riau24 Ini Dia, Lima Penangkal Jetlag Berkepanjangan
Kamis, 14 Desember 2017

Kesehatan

Ini Dia, Lima Penangkal Jetlag Berkepanjangan

0
Ini Dia, Lima Penangkal Jetlag Berkepanjangan
Ini Dia, Lima Penangkal Jetlag Berkepanjangan

Pekanbaru, Riau24.com - KITA yang sudah sering melakukan penerbangan, pasti akrab dengan jetlag. Apalagi jika penerbangan yang ditempuh terbilang lintas negara dan lintas zona waktu.

Misalnya, penerbangan dari Jakarta ke Birmingham (Inggris) yang harus berlangsung selama 8 jam. Sesampainya di sana, Anda pun harus bertemu dengan perbedaan zona waktu hingga 6 jam lebih lambat dari di Tanah Air.
 

Tentunya, jetlag bukan hal yang menarik untuk diakrabi. Semua orang tidak ada yang menikmati gangguan fungsi tubuh setelah turun dari pesawat terbang. Mau yang ringan seperti pusing, insomnia, gemetaran, kurang fokus, dan rasa letih yang berlarut-larut; ataupun yang lebih berat seperti gangguan pencernaan. Apabila hal-hal tersebut muncul selepas Anda mendarat, tentu akan sangat mengganggu hari-hari Anda berikutnya di kota tujuan.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu jetlag, sebenarnya Anda pasti pernah mengalaminya. Jetlag kerap menyerang tubuh yang terkejut dengan perubahan zona waktu. Bahkan sebenarnya, perbedaan zona waktu 2-3 jam saja bisa menyebabkanjetlag, meski dalam kadar lebih ringan.

Yuk, singkirkan rasa khawatir Anda terhadap serangan jetlag. Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi penerbangan Anda. Lalu, lakukan segera kegiatan berikut ini selepas penerbangan.
 

1. Lakukan terapi sinar matahari dengan membiasakan diri menghadap matahari pagi. 

Ini untuk membuat tubuh Anda mengetahui sinyal “aktif”. Aktiflah di luar ruangan ketika matahari tengah bersinar. Dengan begitu, seluruh fungsi tubuh Anda akan mulai membiasakan diri untuk “hidup” pada waktu yang tepat. Lagipula, hal ini juga memberikan pengalaman berharga dalam perjalanan Anda. Matahari terbit di setiap kota tentu memiliki keindahan yang berbeda-beda.
 

2. Kenali “tanah” yang Anda pijak dengan bertelanjang kaki sejenak berdiri di atas rumput atau tanah di kota tujuan Anda. 

Serap energi positif bumi tersebut untuk membuat fungsi tubuh Anda akrab dengannya.


3. Mandi air hangat menjelang tidur agar lebih rileks dan tubuh mendapat sinyal lebih sempurna untuk beristirahat. 
Air hangat juga membuka pori-pori tubuh sehingga memungkinkan Anda menyerap energi dan mengakrabkan diri dengan kondisi kota tujuan Anda.
 

4. Sesuaikan fungsi tubuh langsung dengan zona waktu destinasi Anda.
Tetaplah aktif selama hari masih terang. Apalagi pada hari pertama. Jika tiba dari penerbangan di pagi hari, jangan langsung tidur. Cobalah bersantai atau berjalan-jalan sejenak keliling kawasan terdekat untuk mengenali. Jika ingin istirahat, boleh rebahan asal tidak lebih dari 20 menit. Maksimalkan waktu tidur Anda pada jam malam waktu setempat.
 

5. Mencoba mengakrabkan perut perlahan dengan kuliner setempat yang ringan-ringan.

Jika Anda harus berada di kota tujuan dalam jangka waktu yang cukup panjang, pastinya Anda harus mengakrabi diri dengan kuliner setempat. Untuk membiasakan diri dengan kuliner setempat, coba dulu makanan yang ringan dan umum. Coba makanan yang mirip dengan jenis makanan yang sudah akrab dengan lidah dan perut Anda. Pasti ada beberapa pilihan menu makanan global tersedia di sekitar Anda (misalnya pizza, burgersteak, dan mi). Jika sudah dua hari, barulah mulai beranikan diri mencicipi makanan yang lebih ekstrem. Namun pastikan porsinya sedikit. Jangan langsung banyak.

 

Nah, sekarang Anda sudah tahu lima hal utama yang perlu dilakukan untuk mengusir jetlag. Tentu saat ini Anda sudah tak lagi ragu untuk terbang dalam jangka waktu panjang, bukan?   (***)



R24/dev



Bagikan :
Sumber:
okezone
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_sde4m_3406.jpg
Inhil, Riau24.com - Puluhan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) dan Dewan Pimpinan Ranting Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pulau Burung berikrar untuk senantiasa berupaya mencapai tujuan dan mematuhi peraturan organisasi yang berlaku.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru