Senin, 22 September 2014
Fungsi / Manfaat Sayur Sawi
1
(Foto :Riau24 : Sawi segar )
Fungsi / Manfaat Sayur Sawi
"Hidup sehat tidaklah mahal". Slogan ini mungkin pernah terdengar oleh anda. Kenyataannya memang demikian, bahwa kita tidak harus menghabiskan banyak biaya. Banyak makanan yang bergizi tinggi yang bisa kita dapatkan dari makanan yang mudah didapat dan harganya murah. Salah satu contohnya adalah sayur sawi.

Sayur sawi dapat meminimalisasi resiko penyakit kanker

Menurut Gladys Block, Ph.D, dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, konsumsi sayuran hijau secara teratur dapat menyusutkan risiko penyakit kanker hingga setengahnya.

Jenis makanan olahan sawi dan manfaat sayur sawi

Sawi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti: ditumis, oseng-oseng, asinan, atau digunakan sebagai pelengkap pada mie, bakso, dan gado-gado, dsb.

Manfaat mengkonsumsi sawi antara lain adalah :

1. Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin K, A, C, E, dan folat pada sawi sangat banyak. Serta mangan dan kalsium pada kandungan mineral sawi.

2. Mencegah Anemia pada ibu hamil

Didalam sawi terkandung asam folat yang tinggi sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otak janin, dan mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Kebutuhan asam folat pada orang  mencapai 400 mkg perhari. Namun pada ibu hamil bertambah 2 kali lipat menjadi 800 mkg dan bertambah 50 persen (1200 mkg perhari) bagi ibu menyusui.

3. Sebagai pencegah penyakit kanker

Sawi dikenal sebagai sayuran yang dapat mencegah banyak penyakit terutama kanker. Karena pada sawi terdapat kadar senyawa fitokimia dan glukosinolat. Sawi juga bermanfaat untuk mencegah kanker kandung kemih. Kanker kandung kemih merupakan penyakit yang paling menakutkan. Sawi juga mengandung sulforafan yang juga bersifat antikanker.

4. Menurunkan Kolesterol

Kandungan vitamin E, betakaroten, dan vitamin C pada sawi sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.

Dari sekian manfaat sayur sawi, perlu digaris bawahi bagi penderita Ginjal, bahwa sawi adalah salah satu jenis sayuran yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Karena di dalam sawi terdapat kandungan Oksalat. Bagi mempunyai gangguan terhadap ginjal sebaiknya menghindari konsumsi sawi yang berlebihan.
Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_v3fxt_745.jpg
Harapan upaya penegakan hukum yang tegas dan berkeadilan dinegeri ini terasa semakin jauh panggang dari api.
riau24_d8wp4_801.jpg
Sampah yang masih banyak berserakan disebagian ruas jalan Kota Pekanbaru, memang sudah menjadi hal yang biasa untuk dilihat. Padahal penghargaan atas kebersihan, berupa piala Adipura kembali diraih untuk tahun 2014 ini.
riau24_dwrkw_797.jpg
Penis bisa saja terasa sakit akibat seorang pria jatuh dari sepeda motor. Cedera pada saat ereksi pun bisa berdampak pada munculnya rasa sakit di penis saat melakukan aktivitas seksual karena penis yang menjadi bengkok.
riau24_cjvrs_770.jpg
Apakah anda pernah melakukan kesalahan, apakah anda sering melakukan kesalahan, apakah anda terobsesi tidak melakukan kesalahan, ataukah anda tidak pernah sama sekali melakukan kesalahan.
riau24_dbzle_752.jpg
Moment silaturahmi di Hari Lebaran identik dengan tradisi berkumpul dan menikmati aneka makanan khas. Tidak terkecuali untuk tahun ini, Hotel ibis Pekanbaru memberikan penawaran istimewa bagi Anda yang ingin meyantap menu lezat khas Lebaran, tanpa repot untuk segala persiapannya. 
riau24_uexrz_798.jpg
Menjelang tua, rambut pria cenderung akan berkurang atau rontok. Akan tetapi kerontokan rambut pada pria tak melulu karena usia, ada juga karena pengaruh hormon. 
riau24_2fwgh_790.jpg
Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan bagi tubuh. Selain dapat membakar kalori, fungsi lain yang tak kalah penting yakni melancarkan peredaran darah akibat pergerakan anatomi tubuh.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com