riau24 Delapan Alasan yang Dibenarkan untuk Pulang Cepat dari Kantor
Senin, 21 Mei 2018

Family & Career

Delapan Alasan yang Dibenarkan untuk Pulang Cepat dari Kantor

0
Alasan yang bagus untuk pulang kantor lebih cepat (Ilustrasi: Qerja.com).
Delapan Alasan yang Dibenarkan untuk Pulang Cepat dari Kantor

Pekanbaru, Riau24.com - Meski sudah bertekad untuk bekerja rajin dan produktif, ada kalanya kita memang terpaksa pulang lebih awal karena satu dan lain hal. Ini sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan selama Anda memang punya alasan yang kuat dan jujur, dan tak lupa meminta izin kepada atasan. Jangan hanya kabur diam-diam dan berharap tak ketahuan.

Berikut ini delapan alasan yang biasa dipakai untuk pulang kantor lebih cepat.

1. Sakit

Meskipun kedengarannya klise, alasan ini cukup manjur dan masih banyak dipergunakan oleh karyawan jika merasa kurang enak badan. Atasan pun biasanya mengizinkan karena jika karyawan sakit, bagaimana bisa fokus bekerja? Belum lagi ada kemungkinan karyawan tersebut menularkan virus penyakit ke rekan-rekan kerjanya yang masih sehat.

Tetapi baiknya alasan ini tidak sering digunakan, karena bisa jadi Anda dianggap lemah secara fisik, manja, dan jadi beban perusahaan. Jangan sampai bersin-bersin sedikit saja langsung minta pulang. Kalau masih bisa ditahan, bertahanlah sampai jam pulang.

2. Keperluan Keluarga

Alasan jitu lainnya adalah keperluan keluarga, misalnya anak sedang demam dan butuh perawatan atau ada keperluan di sekolah anak yang tidak bisa diwakilkan.

Untuk perusahaan yang family-friendly, alasan ini bisa diterima karena keluarga adalah aset penting yang menjadi prioritas karyawan.

3. Kebanjiran

Di musim penghujan, kebanjiran bisa jadi alasan paling jitu untuk pulang lebih cepat ke rumah, terutama bila kawasan Anda tinggal rawan terkena banjir. Bos tidak akan menahan Anda karena kebanjiran merupakan hal yang sangat memungkinkan terjadi dan tidak bisa dihindari.

4. Perbaikan Rumah

Atap rumah atau keran bocor, AC rusak, toilet tersumbat, dan masalah rumah lainnya memang membutuhkan perbaikan urgent yang sering kali membutuhkan kehadiran Anda di rumah karena harus memanggil tukang. Biasanya kantor juga akan paham dan mengizinkan Anda untuk pulang cepat sebelum masalah rumah semakin parah.    (***)

5. Janji dengan dokter

Alasan lain yang bisa membuat karyawan pulang kantor lebih cepat adalah karena punya janji dengan dokter. Banyak dokter yang praktik hanya di siang atau sore hari di jam kerja kantor, sehingga Anda memang harus pulang lebih awal.

Berhubung hal ini berkaitan dengan kesehatan karyawan, maka perusahaan pasti mendukung dan mengizinkan Anda pulang cepat.

6. Menjemput Orangtua

Jika Anda dan orangtua tinggal di kota yang berbeda, biasanya saat orangtua datang mengunjungi, Anda akan menjemput mereka di stasiun atau bandara. Ini adalah hal yang wajar bahkan dianjurkan untuk dilakukan, terutama di Indonesia yang adatnya sangat menjunjung tinggi respek terhadap orangtua. Saat Anda memang harus pulang cepat dari kantor karena harus menjemput orangtua yang baru tiba, biasanya atasan Anda tak akan melarang.

7. Keperluan di Bank

Alasan lain yang juga terbukti berhasil adalah minta izin pulang cepat karena ada urusan dengan pihak bank. Ini bisa berkaitan dengan hilangnya ATM, kartu kredit, atau produk bank lainnya yang membutuhkan kedatangan Anda langsung.

Bank-bank di Indonesia hanya buka di hari kerja, sebagaimana juga Anda yang bekerja di kantoran. Jadi satu-satunya jalan untuk mengurus keperluan ini adalah dengan izin tidak masuk atau izin pulang lebih cepat.

8. Mengurus Dokumen di Instansi Pemerintahan

Hampir sama dengan poin di atas, birokrasi di Indonesia yang berbelit-belit bisa Anda jadikan alasan untuk pulang kerja lebih awal. Sebagai contoh Anda ingin mengurus alasan mengurus surat kelakuan baik atau KTP di kelurahan dan kecamatan. Tidak mungkin menunggu kantor usai, karena pegawai di instansi pemerintah pasti sudah pulang

Ingat, alasan di atas hanya berlaku jika Anda memang menggunakannya sesuai peruntukan. Jika Anda hanya malas bekerja dan memilih pulang cepat dan memakai alasan bohong, bukan saja ini menunjukkan bahwa Anda tidak profesional, tapi akibatnya pun bisa fatal jika ternyata ketahuan.




R24/riki



Bagikan :
Sumber:
Okezone
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_6ylqf_3645.jpg
Inhil, Riau24.com - Setelah mengunjungi Ketua DPRD Inhil Dani M Nursalam, pengurus Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) bersama Satkorcab Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar silaturahmi dengan Pj Bupati Inhil, H Rudyanto.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru