riau24 12 Cara Tercepat Menurunkan Berat Badan dengan Mudah
Rabu, 13 Desember 2017

Kesehatan

12 Cara Tercepat Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

0
12 Cara Tercepat Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Jakarta, Riau24.com - Mungkin di benak Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat sangat mustahil dan membutuhkan usaha ekstra besar seperti olahraga cardio yang disiplin dan berat setiap hari, diet ketat dengan hanya mengonsumsi sayur dan buah, menghitung kalori yang masuk dan keluar. Semua terdengar menyiksa dan ribet, bukan? Tentu saja olahraga dan diet diperlukan, tapi tidak se-menyiksa itu kok.

Untuk menurunkan berat badan, yang Anda harus lakukan adalah mengurangi kalori yang masuk. Tahukah Anda, bahwa setiap 3.500 kalori yang dihilangkan sama dengan mengurangi berat badan sekitar 0,5 kilogram?

Jadi disarankan kalori yang masuk tidak kurang dari 1.200 kalori, mengingat Anda juga memiliki aktifitas yang membutuhkan tenaga/kalori. Atau jika ingin hasil yang lebih terlihat, minimal kalori yang masuk adalah 800 kalori, tapi disarankan ini tidak dilakukan untuk lebih dari 3 hari.

Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Hal yang perlu diingat, tidak ada yang instan, berat badan Anda tidak akan turun secara drastis. Jika ingin hasilnya maksimal, lakukanlah setiap hari dengan disiplin. Berikut ini merupakan cara-cara simpel yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan tanpa perlu ke gym.

1. Makanlah daging yang segar, tidak digoreng, tanpa lemak dan kulit. Begitu juga dengan sayuran. Konsumsilah sayuran segar yang direbus atau mentah (cuci bersih sayuran yang dimakan mentah!), dan tentu saja buah segar.

Anda bisa menjadikan beberapa potong buah sebagai cemilan di malam hari. Makanan yang tidak berlemak, segar, dan bersih akan membuat tubuh Anda lebih fokus membakar lemak.

2. Segelas bir atau wine memiliki kurang lebih 100 kalori, mengonsumsinya segelas dalam sehari bisa menambah berat Anda hingga 5 kilogram dalam setahun. Minuman bersoda, dan minuman yang memiliki kandungan gula/pemanis tinggi juga disarankan tidak dikonsumsi berlebihan. Gula adalah salah satu sumber kalori manusia.

3. Sarapan sehat rendah lemak, seperti omelet putih telur dengan keju rendah lemak dan sepotong roti gandum dengan sesendok selai atau buah, seperti apel atau pir, sangat disarankan. Menurut University of Maryland Medical Center, sarapan adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan, dan sarapan yang kaya akan protein akan mempercepat proses metabolisme.

4. Kurangi porsi makan makanan berkabohidrat seperti nasi, roti, atau pasta. Jika biasanya Anda makan nasi sebanyak 2 centong nasi, sekarang kurangilah paling banyak 1 centong nasi. Sebagai gantinya, Anda bisa memakan buah atau tambahkan sayur.

5. Aerobik (senam) sangat disarankan bagi yang ingin membuat tubuh lebih kencang – dan tentu saja menurunkan berat badan. Cobalah mengikuti kegiatan aerobik selama 45 menit setiap hari dengan pemanasan dan istirahat 15 menit sebelum dan sesudahnya. Anda bisa memilih beberapa olahraga ringan sebagai pemanasans seperti bersepeda, jogging, atau berenang.

6. Tak apa Anda tidak punya waktu untuk berolahraga atau ber-aerobik, Anda bisa perbanyak gerak sehari-hari. Misal berjalan kaki, memilih untuk naik turun tangga dari pada naik lift atau eskalator, atau membersihkan rumah. Semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak kalori yang terbakar.

7. Ini adalah salah satu poin termudah, tapi kurang disukai dan sering dilewatkan oleh banyak orang. Minum air putih minimal 8 gelas sehari selain membantu proses metabolisme dan melancarkan pencernaan, meminum air putih membuat Anda merasa kenyang, dan mencegah makan berlebih.

8. Perbanyak konsumsi makanan berserat dan berprotein dengan memakan salad sayur-sayuran dengan sedikit protein tanpa lemak, misal ayam, salmon, atau tahu. Lebih baik, ayam dan salmon direbus atau dipanggang, jika ingin digoreng ganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau minyak jagung. Serat dari sayur dan protein sangat bagus untuk diet. Untuk cemilan, sebiji dua biji krekers tidak dilarang, kok.

9. Karena mengurangi konsumsi kalori, mungkin Anda akan lebih cepat lapar. Nah, Anda harus membagi waktu makan jadi lebih sering, agar anda tidak lapar terlalu lama. Terlalu lama lapar membuat Anda akan makan lebih banyak di malam hari. Cemilan yang disarankan untuk dikonsumsi 4 jam sekali adalah buah apel, beberapa biji kacang almond, dan sayuran mentah dengan beberapa sendok hummus sebagai topping.

10. Jika Anda ingin cemilan yang agak manis, cokelat hitam atau dark chocolate tanpa tambahan gula masih diperbolehkan. Tenang saja, kalorinya tidak akan menyebabkan Anda gemuk jika hanya dimakan sedikit, lagi pula selama tanpa tambahan pemanis masih aman kok.

11. Atur jam makan malam Anda, sebaiknya 2-3 jam sebelum tidur, atau tidak lebih dari jam 7 malam. Makan malam terlalu larut bisa menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan tidur, sehingga susah untuk bertahan di rutinitas yang sehat, dan membuat semua diet Anda gagal total.

12. Kekurangan tidur bisa membuat Anda lebih banyak makan keesokan harinya dan membuat Anda lemas, tidak bertenaga. Setidaknya Anda butuh waktu tidur selama 7 jam setiap malam. Dengan tidur teratur akan membantu metabolisme tubuh, sehingga menurunkan berat badan anda jadi lebih ideal.

Jangan menjadikan langkah-langkah di atas sebagai beban yang harus Anda lakukan, melainkan jadikan sebagai gaya hidup dan kebiasaan Anda sehari-hari. Dengan begitu, Anda akan menurunkan berat badan tanpa Anda menyadarinya.
 

R24/dev/viv


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_sde4m_3406.jpg
Inhil, Riau24.com - Puluhan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) dan Dewan Pimpinan Ranting Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pulau Burung berikrar untuk senantiasa berupaya mencapai tujuan dan mematuhi peraturan organisasi yang berlaku.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru