riau24 Cara Mudah Untuk Atasi Rasa Malas Saat Bekerja
Sabtu, 25 November 2017

Lifestyle

Cara Mudah Untuk Atasi Rasa Malas Saat Bekerja

0
Cara Mudah Untuk Atasi Rasa Malas Saat Bekerja
Cara Mudah Untuk Atasi Rasa Malas Saat Bekerja
Pekanbaru, Riau24.com - Bekerja merupakan rutinitas yang dilakukan semua orang. Tak heran, aktivitas yang dilakukan berulang kali seringkali menimbulkan rasa malas dan bosan. Namun tentunya, rasa malas tidak boleh dibiarkan berlama-lama mengganggu. 

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang mampu menghindarkan diri dari rasa malas. Seaktif dan serajin apa pun, pasti suatu saat akan merasa malas.

Bagaimana kalau rasa malas bekerja sudah melanda?

Tidak ada jalan lain kecuali melawan rasa malas tersebut dan mengusirnya jauh-jauh dari diri dan pikiran.

Berikut cara ampuh yang akan membantu menghilangkan sifat buruk rasa malas bekerja.

1. Jangan Pernah Menunda
Kebiasaan buruk yang memicu rasa malas adalah sering menunda-nunda menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Sekali saja menunda, maka ini justru akan menambah besar rasa malas di diri. Semakin ditunda akan semakin memperbesar rasa malas karena beban pekerjaan semakin besar.
Karena itu segera lakukan apa yang menjadi pekerjaan Anda saat itu juga. Jangan dibiarkan berlarut dan terus menumpuk. Dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, Anda akan terbebas dari beban yang menumpuk.

2. Ukur Kemampuan Diri Sendiri
Hanya Anda yang tahu persis kemampuan Anda yang sebenarnya. Coba amati butuh berapa lama kamu harus menyelesaikan satu penugasan.
Dengan mengetahui kemampuan diri sendiri secara tidak langsung Anda sudah berupaya untuk menghilangkan rasa malas. Target yang Anda canangkan juga bisa mendorong Anda menyelesaikan tepat waktu dan menjauhi rasa malas.

3. Atur To Do List
Buat daftar kegiatan harian Anda dalam sebuah catatan. Bisa dilakukan di laptop atau via notepad di smartphone.
Dengan membuat rencana kegiatan ini Anda sudah terbantu untuk menghilangkan rasa malas. Karena Anda akan setengah dipaksa untuk menjalankan apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.


4. Cermati Makanan dan Minuman yang Masuk ke Dalam Tubuh
Jangan sembarangan makan dan minum jika Anda tidak mau dilanda kemalasan. Memakan mi instan juga akan membuat Anda merasa malas. Mi instan tidak bisa cepat dicerna tubuh.
Terlalu kenyang juga akan cenderung membuat orang menjadi malas. Malas gerak (mager), istilah anak muda zaman sekarang. Mager ini merupakan cikal bakal rasa malas. Karena itu jangan makan terlalu kenyang. Aturlah asupan makanan jangan sampai berlebihan. Makanlah sebelum Anda lapar, berhentilah sebelum Anda kenyang.


5. Biasakan Bangun Pagi
Cara lain menghilangkan rasa malas adalah dengan membiasakan diri bangun pagi. Dengan terbiasa bangun pagi, tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat. Anda pun bisa lebih siap menjalani hari dengan lebih bertenaga dan penuh energi.
Untuk bisa bangun pagi, Anda sudah pasti tidak boleh tidur larut malam. Maksimal jam 10 malam mata Anda sudah terpejam dengan tubuh terbaring di atas kasur yang hangat.
Kebiasaan begadang hanya akan membuat Anda menjadi sering bangun siang. Ketika Anda bangun siang, maka cenderung akan lebih malas menjalani rutinitas harian. Hormon penyemangat yang muncul di pagi hari sudah terlanjur menghilang dari dalam tubuh Anda.


6. Istirahat yang cukup
Kelelahan menjadi faktor yang cukup berpengaruh dalam menciptakan rasa malas. Ketika tubuh Anda lelah, dapat dipastikan semua semangat pun akan luntur. Yang tersisa adalah keinginan untuk istirahat dan akhirnya memancing untuk berleha-leha.
Karena itu, untuk menghilangkan rasa malas akibat badan yang lelah, jangan paksa tubuh Anda mencapai batas. Istirahatkan secara cukup. Terutama di malam hari, saat semua organ tubuh tengah melakukan proses revitalisasi kondisi.


7.  Berolahraga
Berolahraga secara rutin di pagi hari akan memacu aliran darah Anda. Metabolisme tubuh pun mampu bekerja dengan maksimal. Dengan berolahraga akan muncul dan memicu semangat untuk beraktivitas.
Melakukan senam ringan di depan rumah juga bisa membuat tubuh Anda lebih siap menjalani aktivitas. Jalani olahraga secara rutin, maka Anda akan mulai terhindar dari rasa malas.


Rasa malas adalah hal yang manusiawi dan bisa dialami oleh siapa saja. Tapi bukan berarti Anda boleh membiarkan diri dilanda rasa malas terus menerus. Silakan terapkan cara-cara di atas untuk menghilangkan rasa malas bekerja. Dan rasakan bahwa rajin dan semangat justru membuat hidup Anda lebih menyenangkan.   (***)




R24/dev/nisa

Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_teu3c_3350.jpg
Kuansing, Riau24.com - Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, H. Halim menghimbau kepada seluruh media massa yang melakukan kegiatan jurnalistik di Kuansing, untuk tidak membuat berita yang bersifat mengadu domba, baik antara Bupati dan Wakil Bupati, Eksekutif (Pemerintah) dan Legislatif (DPRD), maupun antara Bupati -Wabup dengan Pimpinan OPD (Organisasi Pimpinan Daerah).
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru