riau24 Empat Alasan Mengapa Berhenti Merokok Itu Sulit
Minggu, 20 Mei 2018

Kesehatan

Empat Alasan Mengapa Berhenti Merokok Itu Sulit

2
Empat Alasan Mengapa Berhenti Merokok Itu Sulit
Empat Alasan Mengapa Berhenti Merokok Itu Sulit
Jakarta, Riau24.comKementerian Kesehatan pada Jumat 27 Januari 2017 secara resmi meluncurkan iklan layanan masyarakat tentang bahaya merokok.

Berdurasi tiga puluh detik, iklan akan diputar secara luas dengan tujuan mendorong masyarakat meninggalkan atau minimal mengerti bahaya rokok.

Namun memang diakui bahwa sulit untuk membuat perokok berhenti. Menurut Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) dari RSUP Persahabatan hanya sekitar lima persen perokok yang dapat berhenti total dengan sendirinya.
 

Sedikitnya angka perokok yang bisa berhenti tersebut dikatakan dr Agus karena disebabkan oleh empat faktor yaitu :


1. Efek adiksi

Alasan pertama dan paling kuat dari sulitnya berhenti merokok adalah karena adiksi dari nikotin. Menurut dr Agus ketika pertama kali senyawa tersebut masuk ke dalam tubuh ia akan mengikat reseptor otak dan memerintahkannya untuk melepas hormon dopamin.

Hormon dopamin adalah hormon yang membuat seseorang bisa merasa senang dan rileks. Efek kecanduan muncul karena otak makin lama butuh dosis nikotin yang lebih besar untuk melepaskan efek 'menyenangkan' yang sama seperti ketika pertama merokok.
 

2. Efek fisiologis

Menurut dr Agus selain membuat kecanduan nikotin pada rokok juga diketahui bisa menjadi stimulus pada fungsi tubuh lain. Sebagai contoh seperti menekan nafsu makan, stres, dan meningkatkan konsentrasi.

"Itu yang sering dibilang efek enak ngerokok, tapi orang-orang enggak lihat dampak buruknya itu lebih. Ketika mencoba berhenti nanti apa yang dia dapatkan justru kebalikannya dari berbagai aspek tersebut," kata dr Agus.

"Itu namanya gejala putus nikotin atau kalau untuk pemakai dibilangnya sakaw. Itu yang bikin orang sulit berhenti," lanjutnya.
 

3. Kebiasaan

dr Agus mengatakan merokok bila sudah jadi kebiasan juga akan jadi lebih sulit untuk berhenti sama seperti kebiasaan lainnya. Mungkin saja karena sudah terbiasa seseorang secara otomatis mengambil sebatang rokok dan tanpa sadar menulutnya. 
"Orang kita setiap hari merokok, kalau minum kopi merokok, jadi sudah jadi perilaku," kata dr Agus.

 

4. Lingkungan

Penyebab terakhir mengapa seseorang sulit untuk berhenti merokok adalah biasanya karena lingkungan yang tak mendukung. Di tempat kerja atau sekolah bila masih banyak yang merokok atau tak ada yang mendukungnya maka seorang perokok juga akan kesusahan berhenti. Motivasi menjadi hal penting dan modal utama bila perokok memang ingin benar-benar berhenti.   (***)



R24/dev 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokervita
Sabtu, 12 Mei 2018 13:54 wib
Mari Bergabung bersama kami di P0KERV1TA Mengapa anda harus memilih kami.? Kami adalah Agen P`0`K`E`R` Terpercaya P0KERV1TA ~ Transaksi super cepat & aman ~ Deposit ringan , hanya Rp 10.000 ~ Menggunakan Bank Lokal ( BCA , Mandiri , DANAMON , BNI & BRI ) ~ Bonus yang menarik ~ Pelayanan Customer Service 24/7 yang ramah dan profesional ~ Kerahasiaan data anda terjamin 100% ~ 100% Terpercaya Agen Poker Terpercaya
Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 11:57 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Nama :
Komentar :
     
riau24_6ylqf_3645.jpg
Inhil, Riau24.com - Setelah mengunjungi Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, pengurus Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) bersama Satkorcab Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar silaturahmi dengan Pj Bupati Inhil, H Rudyanto.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru
Copyright © 2012 - 2018. Riau24. All rights reserved.
    RSS Feed Facebook Twitter Instagram Google Plus