riau24 Penanganan Dini Yang Perlu Dilakukan Saat Mata Terkena Percikan Air Kimia
Selasa, 24 Oktober 2017

Kesehatan

Penanganan Dini Yang Perlu Dilakukan Saat Mata Terkena Percikan Air Kimia

0
Penanganan Dini Yang Perlu Dilakukan Saat Mata Terkena Percikan Air Kimia
Penanganan Dini Yang Perlu Dilakukan Saat Mata Terkena Percikan Air Kimia
Riau24.com-Mata adalah organ vital yang harus sangat dijaga kesehatannya, karena sedikit saja kesalahan yang membuat mata sakit atau bahkan rusak membuat kita tidak akan bisa melihat keindahan dunia lagi. Begitu pentingnya mata, apalagi kalau sampai terkena air kimia.

Masih ingat dengan tragedi yang menimpa salah satu putra terbaik bangsa yang bekerja sebagai penyidik Komisi Anti Rasuah, Novel Baswedan? Usai shalat subuh, tiba-tiba saja ia diserang oleh dua orang, bukan dengan pukulan atau senjata tajam, tapi dengan menyiramkan air keras ke bagian mukanya.

Sungguh biadab! Cairan yang seharusnya tidak boleh mengenai tubuh ini harus mengenai organ paling penting yang biasa digunakan Novel dalam menyelidiki kasus-kasus korupsi, yaitu indera penglihatannya. Kabar terbaru, tim dokter di tempat Novel Baswedan dirawat sedang berusaha keras mengembalikan kemampuan matanya. Semoga saja, ada akhir yang indah dari kisah yang sangat tragis ini.

Mata terkena air keras tentu beda dengan iritasi mata biasa. Dilansir dari braito.co.id (11/7/17), Kalau mengalami gangguan seperti mata gatal atau mata merah akibat debu, polusi atau asap, tinggal gunakan 1-2 tetes Braito Original saja. Obat tetes mata dengan kandungan Tetrahydrozoline Hydrochloride ini akan membantu meredakan mata merah karena iritasi ringan. Berikan 2-3 kali sehari pada mata yang teriritasi. Namun bila rasa sakit terus berlanjut, segera hubungi dokter mata untuk penanganan yang lebih akurat.

Lalu bagaimana kalau mata terkena percikan bahan kimia? Kalau hal ini terjadi, segera atasi dengan lima langkah sigap di bawah ini.

Jangan Dikucek

Pastikan untuk menahan tangan agar tidak mengucek bagian mata. Mengucek mata akan membuat penyebaran cairan kimia tersebut semakin melebar dan membuat kerusakan semakin besar.

Bilas Dengan Air Mengalir

Menurut dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari DNI Skin Centre, air keras memiliki sifat iritatif, bisa merusak kulit atau permukaan lain yang terkena percikannya sehingga harus dibilas dengan air secepat mungkin. Untuk meminimalisir kerusakan pada jaringan mata, buka mata dan biarkan air mengalir pada mata agar membasuh bagian kornea. Lakukan selama 5 sampai  20 menit, tergantung tingkat kepekatan air keras tersebut.

Bila Hanya Satu Mata Saja yang Terpapar

Tutup rapat-rapat satu mata yang tidak terkena percikan air keras selagi membilas mata yang terluka. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari mengalirnya air yang mengandung air keras ke mata yang masih sehat. Setelah dibilas dengan seksama, perhatikan bagian dalam kelopak mata. Bila ada partikel yang tertinggal di dalamnya, segera seka dengan cotton bud yang sudah dibasahi.

Cari Tahu Bahan Kimianya

Sebelum pergi ke dokter, ketahui dulu bahan kimia yang telah menciderai mata. Mintalah tolong kepada saudara atau teman untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang cairan tersebut.

Periksakan ke Dokter  Mata

Apa pun jenis cairan kimianya dan sensasi rasa yang ditimbulkan, walau tidak terasa sakit pun sebaiknya mendapatkan diagnosa dari ahli mata. Jelaskan dengan detil, jenis cairan apa yang telah melukai organ mata dan apa yang saat ini dirasakan sebagai akibat dari percikan tersebut. Jika hanya bikin mata perih saja dan gejalanya tak terlalu parah, dokter mungkin tidak perlu merawat di rumah sakit.

Tetapi bila rasa sakit sangat menjadi, disertai dengan iritasi mata dan mata merah yang mengkhawatirkan, segera kunjungi Unit Gawat Darurat untuk mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat.

Dengan penanganan yang cepat dan tepat, dampak air keras terhadap mata bisa ditekan seminimal mungkin.

R24/ntg


Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_hdpjm_3220.jpg
Kuansing, Riau24.com - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si membuka lomba mancing mania di Topian Muko Lobuah Bawah Jembatan Desa Seberang Pantai Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu, 22 Oktober 2017.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru