Senin, 21 April 2014
Fungsi / Manfaat Sayur Sawi
0
(Foto :Riau24 : Sawi segar )
Fungsi / Manfaat Sayur Sawi
"Hidup sehat tidaklah mahal". Slogan ini mungkin pernah terdengar oleh anda. Kenyataannya memang demikian, bahwa kita tidak harus menghabiskan banyak biaya. Banyak makanan yang bergizi tinggi yang bisa kita dapatkan dari makanan yang mudah didapat dan harganya murah. Salah satu contohnya adalah sayur sawi.

Sayur sawi dapat meminimalisasi resiko penyakit kanker

Menurut Gladys Block, Ph.D, dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, konsumsi sayuran hijau secara teratur dapat menyusutkan risiko penyakit kanker hingga setengahnya.

Jenis makanan olahan sawi dan manfaat sayur sawi

Sawi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti: ditumis, oseng-oseng, asinan, atau digunakan sebagai pelengkap pada mie, bakso, dan gado-gado, dsb.

Manfaat mengkonsumsi sawi antara lain adalah :

1. Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin K, A, C, E, dan folat pada sawi sangat banyak. Serta mangan dan kalsium pada kandungan mineral sawi.

2. Mencegah Anemia pada ibu hamil

Didalam sawi terkandung asam folat yang tinggi sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otak janin, dan mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Kebutuhan asam folat pada orang  mencapai 400 mkg perhari. Namun pada ibu hamil bertambah 2 kali lipat menjadi 800 mkg dan bertambah 50 persen (1200 mkg perhari) bagi ibu menyusui.

3. Sebagai pencegah penyakit kanker

Sawi dikenal sebagai sayuran yang dapat mencegah banyak penyakit terutama kanker. Karena pada sawi terdapat kadar senyawa fitokimia dan glukosinolat. Sawi juga bermanfaat untuk mencegah kanker kandung kemih. Kanker kandung kemih merupakan penyakit yang paling menakutkan. Sawi juga mengandung sulforafan yang juga bersifat antikanker.

4. Menurunkan Kolesterol

Kandungan vitamin E, betakaroten, dan vitamin C pada sawi sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.

Dari sekian manfaat sayur sawi, perlu digaris bawahi bagi penderita Ginjal, bahwa sawi adalah salah satu jenis sayuran yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Karena di dalam sawi terdapat kandungan Oksalat. Bagi mempunyai gangguan terhadap ginjal sebaiknya menghindari konsumsi sawi yang berlebihan.

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_3ztvd_654.jpg
Saat gairah dan stamina seksual mulai menurun karena berbagai faktor, obat perangsang atau obat kuat pun menjadi pilihan pria untuk meningkatkan kinerja seksual.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_89hjx_656.jpg
Hotel ibis Pekanbaru, yang pada tanggal 1 Mei mendatang genap berusia 10 tahun, tahun ini merayakan hari jadinya dengan cara yang berbeda. Serangkaian kegiatan sudah dijalankan di bulan April dengan perayaan malam puncaknya bersama keluarga besar dan karyawan pada tanggal 3 Mei 2014.
riau24_ugt7f_655.jpg
NHS melaporkan kanker testis merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada pria di Inggris, terutama yang usianya berkisar antara 15-45 tahun. Namun sayangnya banyak pria Inggris yang tak tahu bagaimana mengecek risiko kanker testis mereka.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com