riau24 Tujuh Kesalahan saat Sarapan yang Bikin Tubuh Melar
Selasa, 19 Desember 2017

Kesehatan

Tujuh Kesalahan saat Sarapan yang Bikin Tubuh Melar

0
Tujuh Kesalahan saat Sarapan yang Bikin Tubuh Melar

Jakarta, Riau24.com - Sarapan termasuk satu moment penting yang tidak boleh Anda lewatkan setiap hari, karena ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari sarapan, diantaranya : mengontrol kadar gula darah, mencegah kegemukan, memenuhi kebutuhan nutrisi, dan menambah energy.

Meski begitu, kita hanya bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dari menu sarapan yang tepat dan juga sehat. Sayangnya, tidak semua orang memahami tentang sarapan yang tepat dan sehat sehingga mereka sering melakukan banyak kesalahan yang justru memicu penimbunan lemak dan kalori dalam tubuh.

Agar lebih jelasnya, simak saja 7 Kesalahan Saat Sarapan yang Buat Tubuhmu Melar, berikut ini :

Pilih makanan asal kenyang
Kebanyakan orang memilih makanan yang asal mengenyangkan perut saja. Hal itu salah, karena sarapan adalah moment penting sehingga Anda wajib memilih menu sarapan yang tepat dan sehat. Hindari makanan berkarbohidrat tinggi, karena memicu penumpukan lemak dan membuat organ pencernaan bekerja ekstra keras. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti : sereal, oatmeal, roti gandum, dan lainnya.

Porsi berlebihan
Menu sarapan sudah sehat, tapi jika porsinya berlebihan juga kurang baik loh. Sesehat apapun makanan yang kita pilih untuk sarapan, jika jumlahnya berlebihan maka hanya memicu penumpukan lemak tubuh dan parahnya akan membuatmu mengantuk di siang hari. Oleh karena itu, pastikan makan dalam porsi yang wajar dan secukupnya.

Terburu-buru

Sarapan yang sehat tentu apabila kita mencernanya dengan baik dan benar. Tapi sayangnya, karena alasan takut terlambat, kebanyakan orang sarapan dengan terburu-buru. Padahal sarapan dengan terburu-buru dapat berakhibat fatal. Selain dapat menyebabkan tersedak, makan terburu-buru membuat Anda tidak mengunyah makanan dengan sempurna, akibatnya justru memperlambat proses pencernaan. Seperti yang kita tahu, proses pencernaan yang lambat membuat makanan yang masuk tidka berubah menjadi energy, tapi justru menjadi timbunan lemak. Wow…

Minum jus setelah sarapan

Minum jus buah memang sehat, tapi jika dilakukan setelah sarapan justru kurang baik bagi kesehatan. Hal itu karena jus buah bersifat basa sehingga dapat mengganggu proses pencernaan. Selain itu, produksi asam lambung ketika minum jus akan meningkat sehingga membuat perut kembung dan lambung terasa perih. Oleh karena itu, apabila ingin minum jus, pastikan lakukan sebelum menyantap makanan berat.

Lupa minum air putih
Air putih sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, ternyata keberadaan air putih juga sangat bagus untuk mencegah obesitas dan mempercepat proses metabolism tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa minum air putih saat sarapan yaa…

Minuman manis
Dibandingkan minum air putih, kebanyakan orang akan lebih suka minum yang manis dan hangat, misalnya : teh atau kopi. Tahukah Anda jika hal itu justru memicu penumpukan lemak dalam tubuh dan membuatmu cepat melar? Tapi jika Anda ingin minuman manis, Anda bisa mengganti gula dengan madu atau gula jagung karena jauh lebih sehat. Tapi tetap, jangan berlebihan yaa!

Tidak sarapan
Karena ingin langsing, sebagian orang rela melewatkan moment sarapan. Padahal itu justru salah, melewatkan sarapan justru dapat memicu obesitas, karena hal itu justru memicu lapar berlebihan saat siang hari sehingga Anda akan rakus saat makan. Akibatnya lemak dan kalori yang masuk dalam tubuhmu justru lebih banyak dibandingkan jika kamu rajin sarapan.


R24/dev/viv


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru