililitkan kasa di jari kemudian beri air dingin matang, lalu kompres di gusi anak.

Jika anak merasa amat tidak nyaman, bisa digunakan teething gel untuk menghilangkan rasa sakit. drg Suzy menambahkan, ketika anak sudah agak besar, bisa diberi es krim untuk membuat gusinya nyaman.

"Es kan sifatnya menghilangkan nyeri. Dengan ditempel es, pembuluh darah mengecil. Sehingga, keluhan dan rasa tidak nyaman pada anak bisa berkurang," lanjut drg Suzy.

Pada masa masa ini juga acapkali anak bisa sampai deman ketika tumbuh gigi tapi tak semua anak mengalami hal yang sama.

"Saat tumbuh gigi nggak selalu anak demam. Tapi, memang pada beberapa anak ada yang demam. Demam bisa terjadi pada anak karena saat gusi akan pecah, dapat timbul peradangan. Tapi demamnya nggak terlalu tinggi, berkisar 37,5 sampai 38 derajat Celcius," imbuh drg Suzy.

Saat tumbuh gigi, anak juga mengeluarkan ludah yang lebih banyak sehingga jadi hal yang umum jika mereka lebih sering ngiler. Sebagai antisipasi, Ayah dan Bunda jangan lupa memberi asupan cairan lebih banyak untuk si kecil ya.

Berikut tips yang dapat diikuti bagi ayah dan ibu yang bingung ketika mengalami beberapa hal diatas pada anak. Selamat mencoba!

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita PekanbaruBerita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_wa2x4_2400.jpg
Rohil, Riau24.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), bersama Dinas Pendidikan (Disdik) terus meningkatkan mutu pendidikan setiap tahunnya.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam