riau24 Menikmati Nikmatnya Masakan Indonesia di Finlandia
Jumat, 14 Desember 2018

Wisata

Menikmati Nikmatnya Masakan Indonesia di Finlandia

3
Menikmati Nikmatnya Masakan Indonesia di Finlandia
Menikmati Nikmatnya Masakan Indonesia di Finlandia
Pekanbaru, Riau24.comDi Helsinki, ibukota Finlandia ada restoran bernama Bali Brunch. Inilah satu-satunya restoran Indonesia yang bisa kamu kunjungi kalau rindu dengan kampung halaman.

Dua gadis berambut pirang tampak berseri-seri menyambut dua porsi 'Vege Plate' yang disodorkan Marissa King. Menu itu isinya terdiri dari taoge, irisan kubis, wortel, timun, dan potongan daun basil yang dituangi sambal kacang dan remukan emping.

Sambal kacangnya yang manis pedas dengan jejak kencur dan gula merah dibuat sendiri dengan ulekan yang dibawa dari Indonesia.

"Its so tasty… Really I like it," kata Heidi yang diamini oleh temannya Jenni Alasuutari.

Pujian senada disampaikan Meron, musisi berambut gimbal yang datang bersama temannya tak lama kemudian. Mereka merupakan pengunjung setia Bali Brunch, restoran yang dikelola Marissa bersama suaminya Galih Ganesha Putra Bulgamin di lingkungan apartemen di Hakaniemi, Helsinki.

Pasangan muda ini berkongsi dengan pasangan kawin campur, Lucia Stella Rahayuningsih (Ayu) dan juga suaminya, Hannu Indrien. Selain menyediakan Vege Plate, di restoran yang baru beroperasi sejak awal 2017 itu ada enam menu lainnya yakni Sate, Bebek Goreng, Ikan Bakar, Pork Rica-Rica, Rendang, dan Sweet Potatos.

Kemampuan meracik aneka menu didapat sarjana sistem informasi dari Universitas Trisakti, Jakarta, angkatan 2001 itu dari sang ibu yang memiliki usaha katering di Jakarta. Marissa hijrah ke 'Negeri Seribu Danau' itu pada 2008.

"Saya menikah dulu dengan Galih yang sudah lebih dulu tinggal di Helsinki," ujarnya.

Sementara Ayu-Hannu telah 12 tahun tinggal di Helsinki. Sebelumnya, Hannu bekerja di Jakarta dan sempat membuka kafe di kawasan Fatmawati selama belasan tahun. Sebelum berkongsi dengan Bali Brunch, keduanya mengelola restoran pizza dan menu-menu India. 

Kerja sama kedua pasangan ini tampak cair. Ada kalanya diantara mereka bertindak sebagai koki atau cashier, di kali lain berperan sebagai pelayan yang mengantarkan aneka hidangan yang dipesan para pengunjung.

Dibandingkan dengan restoran India, Thailand, atau Vietnam, lokasi Bali Brunch memang tidak berada di pinggir jalan utama. Restoran ini tersembunyi diantara deretan apartemen bertingkat di Hakaniemi. Toh begitu, Marissa mengklaim restoran yang dikelolanya tak pernah sepi pengunjung.

"Malah 90 persen pengunjung kami adalah orang-orang Finlandia yang pernah berkunjung ke Indonesia," ujarnya.

Marissa dan Galih awalnya membuka warung masakan Indonesia secara pop-up atau temporer di Eerikinkatu 27, Helsinki sejak Juni 2014. Warung ini hanya buka pada Minggu pukul 12.00-17.00. Selain itu keduanya juga aktif mengikuti Restaurant Day yang digelar empat kali dalam setahun sejak 2010.

Keduanya, seperti halnya kaum imigran lainnya menyajikan menu otentik asal negara masing-masing. Untuk bumbu mereka mengaku tak terlalu sulit mendapatkannya karena di Helsinki ada Indonesian Market dan IndoMarkt milik orang.

Selain itu, untuk bumbu masak bisa dibeli di Asianic Trading Store, serta toko-toko penjual bahan oriental lainnya.

"Kami juga beli dari toko bumbu India atau titip teman-teman dan keluarga dari Indonesia yang mau ke sini," kata Marissa.   (***)




R24/dev 


Bagikan :
Sumber:
detik
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokerrusia.net
Selasa, 24 Juli 2018 00:20 wib
Yuk Kunjungi Situs Kami Untuk Cek Bonus Dan Promo Terbaik Spesial Untuk Anda. Bandar Pilihan Member Indonesia www.pokerrusia.net
Pokervita
Sabtu, 28 April 2018 23:39 wib
Dengan Minimal Deposit 10.000 sudah bisa bermain di game online kami untuk pendaftaran secara GRATIS tanpa deposit awal hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap,Kami Menyediakan Berbagai Permainan Online Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di : * Bonus Hariaan Hingga 3juta * Bonus Turn0ver 0,5% Agen Poker Terpercaya BONUS CASHBACK Contact Us
Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 13:53 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Nama :
Komentar :
     
riau24_4gxz2_3850.jpg
Rohil, Riau24.com - Pemkab Rohil terus instens dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah-sekolah yang telah dibangun dan dibenahi oleh Pemkab Rohil di setiap per kecamatan yang ada di Rokan Hilir.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru