riau24 Agar Tak Tertipu, Ini Enam Cara Bedakan Akun Facebook Asli dan Palsu
Rabu, 24 Januari 2018

Lifestyle

Agar Tak Tertipu, Ini Enam Cara Bedakan Akun Facebook Asli dan Palsu

4
Agar Tak Tertipu, Ini Enam Cara Bedakan Akun Facebook Asli dan Palsu
Agar Tak Tertipu, Ini Enam Cara Bedakan Akun Facebook Asli dan Palsu
Pekanbaru, Riau24.comSaat ini Facebook menjadi jejaring sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jumlah pengguna Facebook telah mencapai 2 miliar.

Kendati demikian, tidak semua akun yang ada di Facebook merupakan akun asli. Bisa jadi, di antara teman-teman kita di Facebook ada yang menggunakan satu atau dua akun palsu.

Tahukah kamu, ternyata akun palsu pun bisa jadi bahaya tersendiri, contohnya bila akun tersebut digunakan untuk penipuan.

Lantas, bagaimana cara membedakan antara akun Facebook asli dan palsu? Kamu bisa menggunakan cara sederhana berikut ini.

1. Foto Profil
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah foto profil yang dipakai di Facebook seseorang. Kamu bisa mengeceknya dengan bantuan fitur pencarian foto Google.

Caranya, kamu perlu menyimpan foto tersebut di komputer. Kemudian kamu bisa membuka laman image.google.com dan mengeklik logo kamera (pencarian berdasarkan gambar). Pilih gambar yang kamu simpan tadi lalu lakukan penelusuran.

Google akan memeriksa gambar tersebut. Jika Google menampilkan situs-situs dewasa, sudah pasti akun tersebut palsu.

2. Foto Profil Cewek Seksi
Kebanyakan akun Facebook palsu menggunakan foto gadis manis atau seksi. Dengan demikian, pengguna lain akan mengonfirmasi permintaan pertemanan mereka lalu meneruskan ke chating.

Nah, kalau kamu di-add oleh akun Facebook yang foto profilnya cewek cantik (atau cowok ganteng) dan ujung-ujungnya meminta sesuatu, kamu bisa mengecek dengan metode pencarian gambar di Google atau mengabaikannya sama sekali.

3. Cek Timeline
Cara berikutnya untuk mengidentifikasi akun Facebook palsu adalah mengecek timeline akun yang dicurigai. Saat kamu mengecek timeline dan pengguna tersebut jarang memperbarui status dan tidak pernah membalas komentar sama sekali, mungkin akun tersebut palsu.

Sekadar diketahui, kebanyakan akun palsu sering sekali mem-posting link spam secara berkala.

4. Ulang Tahun pada 1 Januari
Dari banyak akun palsu yang telah terdeteksi, penggunanya memilih tanggal 1 Januari sebagai tanggal lahirnya. Hal ini karena orang yang menciptakan akun palsu biasanya tidak mau repot-repot mengatur tanggal lahir dan cenderung memilih tanggal default.

Oleh karenanya, kamu perlu meneliti lebih lanjut kalau ada orang asing, menggunakan foto cewek cantik, timeline-nya berisi link spam, dan berulang tahun tanggal 1 Januari. Bisa jadi itu adalah akun palsu.

5. Log Aktivitas Pengguna
Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengecek akun Facebook palsu adalah dengan mengecek log aktivitas pengguna.

Jika pengguna tersebut hanya menambah teman baru, mengajak menyukai halaman, atau meminta kamu join group tertentu mungkin saja itu adalah akun palsu yang ingin memiliki banyak teman guna mempromosikan sesuatu.

6. Nomor Kontak di Profil Cewek Cantik
Kamu patut waspada saat ada akun dengan foto perempuan cantik dan seksi serta mencantumkan nomor kontak di bagian info profile Facebook-nya. Kemungkinan akun tersebut palsu sangatlah besar.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara mudah untuk mengecek apakah akun Facebook seseorang asli atau palsu? Jangan ragu untuk mempraktikkannya jika ada akun yang mencurigakan.      (***)


R24/nof

 
 
 

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nelivera
Kamis, 18 Januari 2018 15:23 wib
Mau main dengan nyaman dan bonus tiap minggu nya mari bergabung bersama kami di BOLAVITA rasakan sensasi casino sesungguh nya dengan pelayanan dari kami :) [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/olkf9ff.jpg
Angie
Jumat, 12 Januari 2018 10:44 wib
GONG XI FA CAI !!! Free Hadiah Angpao hingga 125.000 khusus 100 userid untuk deposit pertama setiap hari dengan syarat Withdraw yang sangat mudah, hanya dengan melakukan Turn Over 1x saja. BBM : 7B3130BF whatsapp : +6281326993756
Louisa
Kamis, 04 Januari 2018 11:05 wib
Hanya dengan 1 AKUN / ID anda dapat memainkan 7 jenis permainan secara langsung. P`0`K`E`R`V`1`T`A BERBAGI CHIP SECARA CUMA CUMA SETIAP HARI . !! BONUS 10% NEW MEMBER BONUS TURN OVER 0,5% MINIMAL DEPOSIT HANYA 10.000 Contact Us Person : LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com ? BBM : D88B0154
Sonya Cahayu
Kamis, 28 Desember 2017 23:50 wib
Agen Sabung Ayam Online Pertama Di indonesia Dapatkan Promo Menarik Bonus 7x Win Berturut-turut ( Sabung Ayam ) INFO LEBIH LANJUT : BBM : 7B3130BF whatsapp : +6281326993756 line : cs.id303 www . id303 . com
Nama :
Komentar :
     
riau24_ewy7f_3485.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dengan tegas melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil ikut - ikutan dalam berjalannya proses politik praktis menjelang Pilkada Serentak pada bulan Juni mendatang.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru