riau24 Mau Tampil Cantik ? Coba Saja Minuman Tradisional Ini
Selasa, 21 November 2017

Kecantikan

Mau Tampil Cantik ? Coba Saja Minuman Tradisional Ini

0
Foto : Ilustrasi (Internet)
Mau Tampil Cantik ? Coba Saja Minuman Tradisional Ini
Pekanbaru, Riau24.comMinuman tradisional, atau yang dikenal dengan jamu sudah dimanfaatkan nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit, dan juga menjaga penampilan agar senantiasa tampil cantik alami.

Jamu bukanlah sembarang minuman, karena jamu yang merupakan minuman tradisional ini menggunakan rempah-rempah alami asli Indonesia dan memiliki berbagai macam khasiat.

Kunyit Asam

Minuman tradisional yang banyak dikenal masyarakat dan bermanfaat untuk memancarkan kecantikan alami yang pertama adalah kunyit asam.
Minuman ini dipercaya dapat menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, meredakan peradangan, melancarkan siklus haid, mencegah nyeri saat haid menghilangkan bau badan dan membuat kulit tampak awet muda.
Dalam kunyit asam terkandung vitamin A dan C yang dapat membuat kulit kamu bersih bercahaya serta bebas dari jerawat.
Sedangkan, untuk menghilangkan bau badan terdapat minyak atsiri yang mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.
Bahan yang digunakan adalah kunyit dan buah asam serta bisa juga ditambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedaung dan perasan jeruk nipis.

Beras Kencur

Beras kencur adalah salah satu minuman tradisional yang banyak disukai anak-anak, remaja dan dewasa karena rasanya segar dan manis.
Selain dapat membuat badan lebih segar dan bugar, beras kencur juga bagus diminum perempuan karena memberikan efek seperti mengatasi masalah jerawat, membuat kulit lebih cerah dan kencang serta membantu membentuk tubuh agar tetap ramping.
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah olahan beras dan kencur, kemudian ditambahkan dengan asam, kunyit, jahe, kapulaga dan kedaung. Beras kencur ini lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin.

Jamu Pahitan

Sesuai dengan namanya, minuman ini memang rasanya pahit. Hal ini dikarenakan bahan-bahan untuk membuat jamu paitan terdiri dari sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih dan adas yang semuanya memiliki rasa pahit. 
Manfaatnya adalah melancarkan peredaran darah, mencegah jerawat, mencegah bau badan dan mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Kunci Sirih

Kunci sirih juga menjadi ramuan tradisional yang banyak dikonsumsi perempuan Indonesia. Hal ini karena manfaatnya yang sangat bagus untuk kecantikan seperti mengurangi keputihan, mengatasi bau tidak sedap, merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan.

Untuk membuat minuman ini bisa mengolah langsung daun sirih ditambah dengan temu kunci dan gula merah.

Kamu dapat juga menambahkan bahan lain seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, garam, gula merah serta buah delima dan manjakani. 

Sinom

Sinom biasanya diminum setelah mengkonsumsi jamu yang pahit. Bahan yang digunakan adalah sinom (daun asam jawa yang masih muda), temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, ditambah gula merah dan gula putih bila dirasa kurang manis. Sinom sendiri dapat membuat badan segar dan membantu proses detoksifikasi.
Jika racun yang ada di tubuh terbuang, maka membuat kulit kamu lebih bersinar dan bebas dari jerawat. Sinom ini sudah banyak dijual di toko-toko dalam botol kemasan dan biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

 

Jamu Gepyokan

Gepyokan berasal dari bahasa Jawa yang berarti dipukul-pukul. Hal ini dikarenakan dalam membuat minuman tradisional ini bahan-bahannya yang berupa jahe, lengkuas, kencur, kunyit, temu giring, temulawak, daun katuk dan lempuyang semuanya dipukul atau digeprek, kemudian ditambah gula merah dan direbus.
Jamu gepyokan ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dan mengecilkan perut. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Selain untuk kecantikan, jamu ini bisa juga memperlancar ASI bagi yang sedang menyusui. 

Jamu Bersih Darah

Jamu bersih darah biasanya banyak dijumpai sudah dalam bentuk kemasan di toko-toko obat atau depot jamu. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya mudah didapatkan.
Minuman ini berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, bisul, alergi dan menghilangkan bercak hitam.
Bahan-bahannya antara lain, temulawak, kunyit, temu ireng, daun ayang-ayang, akar alang-alang, daun pegagan, kulit kayu pulai dan daun bidara laut. Cara membuatnya dengan merebus semua bahan tadi setelah dicuci dan dikupas kulitnya. Setelah mendidih, saring airnya dan tunggu sampai dingin. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa minum 2 kali sehari sebelum makan.   (***)




R24/fatma

 
 
 
 

Loading...

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_9rtpl_3339.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memberikan reward bagi atlit peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau Ke - IX (Sembilan) Tahun 2017 di Kabupaten Kampar yang berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 28 Oktober sampai 8 November 2017.
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru