riau24 Benarkah Mandi Setelah Makan Itu Berbahaya? Ini Jawabannya...
Kamis, 15 November 2018

Kesehatan

Benarkah Mandi Setelah Makan Itu Berbahaya? Ini Jawabannya...

3
Benarkah Mandi Setelah Makan Itu Berbahaya? Ini Jawabannya...
Benarkah Mandi Setelah Makan Itu Berbahaya? Ini Jawabannya...
Pekanbaru, Riau24.comMandi adalah salah satu aktivitas wajib guna menjaga kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa mandi setelah makan menyimpan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Benarkah?

Sebelum menjawab hal tersebut, ada pemahaman yang harus diluruskan terlebih dahulu, yaitu mandi dan makan adalah dua aktivitas yang berbeda.

Mandi adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan bagian luar tubuh. Sedangkan makan merupakan aktivitas yang berkaitan dengan organ-organ dalam tubuh.

Jadi, anggapan bahwa mandi setelah makan dapat mengancam kesehatan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan.

Meski demikian, terdapat beberapa bahaya lain yang mengancam kesehatan bila melakukan aktivitas berat usai makan, salah satunya adalah perut kram.

Perut kram terjadi karena sebagian aliran darah terfokus ke organ-organ pencernaan. Sedangkan aktivitas-aktivitas berat yang dilakukan, membuat otot-otot juga membutuhkan peningkatan aliran darah. Kompetisi antara kedua sistem tubuh inilah yang bisa membuat kram.


Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang harus Anda hindari setelah makan, yaitu:

1.  Langsung tidur

Banyak orang mengaku mengantuk setelah makan. Jika memang benar seperti itu, Anda sebaiknya menahan rasa kantuk sebentar saja. Bila menuruti rasa kantuk dan tidur, makanan yang baru saja masuk tidak dapat dicerna dengan baik. Makanan yang masih dicerna di lambung mungkin saja naik lagi ke kerongkongan.

2. Merokok setelah makan

Bagi sebagian orang, merokok setelah makan terasa nikmat. Padahal, Anda tentu tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Bila mengalami gastritis, kolitis, dan irritable bowel syndrome, Anda akan mengalami efek buruk dari merokok yang lebih parah.

3. Minum teh

Teh mengandung zat yang dapat menyerap sari-sari makanan. Kandungan tersebut berupa zat tanin, suatu senyawa yang dapat memengaruhi penyerapan protein dalam lambung. Minum teh setelah makan juga dapat menghambat penyerapan zat besi. Jika kebiasaan minum teh usai makan terus-menerus berlanjut, tubuh akan mengalami anemia atau kekurangan zat besi.


Jadi, memang ada beberapa hal yang harus Anda hindari setelah makan, untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan. Sedangkan, anggapan bahwa mandi setelah makan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.   (***)



R24/yefri


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Pokerrusia
Kamis, 26 April 2018 08:36 wib
POKER RUSIA - POKER DOMINO CEME CAPSA TERPERCAYA 100 % Player VS Player Asli Tanpa Robot Bonus Turn Over & Bonus Referal Tertinggi Lho.. Tunggu Apalagi.. Ayo Daftar Di Poker Rusia
Pokervita
Kamis, 29 Maret 2018 10:45 wib
HOT PROMO DARI P0KERV1TA untuk para member kami : * B0nus Referral 20% Seumur Hidup * Bonus Hariaan Hingga 3juta * Bonus Bulanan Hadiah Spesial untuk member yang bermain selama 1 bulan penuh * Bonus Turn0ver 0,5% * NO ROBOT & ADMIN * 100% Fair Play Member Vs Member * Proses Withdraw & Deposit Tercepat * Customer Service yang baik dan ramah Agen Poker Terpercaya Contact Us Person : ? LIVECHAT P`O`K`E`R`V`1`T`A ? WA: 082
Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 15:02 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Nama :
Komentar :
     
riau24_bt4qt_3838.jpg
Kuansing, Riau24.com - Kabupaten Kuantan Singingi banyak memiliki potensi Obyek Wisata, baik Obyek Wisata Alam, Budaya dan Non benda bergerak (Sejarah), seperti Pacu Jalur, Perahu Baghanduang, Silat, Rumah Adat, Kuliner dan sebagainya.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru