riau24 Diet Mediterania Saat Hamil Bantu Cegah Anak Lahir Hiperaktif
Sabtu, 20 Oktober 2018

Kesehatan

Diet Mediterania Saat Hamil Bantu Cegah Anak Lahir Hiperaktif

2
Diet Mediterania Saat Hamil Bantu Cegah Anak Lahir Hiperaktif
Diet Mediterania Saat Hamil Bantu Cegah Anak Lahir Hiperaktif
Pekanbaru, Riau24.com Diet Mediterania memang dikenal sebagai salah satu pola makan yang menyehatkan, sebab didominasi oleh konsumsi ikan dan sayuran. Itulah mengapa pola makan ini juga dianjurkan untuk ibu hamil.

Salah satu alasannya diungkap oleh sebuah penelitian dari University of Barcelona, Spanyol. Peneliti menemukan bahwa anak yang terpapar diet Mediterania sejak masih dalam kandungan memiliki kecenderungan yang rendah untuk mengalami ADHD (Attention Deficiency and Hyperactivity Disorder) atau lebih dikenal dengan hiperaktif.

Peneliti mengambil kesimpulan ini setelah mengamati lebih dari 120 anak dan remaja. 60 di antaranya telah didiagnosis dengan ADHD sedangkan 60 lainnya tidak.

Dalam hal ini peneliti berpedoman pada temuan sebelumnya yang mengatakan bahwa anak yang diberi makan tinggi gula dan lemak berpeluang tujuh kali lebih tinggi untuk terkena ADHD.

Indikasi ADHD ini juga terlihat pada anak yang jarang makan ikan, minyak zaitan, buah dan sayur-mayur. Namun peneliti tidak dapat menemukan keterkaitan antara pola makan dengan diagnosis tersebut.

"Kami tidak tahu apakah ADHD-nya muncul karena pola makan tak sehat atau gangguan itu yang mendorong mereka untuk menyukai makanan tinggi lemak dan gula. Tapi kami yakin ini seperti lingkaran setan," tutur peneliti, Jose Angel Alda seperti dilaporkan Science Daily.

Artinya peneliti meyakini bila impulsivitas pada anak dengan ADHD mendorong mereka untuk cenderung makan tidak sehat. Padahal dengan mengonsumsi makanan tak sehat, ini akan memperburuk gejala hiperaktif mereka.

"Anak dan remaja memang paling butuh makanan sehat karena ini adalah momen di mana tubuh mereka membutuhkan nutrisi terbaik agar mereka bisa tumbuh sesuai harapan dan juga sehat," simpulnya lagi.

Peneliti juga percaya dengan makan sehat, kondisi tertentu seperti ADHD bisa dicegah, bahkan sejak si anak masih dalam kandungan.

Hasil temuan ini muncul beberapa pekan setelah penelitian sebelumnya menyebutkan manfat diet Mediterania dalam menghentikan penyusutan otak pada lansia. Diyakini manfaat ini datang dari antioksidan yang terkandung dalam sayur, minyak zaitun dan anggur merah yang menjadi komponen dasar dari diet Mediterania.

Antioksidan ini diketahui dapat mengurangi risiko kerusakan otak dari proses oksidasi, yang kemudian berujung pada penurunan kemampuan sel-sel saraf.   (***)



R24/dev 


Bagikan :
Sumber:
detikcom
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokervita
Kamis, 10 Mei 2018 16:45 wib
Numpang Promo ya Admin.... Segera daftar dan bermain bersama jutaan player diseluruh Indonesia. Mainkan 8 permainan yang dapat Anda nikmati Hanya dengan 1 ID Banyak bonus yang kami berikan Bonus Hariaan Hingga 3juta ? WA: 082312256064 ? BBM: D88B0154
Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 12:02 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Nama :
Komentar :
     
riau24_tymsx_3833.jpg
Pelalawan, Riau24.com - Sejak berjalannya Program Percepatan Infrastruktur Desa (PPID) di kabupaten Pelalawan, demi mewujudkan Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera), program tersebut terus digalakkan oleh HM Harris di periode kedua menjabat bersama Wakilnya, Drs Zardewan.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru