riau24 Mengolah Musik Sebagai Terapi Depresi
Minggu, 17 Desember 2017

Lifestyle

Mengolah Musik Sebagai Terapi Depresi

0
Ilustrasi bermain musik (allegralchaple0/Pixabay)
Mengolah Musik Sebagai Terapi Depresi
Pekanbaru, Riau24.com - Fungsi musik untuk mengobati suasana mungkin sudah diketahui banyak orang. Ketika perasaan sedang sedih, mudik bisa menjadi pelipur lara. Ketika senang pun musik bisa menemani kegembiraan. 

 

Tapi, ternyata kekuatan musik bisa lebih daripada itu. Musik bisa dijadikan terapi untuk penderita depresi bahkan untuk orang berkebutuhan khusus.  Terapis musik dari Ikatan Terapi Musik Indonesia Saphira Hertha mengatakan di Indonesia terapi musik memang belum mendapatkan perhatian lebih. Tidak seperti di Amerika yang sering menggunakan terapi musik.  

"Di Amerika terapi musik lumayan berkembang, kalau di Indonesia saya melihat masih sebatas mendengarkan musik saja," kata Saphira saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat.


Dalam terapi musik, Saphira menjelaskan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari mendengarkan musik, analisa lirik, bermain musik, bernyanyi, berimajinasi, sampai menggelar pertunjukkan musik.  Seperti kebanyakan terapi lainnya, terapi musik itu tidak dilakukan sekali atau dua kali saja. Terapi musik harus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. 



Banyaknya, tergantung kebutuhan orang yang melakukan terapi.  Musik yang digunakan pun beragam. Tak melulu musik klasik yang katanya bisa menenangkan pikiran atau meningkatkan kerja otak. Musik jazz maupun rock pun bisa digunakan untuk terapi.  

"Coba bayangin kalau orang suka musik jazz tapi disuruh dengar musik klasik, apa itu efektif. Tergantung klien sukanya apa, alat musik seperti apa," kata Saphira.  


Kalau kliennya menyukai musik rock, itu pun tak masalah. Saphira mengatakan, menurut penelitian, permasalahan musik rock bukan pada musiknya, tapi lebih kepada liriknya yang mengandung kekerasan, tentang penggunaan obat-obatan, atau pembunuhan.  

Perempuan yang menempuh pendidikan di bidang terapi musik itu mengatakan pada dasarnya semua musik itu baik. Namun, musik tertentu memang membawa efek tertentu.  Seperti halnya, musik rock akan membawa efek jantung berdebar, sedangkan musik dengan nada yang mengalun tenang memberikan efek irama jantung yang lebih tenang dan pernapasan pun juga akan lebih santai.  

Selain mendengarkan lagu, terapi juga bisa dilakukan dengan cara menganalisa lirik. Dengan cara ini, terapis bisa mengetahui posisi orang tersebut dan kondisinya saat itu.  Hal ini bisa terlihat dari pemilihan lirik yang dianggap menarik oleh orang yang sedang melakukan terapi itu. Dari situ, terapis berusaha mendalami kondisi mereka.  

"Misalnya lagu Fireworks Katy Perry, ada yang memilih lirik lagu pertama yang 'do you ever feel like plastic bag'. Itu menunjukkan kondisi dia dan pasti ada alasan dia memilih itu," kata Saphira.  



Tak hanya itu, terapi musik juga bisa digunakan untuk meluapkan emosi dalam diri. Misalnya untuk orang-orang yang tantrum. Mereka sulit untuk meluapkan emosi dengan berbicara.  Akhirnya, terapis menyalurkannya dengan meminta orang tersebut bermain musik instrumen, seperti perkusi untuk menyalurkan emosi yang terperangkap dalam diri.  

Dari segi efektivitas terapi, Saphira menilai terapi musik cukup efektif untuk mengobati depresi atau membantu orang-orang berkebutuhan khusus dibandingkan dengan terapi tradisional lainnya. Sebab, musik dinilai lebih menyenangkan.  

Misalnya saja pada penderita kerusakan otak di bagian motorik. Seringkali mereka melakukan terapi dengan cara mengangkat pipa untuk kesembuhannya.  Dengan terapi musik, pipa itu diganti dengan stik yang bisa mengeluarkan bebunyian seperti gemericik air hujan dan hasilnya lebih memuaskan.  

"Dia jauh lebih lama tahannya dan melihat itu sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dari unsur itu sangat menolong sekali," ujar Saphira.    (***)




R24/riki


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru