riau24 Begini Cara Bertaubat Dari Perbuatan Selingkuh dan Zina Menurut Islam
Minggu, 20 Mei 2018

Kajian Islam

Begini Cara Bertaubat Dari Perbuatan Selingkuh dan Zina Menurut Islam

3
ilustrasi
Begini Cara Bertaubat Dari Perbuatan Selingkuh dan Zina Menurut Islam
Riau24.com - Berselingkuh dan berzina saat ini sudah dianggap lazim, padahal zina adalah salah satu dosa besar selain menyekutukan Allah dan durhaka kepada orang tua. Adapun seorang yang melakukan perselingkuhan dan zina umumnya akan tergiring ke jalan yang sesat. Akan tetapi karena seperti yang kita tahu bahwa Allah SWT memiliki sifat Maha Pengampun, maka ada beberapa amalan yang bisa dilakukan supaya dosanya di ampuni dan mau bertaubat kepada Allah atas segala yang sudah di perbuat. Nah kira-kira seperti apa cara taubat yang bisa di terima oleh Allah atas dosa berzina?


Sebenarnya ada 3 syarat utama yang bagi pelaku zina yang harus di penuhi jika ingin dosanya di ampuni oleh Allah. Adapun 3 syarat penghapus dosa zina itu adalah sebagai berikut :

Taubat dari Zina

Bagaimana cara bertaubat dari perilaku zina? Caranya ya tentu saja dengan berhenti melakukan zina. Karena taubat adalah sesuatu yang sebenarnya wajib di lakukan oleh umat muslim karena bagaimanapun juga manusia itu tempatnya khilaf, apalagi jika kita melakukan perbuatan dosa besar tentu saja taubat yang dilakukan juga harus sungguh-sungguh.

Logikanya, orang yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh maka dia akan berhenti untuk melakukan zina dan berupaya untuk memperbanyak amal baik. Dengan demikian pintu maaf dari Allah SWT akan terbuka lebar untuk seorang tersebut.
Menyesali Perbuatan

Menyesali Perbuatan

Setelah bertaubat, pastinya kita harus menyesali atas dosa besar yang sudah kita lakukan. Penyesalan itu harus di wujudkan dan tidak hanya di lisan saja. Karena kita juga harus membersihkan hati kita agar tidak terdorong untuk melakukan maksiat lagi. Seorang yang sudah mempunyai penyesalan sampai ke dalam hati, biasanya dia akan konsisten untuk tidak melakukannya lagi di masa depan.

Tidak Melakukan Maksiat Lagi

Mereka yang dari hati bersungguh-sungguh untuk bertaubat maka dia tidak akan mengulangi dan terperosok ke dalam lubang kemaksiatan yang sama. Jadi seorang tersebut akan senantiasa menjaga diri dan manhan diri dari tindakan kemaksiatan itu lagi. Adapun dalam islam sendiri istilah itu disebut dengan taubat nasuha, jadi taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak akan dilakukan lagi.

Jadi demikianlah 3 syarat utama dan yang paling penting supaya dosa zina yang telah dilakukan bisa di ampuni oleh Allah SWT. Akan tetapi dosa yang sudah dilakukan tersebut tentunya tetap akan mendapatkan balasan di akhirat nanti atau dikenal dengan istilah hokum uhud. Adapun salah satu contoh perilaku yang erat dengan hokum uhud itu ya zina itu tadi. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita memohon kepada Allah agar dihindarkan dari perbuatan dosa besar.

Lalu bagaimana jika perilaku zina itu dilakukan oleh mereka yang sudah menikah, apakah sama dengan mereka yang masih belum menikah? Itu adalah pertanyaan umum yang sering di tanyakan oleh semua orang. Jadi jawaban yang benar atas pertanyaan tersebut adalah dosanya berbeda.

Dalam ajaran agama islam bagi seorang yang melakukan zina dan sudah menikah, maka hukuman yang pantas adalah dirajam dengan dilempari batu hingga meninggal dunia, sedangkan untuk pelaku zina yang masih belum menikah maka hukuman yang tepat adalah memberinya hukuman cambuk sebanyak 100x dan setelah selesai hukuman wajib melakukan taubat nasuha atau taubat dari zina secara sungguh-sungguh dan tidak akan mengulanginya lagi.***

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokerrusia.net
Rabu, 09 Mei 2018 16:45 wib
Agen POKER RUSIA - POKER Online ASLI Terbaik Poker Online - Domino QQ - Ceme - Capsa Susun 1 User ID Bisa Bermain Semua Game Ayo Daftar Di Poker Rusia
Pokervita
Selasa, 24 April 2018 02:40 wib
HOT PROMO DARI P0KERV1TA untuk para member kami : * B0nus Referral 20% Seumur Hidup * Bonus Turn0ver 0,5% * NO ROBOT & ADMIN * 100% Fair Play Member Vs Member Agen Poker Terpercaya BONUS CASHBACK Contact Us Person : ? LIVECHAT P`O`K`E`R`V`1`T`A ? WA: 082312256064 ? BBM : D88B0154
Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 14:19 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Nama :
Komentar :
     
riau24_6ylqf_3645.jpg
Inhil, Riau24.com - Setelah mengunjungi Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, pengurus Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) bersama Satkorcab Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar silaturahmi dengan Pj Bupati Inhil, H Rudyanto.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru