riau24 Anda Tidur Mendengkur? Lakukan Tips Ini Untuk Menghentikan Dengkuran...
Kamis, 19 Oktober 2017

Relationship

Anda Tidur Mendengkur? Lakukan Tips Ini Untuk Menghentikan Dengkuran...

1
Anda Tidur Mendengkur? Lakukan Tips Ini Untuk Menghentikan Dengkuran...
Anda Tidur Mendengkur? Lakukan Tips Ini Untuk Menghentikan Dengkuran...
Pekanbaru, Riau24.comSuara dengkuran bisa membangunkan seseorang dari tidur, mengganggu kenyamanan pasangan, bahkan menciptakan masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Tak sedikit orang yang mendengkur pada saat tidur dan itu menganggu sekali.

Sebenarnya, apa sih alasan dibalik suara dengkuran yang keras? 

Mendengkur adalah salah satu kelainan tidur yang terjadi karena posisi lidah di bagian belakang dalam mulut yang menyebabkan daerah di sekitar tenggorokan menjadi tertutup.
Jika daerah tenggorokan tersebut ditimpali oleh pangkal lidah, maka keluar masuknya udara pada ruang yang sempit tersebut menyebabkan getaran dan mengeluarkan bunyi.
Sederhananya, “suara dengkuran” disebabkan oleh penyempitan udara yang terdapat dalam tenggorakan maupun hidung yang dialirkan melalui oksigen yang masuk dalam tubuh. Jika udara yang anda hirup tidak bergeras bebas melalui rongga hidung maka akan menimbulkan suara dengkuran yang keras.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghentikan dengkuran hanya dengan mengubah sedikit gaya hidup:

1. Pertahankan berat badan dan diet sehat

Penambahan berat badan meski hanya beberapa kilogram saja bisa memicu dengkuran karena jaringan lemak di sekitar leher akan menekan jalan nafas dan mencegah aliran udara untuk masuk dan keluar dengan bebas.

2. 
Hindari minuman beralkohol sebelum tidur

Alkohol menyebabkan otot lebih rileks dari biasanya saat sedang tidur nyenyak. Relaksasi otot yang berlebih ini membuat bagian belakang kerongkongan lebih mudah mengempis, yang kemudian menyebabkan dengkuran.

3. Usahakan tidur dengan posisi miring

Cobalah tidur dengan posisi miring daripada terlentang. Saat tidur terlentang, lidah, dagu, dan jaringan lemak yang berlebih dibawah dagu bisa rileks dan melancarkan jalan nafas. Tidur dengan posisi terlentang mencegah semua itu.

4. Jaga kebersihan hidung

Hal ini dilakukan agar kamu dapat bernafas dengan baik melalui hidung, bukan mulut. Kalau kamu terserang alergi hidung, segeralah meminum obat atau gunakan semprotan hidung . mintalah saran dokter kalau kamu terkena alergi atau kondisi lain yang mempengaruhi hidung atau pernapasan, seperti sinusitis

5. Berhenti atau kurangi kebiasaan merokok

Asap rokok mengiritasi lapisan rongga hidung dan tenggorokan yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan selaput lendir. Kalau saluran hidung menjadi sempit, maka akan sulit bernafas melalui hidung karena aliran udara berkurang.

Kalau kamu sudah melakukan semua tips diatas dan masih mendengkur, sebakinya kamu mencari pertolongan medis. Untuk beberapa kasus mendengkur, diperlukan operasi untuk memperbaiki struktural di saluran nafas, seperti kelenjar gondok yang membesar.  (***)

 

R24/mala


Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nelivera
Senin, 09 Oktober 2017 05:45 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     
riau24_utsyv_3212.jpg
Inhil, Riau24.com - Setelah sepekan lebih akhirnya banjir yang melanda Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, perlahan surut, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan turun kelapangan untuk pastikan kampung pengungsi sudah layak ditempati kembali, Selasa 17 Oktober 2017 siang.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru