riau24 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menghadiri Interview Pekerjaan
Minggu, 18 Februari 2018

Karir

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menghadiri Interview Pekerjaan

0
ilustrasi
Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menghadiri Interview Pekerjaan
Pekanbaru, Riau24.comKamu mungkin sudah membuat CV selengkap mungkin dan melamar pekerjaan sesuai bidangmu ke banyak perusahaan.

Akhirnya kamu diundang interview namun setelah itu kamu tidak mendapat kabar dari perusahaan. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang salah?
Apakah perusahaan sudah menemukan kandidat lain yang lebih tepat?
Atau kamu melakukan kesalahan saat interview yang tidak kamu sadari?
 
Interview adalah kesempatan langka yang tidak boleh disia-siakan. Karena dari ratusan bahkan ribuan CV yang perusahaan terima, kamu berhasil mengalahkan kandidat lain dan terpilih untuk di-interview. Jangan sampai kamu kurang persiapan bahkan tidak hadir ya. Bisa jadi itu adalah pekerjaan yang kamu impikan dan perusahaan memberikan nilai buruk bagi yang tidak hadir.
 
Walaupun sering hadir interview, bisa jadi kamu melakukan kesalahan yang tidak disadari dan mempengaruhi penilaian perusahaan. Bagi kamu yang akan menghadiri interview pertamamu, simak juga 5 kesalahan yang harus dihindari saat menghadiri interview berikut ini:
 
1. Bersikap tidak professional
Datang terlambat bahkan tidak hadir interview dan tidak mengabari perusahaan adalah salah satu sikap tidak professional. Jangan sampai kamu memberikan kesan pertama yang buruk. Tunjukkan keseriusanmu dengan datang tepat waktu, berpakaian rapi, dan menonaktifkan ponselmu. Kesempatan kerja lebih penting daripada notifikasi dari Instagram.
 
2. Tidak ada persiapan
Jangan sampai kamu terlihat tidak serius, bawa semua dokumen lengkapseperti CV, ijazah, portfolio, dan dokumen lainnya jika diperlukan atau diminta perusahaan. Hal lain yang perlu dipersiapkan termasuk mempelajari job description pekerjaan yang kamu lamar, apa yang diharapkan perusahaan untuk posisi tersebut. Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum seperti kenapa kamu menginginkan posisi tersebut, apa kelebihan dan kekuranganmu. Pelajari juga tentang perusahaan, bagaimana mereka menjalankan bisnisnya, produknya, para stakeholder dan hal lain yang dapat memberikan kamu pemahaman tentang perusahaan tersebut.
 
3. Bersikap negatif
Kamu pasti tidak ingin mendapatkan pasangan yang selalu bersikap negatif apalagi di awal perkenalan. Begitu juga dengan perusahaan. Hindari menceritakan hal buruk tentang perusahaanmu sebelumnya, mengeluh tentang macet, keluarga bahkan curhat yang mengarah ke masalah pribadi. Seringlah tersenyum, jawab pertanyaan dengan tepat dan profesional, tidak perlu jauh melenceng dari pertanyaan.
 
4. Bahasa tubuh yang negatif
Kamu bisa saja gugup menghadapi pewawancara namun jagalah bahasa tubuhmu termasuk ekspresi muka, jangan sampai kamu menunjukkan muka masam atau terlalu tegang. Senyumlah, lakukan kontak mata, jabat tangan dengan percaya diri dan tunjukkan bahwa kamu senang bertemu dengan pewawancara. Jaga postur tubuh tetap tegap dan percaya diri. Terlalu sering bungkuk mengesankan kurang bersemangat atau kurang percaya diri.
 
5. Tidak bertanya atau menanyakan hal yang salah
Apa yang dapat membuat perusahaan mendapat kesan bahwa kamu tertarik? Salah satunya adalah dengan mengajukan pertanyaan. Namun jangan sampai kamu salah bertanya. Hindari pertanyaan seputar kenaikan gaji, promosi, cuti dan fasilitas kantor karena berkesan kamu hanya semata tertarik dengan hal tersebut. Bertanyalah tentang posisi tersebut dan tanggung jawab pekerjaannya.
 
Ingat, interview adalah kesempatan langka dan "audisi" memperebutkan pekerjaan yang kamu mau. Hadiri interview berikutnya dengan lebih baik, percaya diri, dan hindari hal di atas.    (***)





R24/nof
 

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_swpvt_3508.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengunjungi para pasien yang dirawat di RSUD Puri Husada Tembilahan, Selasa 13 Februari 2018 pagi.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru