Selasa, 22 Juli 2014
Fungsi / Manfaat Sayur Sawi
1
(Foto :Riau24 : Sawi segar )
Fungsi / Manfaat Sayur Sawi
"Hidup sehat tidaklah mahal". Slogan ini mungkin pernah terdengar oleh anda. Kenyataannya memang demikian, bahwa kita tidak harus menghabiskan banyak biaya. Banyak makanan yang bergizi tinggi yang bisa kita dapatkan dari makanan yang mudah didapat dan harganya murah. Salah satu contohnya adalah sayur sawi.

Sayur sawi dapat meminimalisasi resiko penyakit kanker

Menurut Gladys Block, Ph.D, dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, konsumsi sayuran hijau secara teratur dapat menyusutkan risiko penyakit kanker hingga setengahnya.

Jenis makanan olahan sawi dan manfaat sayur sawi

Sawi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti: ditumis, oseng-oseng, asinan, atau digunakan sebagai pelengkap pada mie, bakso, dan gado-gado, dsb.

Manfaat mengkonsumsi sawi antara lain adalah :

1. Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin K, A, C, E, dan folat pada sawi sangat banyak. Serta mangan dan kalsium pada kandungan mineral sawi.

2. Mencegah Anemia pada ibu hamil

Didalam sawi terkandung asam folat yang tinggi sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otak janin, dan mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Kebutuhan asam folat pada orang  mencapai 400 mkg perhari. Namun pada ibu hamil bertambah 2 kali lipat menjadi 800 mkg dan bertambah 50 persen (1200 mkg perhari) bagi ibu menyusui.

3. Sebagai pencegah penyakit kanker

Sawi dikenal sebagai sayuran yang dapat mencegah banyak penyakit terutama kanker. Karena pada sawi terdapat kadar senyawa fitokimia dan glukosinolat. Sawi juga bermanfaat untuk mencegah kanker kandung kemih. Kanker kandung kemih merupakan penyakit yang paling menakutkan. Sawi juga mengandung sulforafan yang juga bersifat antikanker.

4. Menurunkan Kolesterol

Kandungan vitamin E, betakaroten, dan vitamin C pada sawi sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.

Dari sekian manfaat sayur sawi, perlu digaris bawahi bagi penderita Ginjal, bahwa sawi adalah salah satu jenis sayuran yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Karena di dalam sawi terdapat kandungan Oksalat. Bagi mempunyai gangguan terhadap ginjal sebaiknya menghindari konsumsi sawi yang berlebihan.

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nwvzk_753.jpg
Perkembangan perpolitikan Indonesia memasuki babak baru. Keadaan ini setelah kita melihat dengan saksama bahwa arah dukungan politik terhadap peralihan kekuasan secara demokratis di Indonesia diberikan kepada pasangan calon presiden- calon wakil presiden Joko Widodo- Jusuf Kalla. 
riau24_7yjcn_751.jpg
Arus mudik penumpang menjelang H-7 dan H+7 Idul Fitri 1435 H diprediksi akan mengalami ledakan yang cukup tinggi. Untuk itu, sebagai salah satu bentuk persiapan jelang terjadinya lonjakan tersebut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kota Pekanbaru telah melakukan persiapan untuk beberapa angkutan.
riau24_ucpub_750.jpg
Jika bercinta disebut-sebut sebagai salah satu aktivitas yang menyehatkan, lantas adakah dampaknya terhadap tubuh jika aktivitas ini dilakukan setiap hari?
riau24_jpcyx_742.jpg
Marwah atau Maruah merupakan kehormatan. Maruah terimplementasikan dalam sikap yang tegas dan prinsip yang tidak goyah dalam menghadapi sesuatu.
riau24_dbzle_752.jpg
Moment silaturahmi di Hari Lebaran identik dengan tradisi berkumpul dan menikmati aneka makanan khas. Tidak terkecuali untuk tahun ini, Hotel ibis Pekanbaru memberikan penawaran istimewa bagi Anda yang ingin meyantap menu lezat khas Lebaran, tanpa repot untuk segala persiapannya. 
riau24_qjcqy_749.jpg
Memiliki anak adalah salah satu keinginan banyak pasangan yang sudah menikah. Tapi ada kalanya meski telah lama menikah, istri tidak kunjung hamil. Kalau sudah begini tentu kesuburan pasangan perlu dipertanyakan.
riau24_xk8eq_734.jpg
Rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi di Indonesia, hal itu terbukti dari pemimpin tertinggi dinegri ini dipilih oleh rakyat, mulai dari pusat hingga pada tingkat daerah.
riau24_z9fys_748.jpg
Seperti halnya dampak pergantian musim di Eropa, begitu juga yang terjadi dengan kota Pekanbaru di musim bulan suci Ramadhan, yaitu 'kepadatan' dan keramaian di bulan puasa, dimana bulan yang sangat dinanti-nantikan umat muslim dan merupakan bulan yang penuh berkah, serta memancarkan aura bahagia. 
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com